Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Bibit vs Bareksa Atau Bareksa dan Bibit

Saya mengenal Bibit dan Bareksa pada tahun 2020 di tahun yang sama saya mencoba melakukan perbandingan antara Bareksa dan Bibit Kedua pusat investasi reksadana ini sangat bagus,"menurut saya" karena masing-masing perushaan reksadana terbaik 2021 ini mudah di akses dengan adanya Aplikasi Bibit dan Aplikasi Bareksa yang dapat di unduh di Google Play Store dan saat ini tempat membeli reksa dana lebih bermacam. Ini menunjukkan jika dunia investasi berkembang terus. Makin banyak marketplace jual beli reksa dana ataupun lebih persisnya dikatakan sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD)

Misalkan munculnya Bibit di tahun 2019 yang cukup happening, karena program cashback dan keringanan penggunaan aplikasinya yang membuat beberapa orang pilih APERD yang ini. Apa lagi untuk investor pemula. Meskipun Bibit sempat menjadi perbincangan, saya masih setia memakai Bareksa. Hingga kemudian saya ingin tahu untuk coba Bibit, hehehe.

Sesudah saya gunakan Bibit, baru saya pahami mengapa banyak investor pemula reksa dana sukai menggunakan Bibit. Oke, karena itu saya membuat tulisan ini untuk memberi perbandingan antara Bibit vs Bareksa. Kurang lebih yang mana lebih pas untuk investor pemula?

Bareksa Dan Bibit

Perbedaan Program Bibit dan Bareksa

Untuk membikin perbedaan di antara ke-2 program ini, Bibit VS Bareksa. Ada 4 hal yang bakal saya bandingkan, yakni :

Validitas

Paltform

Fee Jual Membeli

Langkah Pembayaran

Silahkan kita bandingkan.

Validitas

Saya paling konsen masalah validitas, apa lagi berkaitan perusahaan investasi. Janganlah sampai karena tergoda untung tinggi, eh justru investasi bodong.

Karena itu validitas saya tempatkan di posisi pertama.

Kita mengenali Bibit dan Bareksa sebagai tempat jual beli reksadana, lebih persisnya disebutkan Agen Penjual Reksa Dana (APERD). Nach, peraturan APERD di bawah Kewenangan Jasa Keuangan. Tidak sangsi, jika Bareksa  vs Bibit sebagai perusahaan legal.

Basis

Untuk berbisnis semua dilaksanakan lewat cara online baik di Bibit atau Bareksa. Terhitung register atau registrasi yang serupa gampangnya.

Tinggal klik-klik saja sampai usai. Paling, data yang perlu anda persiapkan ialah KTP dan photo selfie dengan KTP. Paling akhir, menanti proses klarifikasi lebih kurang 1×24 jam.

Bibit ada berbentuk program handphone. Sementara, Bareksa ada pada program handphone dan web.

Fee Jual-Beli

Ongkos transaksi bisnis reksa dana ada 2 :

Subscription Fee (Ongkos Transaksi bisnis Beli)

Redemption Fee (Ongkos Transaksi bisnis Jual)

Maka saat membeli atau jual ada ongkos tambahan yang perlu dikeluarkan oleh investor. Menariknya, di Bibit dan Bareksa tanpa ongkos sama sekalipun. Lha, memang besaran fee ini berapakah ? Berbeda, dapat 1% - 3% dari keseluruhan pembelian atau pemasaran reksa dana.

Nih, saya berikan satu contoh bila beli reksa dana di MI (Manajer Investasi) Berdikari Investasi dikenai ongkos sejumlah 2,5% untuk subscription fee dan redemption fee. Umumnya, redemption fee (ongkos jual) akan menyusut atau jadi 0% bila reksa dana diletakkan lebih dari satu tahun. Contoh, bila anda membeli reksa dana di MI Berdikari Investasi sejumlah Rp 1.000.000, karena itu ongkos pembelian 2,5% = Rp 25.000. Nilai akhir reksa dana anda juga jadi Rp 975.000.

Lihat JugaKeuntungan Reksadana Tahun Ini

Langkah Pembayaran

Motode pembayaran yang disiapkan nyaris sama juga.

Untuk saya individu yang paling instant memakai virtual akun dan dompet digital karena tak perlu lakukan unggah bukti pembayaran. Ketidaksamaan besarnya, di Bibit pembayaran lewat virtual akun gratis, saat itu bila memakai virtual akun di Bareksa ada ongkos sejumlah Rp 3.100.

Bibit : GoPay, LinkAja, Virtual Akun (gratis), dan feature Autodebit

Bareksa : LinkAja, Ovo, Virtual Akun (berbiaya), Transfer Manual.

Program Bibit Atau Bareksa yang Lebih Unggul?

Ini saya pandang dari segi feature program yang disiapkan di antara Bibit dan Bareksa. Ringkasan saya yang lebih baik ialah Bibit.

Mengapa?

Basis. Bareksa lebih fleksibel karena ada berbentuk program dan web. Eh tetapi, jaman saat ini investor semakin nyaman berbisnis melalui program.

Yah, ingin bagaimana kembali, namanya handphone yang tak pernah terlepas dari kehidupan. Disamping itu cukup singkat karena tak perlu login berulang-kali bila dibanding dengan web.

Pilihan Pembayaran. Bibit unggul karena ada bayar melalui virtual akun gratis, hehe.

Referal. Saya paling senang dengan referal, hihi. Ini code yang dapat dibagi ke rekan. Tiap rekan yang memakai code referal itu, karena itu kita akan mendapat komisi. Nach, di Bibit ada code referal yang memungkinkannya mendapat cashback Rp 25.000 tiap orang yang memakai code referal punya kita . 

Maka, di antara sang pemilik dan pemakai code sama bisa cashback Rp 25.000. Sementara Bareksa tidak punyai code referal. Sekarang ini (sampai 03 Agustus 2021) Bibit sediakan cashback Rp 50.000 keuntungan investasi reksadana bayar reksadana pakai Bank Jago. 

Baca triknya di sini. Robo Advisor. Feature ini pas sekali dengan pemula karena mereferensikan reksa dana sesuai usia, arah, profile resiko . Maka, pembelian reksa dana juga jadi terukur.

Dukungan. Di Bibit feature dukungan langsung ada dalam menu yang memungkinkannya kita untuk chat langsung dengan layanan konsumen . 

Maka, masalah dan pertanyaan dapat dituntaskan secara cepat. Dibanding Bareksa tidak punyai feature ini (lewat e-mail dan telephone). Manajer Investasi. Bibit telah menyortir Manager Investasi dengan trek record yang baik dan lakukan analisis untuk cari produk reksadana terbaik . 

Maka keamanan investasi anda akan semakin tinggi saat beli reksadana yang berada di Bibit dibanding pilih sendiri secara random. Di luar keunggulan feature program, Bareksa lebih baik karena sebagai "pemain lama" hingga jual produk reksa dana semakin banyak dibanding Bibit.

Lihat JugaJenis dan Contoh Reksadana Baik Untuk Investasi yang Mudah dan Menguntungkan

Bibit Atau Bareksa yang Pas Untuk Pemula?

Bibi dan Bareksa Bibit Vs Bareksa

Berbicara masalah program jual beli reksa dana yang pas untuk yang baru memulai, bila saya memperbandingkan ke-2 APERD ini, di antara Bibit versus Bareksa. Karena itu opsi saya jatuh ke Bibit. Sesudah saya bandingkan, feature yang disiapkan Bibit benar-benar menolong untuk investor pemula untuk beli reksa dana. Sama seperti yang saya sebut awalnya, feature Robo Adviser yang pantas diakui karena memberinya referensi terbaik sesuai usia, arah dan profile investor.

Maka untuk investor pemula yang masih bimbang membeli reksa dana langsung bisa membeli sesuai referensi yang diberi. Oh ya, ada 1 feature kembali punyai Bibit yang lumayan menarik

yakni Nabung Teratur. Di feature ini anda bisa membuat agenda pembelian reksa dana dengan teratur. Cukup isi nama produk, nilai investasi, sistem pembayaran dan tanggal pembelian saja. Feature ini pas sekali untuk yang baru memulai supaya masih tetap stabil melakukan investasi reksa dana.

Ulasan Penggunaan Program Bibit Membeli Reksa Dana

Sesudah unduh program Bibit di google play-store, saya segera lakukan register. Proses registrasi benar-benar gampang, hanya perlu click, isi data dan unggah. Sesudah pilih registrasi, langsung akan ditujukan untuk isi profile investor.

  • Masukan nomor HP, lalu masukan code OTP untuk klarifikasi. Opsi code referal (opsional) ada juga agar bisa cashback Rp 25.000.
  • Isi data seperti alamat e-mail, pengajaran, penghasilan /tahun, sumber pendapatan dan rekening bank.
  • Unggah photo KTP dan photo selfie dengan KTP
  • Buat pin yang terbagi dalam 6 digit untuk keamanan berbisnis
  • Tinggal menanti sampai register terkonfirmasi. Paling lama 1 x 24 jam account akan usai.

Pembelian Reksa Dana di Bibit

Langkah membeli reksa dana di program Bibit lumayan gampang. Nach, ini saya beli reksa dana sesuai referensi yang diberi oleh Robo Adviser Bibit. 

Karena risiko profile saya agresif, saya juga diberi 3 referensi produk yakni reksa dana pasar uang 10%, Obligasi 34%, reksa dana saham 56%. Nominal pembelian minimum Rp 100.000. Saya memakai pembayaran lewat GoPay dan kebenaran punyai cashback Rp 25.000. Asiiik. Pada akhirnya saya punyai reksa dana di Bibit!

Opsi Syariah

Sisi ini cukup penting buat saya. Bila anda tidak aktifkan feature ini, karena itu Robo Adviser akan memberinya referensi non syariah. Adapun langkah untuk aktifkan opsi syariah : tentukan menu Profile > enable Opsi Syariah. Tetapi demikian, anda masih tetap dapat membeli reksa dana seperti yang anda ingin. Di Menu dasbor anda bisa pilih reksa dana sendiri sama sesuai keperluan berdasar tipe reksa dana.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Bibit vs Bareksa Atau Bareksa dan Bibit"