Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Apa Itu Cryptocurrency? Yok, Kita Ketahui Lebih Jauh!

Cryptocurrency ialah sebuah istilah yang jelas seringkali kamu dengar sekian tahun terakhir. Semenjak 2013, cryptocurrency mulai mendapatkan perhatian dari warga dunia. Beberapa media mulai menyampaikan mata uang digital ini. Tetapi, kedatangan cryptocurrency memunculkan kontra dan pro.

Lalu, sebetulnya apakah itu cryptocurrency dan kenapa banyak disukai warga? Bagaimanakah cara kerjanya?

Yok, baca keterangan RB berikut yang bakal kupas habis mengenai apakah itu cryptocurrency!

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency ialah sebuah mata uang digital atau virtual yang ditanggung oleh cryptography, seperti diambil dari Investopedia. Karena ada cryptography, mata uang digital ini jadi nyaris mustahil dipalsukan.

Saat itu, BitDegree menerangkan bermacam pengertian cryptocurrency dari karakter dan manfaatnya, yakni seperti berikut.

1. Digital: Cryptocurrency ialah mata uang digital yang memiliki arti cuman berlaku di computer. Cryptocurrency tidak datang berbentuk fisik yang bisa kita pegang setiap hari.

2. Peer-to-peer: Cryptocurrency bisa dipakai untuk transaksi bisnis dari 1 orang pada orang yang lain lewat cara online.

3. Global: Cryptocurrency sama setiap negara. Karena itu, transaksi bisnis bisa dilaksanakan secara bebas antarnegara tanpa dipengaruhi oleh kurs.

4. Terenkripsi: Tiap pemakai mempunyai code tertentu untuk berbisnis dengan cryptocurrency. Tiap lakukan transaksi bisnis, pemakai tidak dapat menyaksikan transaksi bisnis itu dilaksanakan oleh siapa. Tidak ada nama asli yang ada dalam tiap transaksi bisnis cryptocurrency. Lebih dari itu, tidak ada ketentuan apa saja mengenai siapakah yang dapat memakai cryptocurrency dan dipakai buat apa.

5. Terdesentralisasi: Transaksi bisnis uang secara umum selalu mengikutsertakan faksi yang mengatasi tiap transaksi bisnis, seperti bank. Tetapi di dunia cryptocurrency, tidak ada bank atau faksi itu. Tiap orang bertanggungjawab atas uang mereka sendiri.

6. Truthless: Dalam memakai cryptocurrency, kamu tak perlu yakin ke siapa saja dalam mekanisme.

Dari keterangan di atas, bisa diambil kesimpulan jika cryptocurrency ialah mata uang digital yang bisa dipakai untuk transaksi bisnis antarpengguna tanpa perlu melalui faksi ke-3 .

Selainnya memakainya sebagai alat transaksi bisnis, banyak pemakai yang manfaatkan cryptocurrency sebagai instrument investasi.

Ini disebabkan karena turun-naiknya nilai cryptocurrency. Makin banyak orang yang yakin pada cryptocurrency, karena itu nilainya akan makin tinggi.

Cryptocurrency Peer To Peer Cryptocurrency Desentralilasi

Peranan Cryptocurrency

1. Beli barang atau jasa

Sekarang ini, ada beberapa toko yang mulai berlakukan cryptocurrency sebagai alat pembayarannya, terhitung dua perusahaan terkenal Overstock dan Newegg.

Kamu bisa juga memakai cryptocurrency di beberapa restaurant, hotel, penerbangan, program, dan bar. Bahkan juga, diambil dari Cointelegraph, ada perguruan tinggi yang telah berlakukan cryptocurrency.

Tetapi, umumnya perusahaan itu baru terima Bitcoin.

2. Investasi

Peranan cryptocurrency yang lain ialah investasi. Di awal cryptocurrency terkenal, harga semakin meningkat tajam. Tidaklah aneh beberapa orang ‘mendadak kaya' sesudah investasi lewat cryptocurrency. 

Konsepnya lebih kurang sama dengan konsep ekonomi, yakni harga akan naik saat ada beberapa keinginan. Makin beberapa orang lakukan investasi dengan cryptocurrency, karena itu harga akan makin naik. 

Tetapi, terakhir peningkatan harga mata uang digital itu tidak sesignifikan sekian tahun lalu. Investasi dengan cryptocurrency termasuk juga dalam kelompok high risk.

3. Mining

Mining atau pertambangan sebagai poin utama dalam cryptocurrency. Pada intinya, pemakai harus pecahkan teka-teki cryptography yang sulit untuk memverifikasi transaksi bisnis dan menulisnya dalam blockchain.

Teka-teki itu dapat diperpecahkan dengan mining. Makin besar daya komputasi pemakai, karena itu makin besar juga kesempatan mereka untuk merusakkannya.

Bila sukses pecahkan teka-teki itu, kamu akan terima hadiah sebagai ongkos transaksi bisnis. Beberapa jenis Cryptocurrency

DIkutip dari NerdWallet, ada lebih dari 2.200 tipe cryptocurrency yang diperjualbelikan secara khalayak.

Sampai artikel ini dicatat, keseluruhan pasar cap cryptocurrency telah capai US$266.172.890.753, seperti tertera di website Koin Pasar Cap.

Ini memperlihatkan jika ada banyak sekali tipe cryptocurrency yang telah mendapatkan keyakinan khalayak.

Berikut Ragambisnis uraikan beberapa macam cryptocurrency yang terkenal diperjualbelikan.

1. Bitcoin

Bitcoin sebagai tipe cryptocurrency pertama kali yang sampai sekarang masih terkenal.

Tipe cryptocurrency ini pertama kalinya ada pada 2009 oleh faksi yang namanya Satoshi Nakamoto. Tidak ada yang mengetahui apa itu nama orang, barisan, atau perusahaan dan darimanakah mereka berasal.

Pada November 2019, ada lebih dari 18 juta bitcoin yang diperjualbelikan dengan keseluruhan pasar nilai sekitaran US$146 miliar, seperti dicatat Investopedia. Sampai sekarang, sekitaran 68% cryptocurrency ialah bitcoin.

2. Litecoin

Litecoin sebagai tipe cryptocurrency yang datang di awal mata uang digital itu dikeluarkan. Tipe cryptocurrency ini datang pada 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang hasilkan block baru (yang membuat blockchain) dengan kecepatan bisa lebih cepat.

Oleh karenanya, Litecoin memungkinkannya pemakai lakukan transaksi bisnis lebih cepat tanpa membutuhkan mekanisme komputasi yang powerful.

3. Dogecoin

Dogecoin ialah turunan dari Litecoin yang ada pada Desember 2013. Sama sesuai namanya, dogecoin ialah cryptocurrency yang jadikan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya.

Tipe ini dikenali sebagai cryptocurrency yang paling berteman, karena komunitasnya sering lakukan bantuan, amal, dan beberapa kegiatan positif yang lain.

Dogecoin mempunyai nilai yang  lebih rendah dibanding bitcoin. Karena itu, tidaklah aneh bila pemakai umumnya memakai tipe cryptocurrency ini untuk transaksi bisnis kecil, bantuan, dan memberikan panduan.

4. BitcoinCash

BitcoinCash baru dikeluarkan pada Agustus 2017, tapi sekarang ini menjadi lima cryptocurrency terbaik.

Tipe ini dikeluarkan karena ada satu kelompok pemakai Bitcoin tidak sepakat dengan aturan-aturan yang berjalan.

Mereka selanjutnya pisahkan diri dan membuat mata uang digital sendiri yang namanya BitcoinCash. Barisan itu lakukan beberapa improvisasi yang menurutnya lebih bagus dari cryptocurrency pertama itu.

5. Feathercoin

Feathercoin ialah tipe cryptocurrency yang memiliki sifat open source. Tipe ini dibikin oleh Peter Bushnell, seorang IT officer di Brasenose College, Ofxord Univesity pada April 2013. Feathercoin mempunyai keserupaan dengan Litecoin dan ada di bawah lisensi MIT/X11

Keunggulan dan Kekurangan

1. Kelebihan

Universal: Penjuru dunia dapat memakai cryptocurrency. Saat itu, tidak seluruhnya orang penuhi persyaratan untuk mendaftarkan jadi nasabah dalam suatu bank. Oleh karenanya, cryptocurrency dipandang universal karena tidak ada persyaratan apa saja menjadi pemakainya.

Cepat: Transaksi bisnis dengan cryptocurrency termasuk cepat bila dibanding dengan transaksi bisnis di bank. Transfer antarbank internasional, biasanya dapat memerlukan waktu sampai lebih satu hari. Saat itu, perdagangan bitcoin cuman memerlukan waktu sekitaran beberapa saat sampai satu jam.

Transparan: Tiap pemakai cryptocurrency dapat menyaksikan semua transaksi bisnis yang sempat dilaksanakan. Tetapi, tentu saja kamu tidak ketahui transaksi bisnis itu dilaksanakan oleh siapa hanya karena berbentuk angka tanpa identitas.

Kontrol individu: Tiap pemakai bertanggungjawab atas uangnya semasing.

2. Kekurangan

Sela untuk kejahatan: Tidak ada yang mengetahui siapakah yang berada di balik sebuah code cryptography. Oleh karenanya, beberapa orang manfaatkan cryptocurrency untuk kejahatan. Mereka dapat berbisnis untuk barang atau beberapa hal ilegal dengan mata uang digital ini tidak dapat dicari.

Sekali lupa sandi, semua uang dapat lenyap: Karena cryptocurrency memakai mekanisme sandi tanpa faksi yang mengendalikannya, karena itu kamu berefek kehilangan semua uang di akunmu itu bila lupa sandi.

Ada banyak yang menganggap ilegal: Banyak negara masih memandang cryptocurrency ilegal dan tidak berlaku untuk transaksi bisnis jual beli di negaranya.

Begitu keterangan komplet dari Ragambisnis mengenai apakah itu cryptocurrency . Maka, apa kamu berminat untuk memakainya? Jika sangsi, kamu dapat menanyakan ke sejumlah profesional di RB

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Apa Itu Cryptocurrency? Yok, Kita Ketahui Lebih Jauh!"