Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Tips Sukses Budidaya Cabe Dirumah

Tips Budidaya Cabe Dirumah. Siapa yang gak tahu dengan yang namanya cabe, jenis bumbu dan sayuran yang satu ini setiap harinya dicari dan di butuhkan oleh jutaan orang. Artinya jika anda memiliki tanaman cabe sendiri di rumah maka akan sangat bagus

entah itu untuk kebutuhan sehari-hari anda sendiri, atau jika anda bisa membudidayakan cabe, bisa jadi lahan penghasilan, bahkan bisa dikatakan penghasilan pembudidaya cabe yang sukses pasti tidak main-main

Tips Sukses Budidaya Cabe Dirumah Dengan Mudah

Tips Sukses Budidaya Cabe Di Rumah

Bicara masalah budidaya cabe memang bukanlah sesuatu yang mudah, buktinya tidak semua orang bisa. Karena dalam petumbuhan cabe ini dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari suhu, tanah dan masih banyak lagi. Kali ini ragambisnis bakalan ngebahas seputar tips ringan buat anda yang ingin budidaya cabe dirumah anda.

Tips Sukses Budidaya Cabe Dirumah Dengan Mudah

 1. Penentuan Lokasi

Yang pertama adalah mengenai lokasi, cabe tidak asal tumbuh disembarang lokasi, memang cukup sensitif. Banyak cabe berasal dari daerah perbukitan karena disana cabe mempunyai suhu yang cocok untuk tumbuh, bahkan dalam jumlah yang sangat besar. 

Kalau menurut penelitian cabe bisa tumbuh dengan baik apabila hidup di antara 300-2000mdpl, bagaimana dengan lokasi rumahmu? 

sebenarnya tidak paten harus berada di lokasi tersebut, yang penting faktor-faktor lain terpenuhi, misalkan saja dengan kondisi tanah yang subur, cahaya matahari cukup, kemudian air yang cukup akan membantu pertumbuhan cabe.

Lihat Juga: Cara Budidaya Semangka Polybag di Rumah Sendiri 

2. Bibit Cabai

Yang kedua yang menentukan bagus atau tidaknya cabe yang anda tanam adalah bibit cabe itu sendiri, misalkan anda memiliki cabe yang bagus, anda bisa menggunakan bijinya untuk bibit. Begitu lebih mudah. 

Namun jika anda punya hanya cabe yang acak, alias ada yang bagus ada yang jelek mendingan anda coba untuk nyari bibit. 

Untuk mencari bibit cabe yang bagus usahakan cabe yang masih utuh dan nanti bisa anda semai sendiri, soalnya kalau anda mendapatkan bibit sudah dalam kondisi biji cabe, sudah susah diketahuinya. 

Kecuali jika anda membelinya pada orang yang anda percaya atau pihak penjual bibit terpercaya ya gak masalah. 

Karena bibit akan sangat menentukan hasil nantinya. Setelah itu jika anda jika anda memakai bibit cabe sendiri, anda bisa mengupasnya lalu bijinya anda keringkan dalam terik matahari selama seharian, dengan begitu sudah menjadi bibit yang siap untuk di semai.

 3. Menyemai Cabai 

Lanjut pada tahap selanjutnya yaitu menyemai cabe. Dalam proses menyemai ini anda harus melakukan proses yang benar. 

Pertama anda bisa persiapkan polibek agau botol2 yang anda isi dengan tanah dan juga pupuk. 

Komposisi pupuk dan tanah secukupnya saja dan buatlah lebih banyak tanhanya. Kemudian sebelum memasukkan biji cabe tadi anda bisa rendam terlebih dahulu 2-3 jam. Jika sudah anda bisa menanam biji cabe tersebut pada polibek atau media yang sudah anda sediakan. 

Langkah selanjutnya adalah menunggu hingga kecambah cabe tumbuh kecil-kecil dan selama itu anda bisa menyimpannya di tempat yang tidak terkena panas atau hujan. Selanjutnya jika sudah tumbuh baru anda bisa pindahkan agar terkena matahari.

Lihat Juga: Tips Budidaya Sayuran Organik

4. Proses Mananam Cabai

Setelah anda selesai menyemai dalam polibek tadi anda bisa menunggu hingga cabe tumbuh sekitar 3 minggu hingga satu bulan baru anda pindahkan media dari polibek agar bisa bertumbuh besar. 

Yang paling penting dalam proses pemindahannya jangan sampai merusak atau mematahkan akarnya. Sampai disini berarti anda sudah selesai menanam cabe pada media utama anda.

 5. Pemberian Pupuk

Jangan lupa pada saat anda menanam untuk menambahkan pupuk disekitarnya, hal ini untuk menyuburkan tanah dan juga sebagai nutrisi untuk tanaman cabe yang anda tanam. 

Dan juga pemberian pupuk tidak hanya sekali, anda bisa memberikan pupuk dalam jangka waktu tertentu secara teratur.

6. Perawatan Cabai

Proses selanjutnya jika anda ingin cabe yang anda tanam tumbuh dengan baik tentunya anda harus merawatnya dengan baik. 

Perawatan cabe bisa anda lakukan dengan menyiramnya setiap pagi hari. Kemudian bisa mencabut rumput disekitar cabe yang mungkin mengganggu petumbuhan cabe. 

Selain itu anda juga bisa melakukan pengecekan batang dan ranting cabe apakah sehat atau tidak. biasanya jika ada bagian yang kuning dan tidak sehat lebih baik ana memotongnya, karena kalau tidak itu bisa menyebar.

Lihat Juga: Macam-macam Tanaman Bernilai Tinggi Yang Mudah Di Budidayakan

7. Proses Panen

Proses panen pada budidaya cabe biasanya sekitar 2 bulan atau 60 hari hingga 80 hari. Nah yang perlu diperhatikan jika anda ingin menjaga cabe tersebut tetap sehat jangan asal mencabutnya dengan tangan kosong

tapi gunakan sarung tangan yang steril atau anda bisa menggunakan gunting khusus yang tidak dipakai untuk lain-lain. Jika anda sudah berhasil panen, artinya anda sudah bisa melewati serangkaian proses bagaimana budidaya cabe. 

Jika anda mengalami kendala, anda bisa browsing atau bertanya kepada ahlinya langsung, karena beda tempat biasanya banyak sekali penyebab atau gangguan pertumbuhan cabe. 

Demikian materi kali ini mengenai tips budidaya cabe dirumah, semoga bisa memberikan manfaat dan juga keuntungan bagi anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Tips Sukses Budidaya Cabe Dirumah "