Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Budidaya Tomat Di Kebun Pekarangan Sendiri

Cara Budidaya Buah tomat, Salah satu jenis yang multifungsi adalah buah yang satu ini, karena tomat bisa jadi buah untuk juice dan konsumsi, juga bisa menjadi sayuran bahkan bisa menjadi sambal. Memang tidak heran jika tomat selalu dibutuhkan banyak orang. 

Untuk kebanyakan orang termasuk anda mungkin selama ini terus saja membeli tomat dari warung atau pasar. Padahal sebenarnya anda sebdiri bisa menanam atau membudidayakan tomat.

Cara Budidaya Tomat Di Kebun/Pekarangan Sendiri

Bicara soal budidaya tomat ini bisa dimulai dengan modal kecil dan juga bisa dimulai pada lahan yang sempit sekalipun. Karena ada beberapa orang yang memilih budidaya tomat ini dalam media polybag. Bagaimana prospek kedepan untuk berbisnis tomat. 

Yang jelas tomat ini akan selalu dibutuhkan karena banyak manfaatnya, mulai dari minuman, makanan, sebagai bahan perawatan bahkan juga bisa untuk obat. Jadi prospeknya untuk bisnis cukup bagus. 

Hal itu bisa anda dapatkan asalkan paham bagaimana memulai dan bisa membudidayakan tomat dengan baik. Selain itu juga tomat ini tidak terlalu sulit budidayanya karena bisa tumbuh disegala media, baik sawah, kebun, pekarangan rumah dan juga di ember pun bisa.

tanam tomat di kebun dan pekarangan rumah

Hal-hal Yang harus Diperhatikan Dalam Budidaya Tomat

1. Pelajari Tempat Untuk Menanam

Tomat membutuhkan tempat yang bagus untuk bertumbuh, anda bisa melihat apakah kebun yang anda miliki ini sudah subur atau belum, kondisi tandus atau tidak. 

Kalau kondisinya belum subur berarti harus anda suburkan terlebih dahulu dengan menambahkan tanah yang subur serta dengan menambahkan beberapa kompos atau pupuk pada tanah tersebut.

Lihat Juga: 

2. Menentukan Jenis Tomat

Ada banyak sekali jenis tomat, ada jenis kecil, besar, kuning merah, dari warna dan ukurannya yang berbeda-beda. Kemudian anda perlu memilih jenis tertentu. 

Jika anda ingin menjualnya di pasar sebagai jenis sayuran berarti anda bisa memilih jenis yang cocok untuk sayuran. Alangkah lebih baik jika anda menanam atau membudidaya tomat yang satu jenis yang bagus agar labih masksimal.

3. Penyiapan Bibit Tomat

Didalam penyiapan bibit tomat ini ada beberapa tahapan yang harus anda lalui. Antara lain sebagai berikut ini :

  • Belah tomat menjadi 2 bagian kemudian keluarkan bijinya dengan sendok dan anda bisa meletakkan nya pada sebah mangkuk
  • Biarkan biji tersebut melakukan fermentasi, biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 harian
  • Selanjutnya anda bisa mencuci biji tomat tersebut hingga bersih.
  • Di dalam proses pencucian biji, anda bisa sekaligus melakukan sortis pada biji benih yang buruk, caranya adalah membuang biji-biji yang mengapung pada saat mencuci biji benih.
  • Lalu kemudian setelah itu masukkan biji tomat tesebut kedalam plastik lalu simpan biji tersebut dalam lemari es atau tempat yang dingin selama beberapa hari.

5. Mulai Menebar Benih

Proses selanjutnya jika biji benih sudah siap ditanam, anda bisa mulai menebarkan benih tersebut. Taruhah dalam sebuah pot terlebih dahulu, dan di setiap pot kecil anda bisa menaruh biji antara 2 hingga 2 biji. 

Setelah itu jangan anda biarkan pot biji tomat tesebut sampai kering. Usahakan untuk memberikan sedikit air setiap harinya agar tetap dalam kondisi basah. 

Kemudian jangan lupa untuk menyimpan pot tersebut pada tempat yang hangat agar kondisi petumbuhan biji lebih cepat.

6. Pindahkan ke Kebun 

Sebelum anda memindahkan tomat ini ke kebun anda harus pastikan terlebih dahulu kondisi bibitnya sudah siap, anda bisa melihatnya pada akar bibit tersebut, apakah akarnya sudah mulai tumbuh kuat atau belum. 

Biasanya untuk ukuran tomat yang siap dipindahkan adalah yang berukuran sekitar 5 cm dan berumur kurang lebih 1 - 2 minggu.

Lihat Juga: Cara Budidaya Tauge Atau Kecambah Untuk Pemula

7. Masa Perawatan

Perawatan tomat sama seperti halnya perawatan tanaman-tanaman yang lainnya, yang membedakan adalah proses pengeringan bijinya tadi saja. Jika anda menanamnya di kebun berarti anda bisa memastikan untuk kecukupan air bagi tomat serta rajin mencabut rumput yang ada di sekitar tomat, karena iti akan mengganggu pertumbuhan dari tomat itu sendiri. 

Kemudian untuk proses panennya anda harus tunggu sampai siap penen, usahakan dalam panen tomat jangan terlalu masak, karena anda tahu sendiri tomat ini cepat membusuk, Jadi panen saja ketika hampir masak

jadi nantinya jika ingin anda jual dan memlaui banyak proses lainnya, tomat tersebut masih mampu bertahan dengan baik. kemudian untuk penjualannya anda bisa menjualnya sendiri dipasar atau anda mencari penjual sayur-sayuran untuk menjalin kerjasama dalam penjualan budidaya tomat milik anda. 

Demikian mengenai bagaimana cara budidaya tomat di kebun milik sendiri, mudah mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda dan bisa menjadi salah satu refrensi bisnis yang anda pilih nantinya.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Budidaya Tomat Di Kebun Pekarangan Sendiri"