Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Budidaya Semangka Polybag di Rumah Sendiri

Cara Budidaya Semangka Polybag di Rumah Sendiri. Buah semangka, buah yang satu ini merupakan jajaran buah yang bisa dibilang populer di Indonesia. Buah yang kaya akan air yang menyegarkan ini selain bisa menghilangkan haus sebenarnya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. 

Dari segi peminat dan juga permintaan pasar saya yakin untuk buah ini selalu ada dan bertahan. Jika anda adalah seorang pebisnis pasti bisa melihatnya sebagai peluang untuk menghasilkan uang. 

Pernah berfikir untuk melakukan budidaya semangka. Budidaya semangka sendiri bisa dilakukan di banyak media. Dan jika anda tidak memiliki lahan yang cukup, anda bahkan bisa melakukan budidaya semangka dengan sebuah polybag

Cara Budidaya Semangka di Polybag di Rumah Sendiri

Cara Budidaya Semangka Polybag Di Rumah Sendiri

Bicara mengenai budidaya buah  semangka atau tanaman dengan polybag sebenarnya banyak sekali jenis yang bisa dibudidayakan. 

Kelebihan utamanya adalah hemat lahan. Dengan menggunakan polybag tidak perlu lahan luas namun bisa disusun secara bertingkat dalam sebuah susunan polybag.

Kelebihan lain dengan budidaya semangka polybag ini ternyata untuk hasil panen nya lebih bagus, hal itu dikarenakan menggunakan sedikit tanah namun mengutamakan kecukupan nutrisi dalam sebuah polibag. 

Nah kali ini ragambisnis bakalan mengulas tips seputar bagaimanakah caranya budidaya semangka di dalam polybag.

Langkah-langkah Yang Harus Diperhatikan Antara Lain :

1. Menyiapkan Media Polybag

Anda bisa mulai menyiapkan beberapa polybag sesuai dengan kebutuhan tanam anda. Selanjutnya adalah mengisi polyag tersebut dengan tanah dan juga pupuk. 

Caranya adalah mencampur dan mengaduk sampai rata tanah juga pupuk baru kemudian dimasukkan kedalam polybag. 

Untuk takaran pupuk dan juga tanah, anda bisa menggunakan perbandingan 1 : 1, aduk terlebih dahulu agar keduanya menyatu baru kemudian dimasukkan kedalam polybag.

Lihat Juga: Cara Budidaya Tauge Untuk Pemula

2. Penyemaian bibit semangka 

Untuk proses penyemaian bibit anda bisa langsung membenamkannya pada polybag yang anda telah sediakan tadi. Kemudian anda bisa meletakkan 2 buah biji  benih semangka pada setiap polybag yang anda siapkan tadi. 

Setelah itu yang harus anda lakukan adalah meletakkan polybag yang sudah terisi benih tadi pada tempat yang yang cukup akan sinar matahari. 

Kemudian jangan lupa juga untuk menjaga pertumbuhan benih anda bisa melakukan penyiraman setiap harinya dengan kapasitas yang secukupnya.

3. Mengolah tanah Pekarangan atau polybag yang lebih besar

Sembari menunggu proses benih hingga tumbuh anda bisa melakukan pengolahan tanah pada pekarangan yang akan anda gunakan untuk mengembangkan semangka tadi. 

Intinya adalah menyuburkan tanah tersebut. Atau anda juga bisa memindahkan pada polybag yang lebih besar setelah bibit semangka yang tadi anda semai berhasil tumbuh, ini tergantung sesuai dengan kebutuhan anda.

Lihat Juga: Tips Budidaya Sayuran Organik

4. Menanam bibit semangka 

Nah setelah tadi bibit berhasil tumbuh dari penyemaian anda bisa memindahkannya pada media yang lebih besar. 

Biasanya untuk tumbuh dan siap dipindahkan membutuhkan waktu dari 2 hingga 3 minggu semenjak benih mulai di semai.

5. Pemupukan untuk tanaman semangka 

Dalam hal pemupukan tanaman semangka ada proses lain selain dari pupuk kandang atau kompos yang tadinya anda berikan pada lahan. Yakni dengan pupuk urea

Caranya adalah : Larutkan satu sendok urea dalam 10 liter air. Kemudian anda bisa mulai menyiramkan secara perlahan, alias sedikit demi sedikir kepada tanaman semangka

Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan dari buah semangka tersebut.

6. Perawatan semangka

Salah satu penyebab yang sering menggagalkan budidaya semangka adalah buah ini rawan terkena penyakit. Jadi dalam hal perawatan memang harus diperhatikan dengan baik. 

Anda bisa memeriksa kesehatannya buah tersebut apabila sudah mulai berbuah, dan sebelum itu anda bisa melakukan pencegahan dengan menyemprotkan insektisida dan juga fungisida. 

Selama anda memperhatikan dan merawatnya dengan rutin pasti buah tersebut akan tumbuh dengan baik.

Lihat Juga: Macam-macam Tanaman Bernilai Tinggi Yang Mudah Di Budidayakan

7. Masa Panen Semangka

Secara umum buah semangka akan siap dipanen paling cepat dalam waktu 2 bulan, terkadang memerlukan waktu hingga 100 hari atau 3 bulanan. Hal ini dipengaruhi beberapa hal baik itu cuaca atau juga karena pertumbuhan buah itu sendiri. 

Semangka yang siap panen biasanya ditandai dengan warna nya yang mulai berubah. Jika anda memiliki tanaman buah semangka dalam jumlah yang banyak anda bisa melakukan panen 2 kali atau secara bertahap

karena terkadang ada yang sudah matang duluan namun ada yang agak lambat. Itu tadi adalah serangkaian mengenai cara budidaya semangka yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah. 

Kemudian jika anda berhasil panen semangkan, anda bisa menggunakannya sendiri atau untuk dijual. 

Tentunya jika anda menanam dalam jumlah yang banyak dan untuk budidaya anda harus mempunyai chanel marketing buah-buahan agar sekali setelah panen bisa dengan mudah menjualnya. 

Demikian mengenai budidaya buah semangka di pekarangan rumah sendiri, semoga bisa memberikan manfaat untuk anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam BIsnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Budidaya Semangka Polybag di Rumah Sendiri "