Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Budidaya Salak Pondoh Di Pekarangan Rumah Sendiri

Cara budidaya salak mudah walau hanya di pekarangan rumah. Kita semua pasti sudah banyak yang tahu mengenai buah yang satu ini. Yakni buah salak. Buah yang mempunyai bungkus yang khas dan juga mempunyai rasa yang unik. Apalagi untuk salak jenis salak pondoh salak yang terkenal dengab kemanisannya ini memang cukup populer di indonesia.

Cara Budidaya Salak Pondoh Di Pekarangan Rumah Sendiri

Pernah kefikiran gak anda ingin membudidayakan salak di rumah anda sendiri? Salak ini selain anda bisa mengkonsumsinya sendiri juga memiliki harga pasaran yang cukup bagus untuk penghasilan anda. 

Apalagi jenis salak pondoh yang harga perkilo nya selalu tinggi. Sebenarnya untuk jenis salak pondoh sendiri ada beberapa macam, ada pondoh super, pondoh manggala, pondoh gading dan pondoh nglumut. 

Bicara mengenai budidaya salak pondoh sebenarnya bisa anda lakukan di pekarangan atau kebun milik anda sendiri, yang paling penting adalah tahu caranya. Bukankah sebuah hal yang menyenangkan jika anda memiliki pohon salak sendiri. 

Selain itu juga bisa menambah penghijauan di sekitar anda. Ragam Bisnis kali ini akan membahas beberapa tips yang berhubungan dengan kesuksesan dalam budidaya salak pondoh.

Begini Cara Budidaya Salak Yang Benar Di Rumah

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya salak pondoh di pekarangan rumah

1. Jenis tanah yang bagus untuk salak pondoh

Tanah yang cocok untuk budidaya salak pondoh adalah tanah yang subur gembur, dan mempunyai kelembapan yang cukup. 

Selain itu tanah lempung dan berpasir juga cocok untuk budidaya salak pondoh. Jika tanah di tempat anda belum memiliki kriteria tersebut. Usahakan minimal menjaga kesuburan tanah dengan kandungan humus yang cukup

Lihat Juga: Cara Budidaya Tomat Di Kebun Pekarangan Sendiri

2. Media Tanam 

Media tanam yang bisa anda gunakan tentu menyesuaikan lahan yang anda miliki, bisa dikebun atau di pekarangan rumah. Yang pasti usahakan untuk media tanam salak pondoh dekat dengan sumber air, atau anda bisa menambahkan sumber air di dekatnya. 

Hal ini untuk mempermudah anda dalam perawatan nantinya karena butuh kelembaban khusus. 

Selain itu untuk mempersiapkan media tanam salak pondoh anda bisa membuat lubang 50x50x50 cm atau yang disebut dengan monokultur dengan ukuran jarak tanam yakni 2×2-2,5×2,5m hal ini untuk memaksimalkan pertumbuhan dari salak pondoh itu sendiri.

3. Pemupukan

Kemudian setelah lubang-lubang yang anda buat tadi sudah siap selanjutnya anda bisa melakukan pemupukan pada lubang-lubang tersebut. 

Biasanya lebih bagus jika anda menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos. Anda bisa menggunakan pupuk kandang yang dicampur dengan daun-daunan. Itu sangat bagus untuk tanaman salak pondoh kedepannya.

Lihat Juga: Tips dan Cara teranak ikan cupang

4. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit bisa anda lakukan dengan menggunakan bibit yang siap tanam, biasanya jika anda menggunakan bibit dari salaknya langsung harus memberikan perlakuan khusus. Namun jika anda mau langsung menanam anda bisa membeli bibitnya pada pembudidaya bibit.

5. Penyulaman Bibit 

Jika anda menggunakan bibit sendiri mulai dari biji-bijian anda harus melakukan penyulaman, yakni memeriksa seluruh kondisi bibit yang tumbuh. Karena tidak semua nya tumbuh

jadi anda bisa mengganti bibit-bibit yang kurang bagus atau menyortirnya. Hal itu dilakukan biasanya 2 hingga 3 minggu setelah penanaman bibit.

6. Perawatan Tanaman 

Dalam hal perawatan merupakan peran penting untuk menghasilkan salak manis dan berkualitas, salak merupakan buah yang membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dan berbuah. 

Dan selama pertumbuhannya tersebut harus dirawat dengan baik. Mulai dari ketersediaan air, hingga membersihkan tunas-tunas yang cepat tumbuh pada tanaman salak. 

Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan pekarangan atau kebun salak yang anda kelola dari rumpur-rumput yang mengganggu pertumbuhan buah salak. 

Buah salak membutuhkan waktu yang lama sekitar 2 tahun untuk bisa panen, jadi tentunya untuk menikmati hasil dari jerih payah budidaya anda juga memerlukan kesabaran yang lebih. 

Buah ini sukses di budidayakan di pekarangan masing-masing di daerah merapi, tepatnya magelang Yogyakarta, disana banyak penduduk yang pekarangannya masing-masing memiliki buah salak. 

Karena memang mereka sudah paham cara mengelola nya dan juga lingkungannya sudah terbiasa budidaya buah salak. Tidak heran jika daerah sana bisa dikatakan sebagai centralnya buah salak. 

Jika anda memiliki pohon salak sendiri dan ingin memasarkannya pun bukan hal yang sulit mengingat buah ini banyak penggemarnya. Untuk harga salak pondoh sendiri yang kualitas bagus dan original adalah sekitar 30 ribuan sedangkan untuk salak pondoh kualitas rendah dijual lebih murah sekita 15 ribuan. 

Namun jika tidak dijual pun bisa menjadi aset buat sendiri milik anda yang bisa anda nikmati kapan pun secara gratis. Demikian mengenai cara budidaya salak pondoh di pekarangan rumah sendiri. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Budidaya Salak Pondoh Di Pekarangan Rumah Sendiri"