Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Tips Budidaya Sayuran Organik Di Pekarangan Rumah

Tips Budidaya Sayuran Organik Di Pekarangan Rumah. Buat anda yang mempunyai pekarangan rumah yang lega, dan ingin memanfaatkannya untuk menanam berbagai macam sayuran organik maka sangat bagus sekali. 

Selain bisa untuk mencukupi kebutuhan sayuran sehari-hari anda juga bisa menjualnya dan menjadikannya penghasilan.

Tips Budidaya Sayuran Organik Di Pekarangan Rumah

Pekarangan Rumah Untuk Budidaya Tanam Organik Seperti Sayur

Sebenarnya banyak jenis sayuran yang bisa dikembangkan di pekarangan rumah sendiri, bisa bayam, kangkung, kacang panjang, cabe dan masih banyak lagi. 

Tergantung bagaimana cara mengelolanya saja sebenarnya. 

Kali ini ragam bisnis bakalan bahas tips biar budidaya sayuran di rumah anda lebih maksimal lagi.

Tips Budidaya Sayuran Organik Di Pekarangan Rumah

1. Gunakan Tanah yang Baik

Tanah yang baik adalah tanah yang subur atau mengandung banyak humus, bedanya ya kadang ada tanah yang terlalu keras atau mungkin di pekarangannya adanya tanah padas. 

Nah kalau kondisinya seperti itu berarti anda perlu menambahkan tanah yang baik. Anda bisa membuat sebuah sekat atau bedeng

kemudian anda isi dengan tanah yang gembur dari kebun, pasti nanti hasilnya akan lebih baik.

Lihat Juga: Jenis tanaman bernilai tinggi

 2. Sinar Matahari Yang Cukup

Sayuran selalu butuh sinar matahari yang cukup untuk berkembang. Jadi misalkan pekarangannya tertutup atap misalkan

anda bisa ganti dengan atap yang transparan. Menurut penelitian sayur yang bekembang dengan bagus dia mendapatkan asupan sinar matahari paling tidak 6 jam sehari.

3. Jenis Tanaman yang Tepat

Memilih tanaman yang tepat anda bisa melakukan riset terlebih dahulu daftar tanaman sayuran apa yang cocok untuk anda tanam di pekarangan anda. 

Kondisi setiap pekarangan memang berbeda-beda, jadi anda bisa menyesuaikan dengan jenis sayuran yang bisa bertahan dalam pekarangan milik anda.

 4. Tanam Bunga Pendamping

Tips selanjutnya biar sayuran organik di pekarangan anda berkembang dengan baik, anda bisa juga menambahkan bunga-bunga disekitarnya

gak perlu banyak-banyak yang penting ada saja. Karena perumbuhan tanaman tergantung juga dengan ekosistem di sekitarnya

kalau di sekitarnya gersang pastinya juga akan lebih sulit berkembang. Penyerbukan dari bunga juga turut serta membantu pertumbuhan dari tanaman-tanaman disekitarnya.

 5.Bibit Berkualitas

Yang namanya vegetables atau tumbuhan apapun pasti terpengaruh dari bibitnya. Jika anda menggunakan bibit  yang bagus dan berkualitas maka hasilnya pun akan berkualitas. 

Bibit berkualitas anda bisa mendapatkannya dengan beli di pembudidaya lain atau anda bisa juga mencari bibit yang tumbuh alami di garden atau di rice fields

biasanya bibit yang tumbuh dengan alami ini malah lebih bagus karena bersih dari pestisida.

Lihat Juga: Cara Budidaya Mina Padi dan Iklan Nila

 6. Pemberian Pupuk Kompos

Anda bisa memanfaatkan alam sekitar anda misalkan bekas dedaunan atau kotoran hewan dan anda jadikan kompos. 

Tanah yang bagus dan banyak nutrisi untuk sayuran adalah tanah yang subur, salah satunya adalah rutin memberikan kompos. 

Selain itu kompos bisa mempertahankan kelembaban tanah lebih lama dan lebih berisi, kalau saja tanah gampang kering pastinya tidak akan bagus untuk perkembangan tanaman sayuran anda.

 7. Antisipasi Angin

Namanya menanam diluar ruangan pasti akan terkena angin. Dan dalam hal ini apakah rumah anda berangin kencang ataupun tidak anda bisa melakukan perlindungan terhadap tanaman yang anda tanam. 

Anda bisa menambahkan aling-aling atau pagar dan sejenisnya. Karena jika akar belum kuat dan sering terkena angin kecang pertumbuhan sayuran juga tidak akan bagus. 

Angin yang cukup untuk tumbuhan asalkan mendapatkan oksigen saja, tidak perlu angin kencang.

8. Rajin Menyiram

Tips selanjutnya adalah memberikan asupan air yang cukup. Tanaman sayur yang bisa tumbuh dengan baik adalah yang setiap hari mendapatkan cukup air. 

Jika anda pernah melihat sayuran yang tumbuh subur di rawa atau pinggir sungai, itu lah contoh bahwa sayuran selalu butuh air. Selain anda menyiramnya dengan air

anda bisa membuat sebuah lubang di tanah untuk menampung air, jadi area di sekitar akan tetap basah.

9. Kombinasi Dengan Sekitar  

Jika sekitar pekarangan misalkan samping pekarangan adalah tanah yang gersang, alias sama sekali tidak ada tumbuhan atau pohon, anda bisa menanam sesuatu disitu

karena lingkungan yang asri akan membantu sayuran untuk tumbuh dengan baik. Contoh nyatanya adalah sayuran bisa tumbuh segar dan besar di sawah dan di hutan, karena lingkungannya asri dan tidak gersang.

Lihat Juga: Tips Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium

 10. Membangun Pelindung Dari Hewan

Seperti yang kita ketahui kalau menanam sayuran di pekarangan pasti akan sering menjadi incaran bagi ayam dan juga hewan lainnya. 

Jadi anda bisa mambuat sebuah skat entah itu pagar atau pelindung lainnya untuk mencegah akses hewan masuk ke tengah sayur-sayuran. Selanjutnya yang cukup menentukan adalah anda harus cinta dengan tanaman dan sayur-sayuran tersebut

dengan anda suka anda akan sering merawatnya, atau dengan bahasa lain anda punya pashion disitu, kalau bukan pashion nya sayur biasanya juga akan gagal.

Nah sampai disini dulu, misalkan anda bisa menerapkan tips diatas bisa jadi tanaman sayuran tumbuh subur bisa untuk sayur sehari-hari, bisa juga untuk dijual. 

Demikian mengenai Tips Budidaya Sayuran Organik Di Pekarangan Rumah, semoga bisa memberikan manfaat untuk anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kaasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

2 comments for "Tips Budidaya Sayuran Organik Di Pekarangan Rumah"

Anonymous November 25, 2020 at 1:41 AM Delete Comment
Mantaps
Cerita Rangga November 30, 2020 at 4:37 PM Delete Comment
Dikasih jala biar gak dipatokin ayam :D