Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Budidaya Tauge Atau Kecambah Untuk Pemula

Cara Budidaya Tauge Atau Kecambah Untuk Pemula. Siapa yang gak tahu mengenai tauge alias kecambah, tumbuhan satu ini yang masuk dalam kategori sayuran yang sering digunakan memasak dalam kehidupan sehari-hari.

Tauge  merupakan sayuran ekonomis yang dibutuhkan setiap hari, jika anda lihat penjual tauge pastinya tidak akan pernha berhenti di cari orang setiap harinya. 

Maka dari itu sebenarnya untuk menekuni bisnis budidaya tauge merupakan bisnis yang memiliki prospek yang bagus di pasaran.

Cara Budidaya Tauge Atau Kecambah Untuk Pemula

Tauge dan Kecamba Untuk Pemula

Di dalam budidaya tauge pastinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa berhasil dengan baik. Sebenarnt untuk memulai budidaya taouge ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal

bahkan dengan modal ratusan ribu saja anda sudah bisa mulai belajar menekuninya. Ragam Bisnis kali akan membahas mengenai tips bagaimanakah budidaya tauge yang baik khususnya untuk pemula.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya tauge

1. Pemilihan Benih Tauge 

Pemilihan bibit tauge merupakan langkah awal yang penting bagi anda, Dengan benis yang memiliki kualitas bagus, tentunya juga akan menumbuhkan tauge yang bagus. 

Anda bisa mulai mencari informasi di dekat anda, dmana anda bisa mendapatkan benih toge baik itu dari kacang hijau atau kacang kedelai dengan kualitas yang unggul. Biasanya bijinya bentuknya bagus dan tidak keriput. 

Yang tidak kalah penting juga adalah dalam hal harga, jadi pastikan anda bisa mendapatkan benih tauge yang harganya miring

apalagi jika anda masih pemula dalam menjalani bisnis ini. Biasanya anda bisa mendapatkan bibit yang murah anda bisa langsung ke petani kacang hijau atau petani kedelai, jadi sebelum dia dibawa kepasar saya yakin harganya akan berbeda apabila anda datang kesana.

Lihat Juga: Tips Budidaya Sayuran Organik Di Pekarangan Rumah

2. Menyiapkan Media Tanam / Alat

Mengenai persiapan media tanam untuk tauge, merupakan bisnis yang menurut saya sangat murah modalnya, karena media tanamnya anda bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. 

Misalkan saja baki atau rantang atau wadah-wadah dirumah anda bisa anda manfaatkan untuk budidaya tauge ini. 

Selanjutnya anda perlu melapisi wadah-wadah tersebut dengan kain strimin dengan ukuran yang sesuai dengan media masing-masing yang anda gunakan. Hal ini guna untuk menyaring sekaligus melembabkan nantinya pada saat penanaman tauge.

3. Proses Penanaman Toauge / Peneburan Benih

Dengan media kain flanel dan juga kain strimin yang basah, anda bisa mulai melakukan penanaman tauge, atau bisa disebut juga dengan penyemaian benih tauge. 

Caranya adalah anda bida melapisi wadah menggunakan kain strimin, kemudian lapisilah lagi dengan 5 lembar kain flanel yang sudah dibasahi sebelumnya, tebarkanlah kacang kemudian lapisi kain flanel yang basah kembali. 

Sampai disini berarti anda sudah selesai dalam tahap menanam tauge.

Lihat Juga: Jenis Tanaman Bernilai Tinggi

4. Proses Pemeliharaan atau Perawatan

Proses yang ke empat ini adalah proses yang bisa dibilang paling penting, karena jika sampai gagal hasilnya pun bakalan buruk. 

Caranya adalah dengan anda menjaga lokasi penanaman tauge tadi agar tetap lembab dan bisa terjaga dari sinar matahaari, bisa anda gunakan penutup atau pastikan atap rapat dan matahari tidak masuk. 

Langkah pemeliharaan selanjutnya adalah dengan cara menyiram tauge yang sudah ditanam tadi sehari 2 hingga tiga kali dan pastikan media tanam dan juga tauge dalam suhu yang dingin.

Lihat Juga: Cara Budidaya Mina Padi dan Iklan Nila dengan Hasil Melimpah

5. Proses Panen Sayur Tauge

Selanjutnya adalah masa panen tauge. Jika anda sudah mulai menekuni bidang ini, pastinya masa panen adalah masa yang anda tunggu-tunggu. 

Tidak perlu waktu yang lama semenjak anda menanam tauge ini, hanya butuh sekitar 4 hari saja semenjak dari biji alias benih hingga menjadi tauge seutuhnya. 

Cara memanen nya seperti biasa anda bisa membuka tumpukan kain pada saat tadi anda menanam satu per satu, kemudian anda bisa mulai memisahkan tauge-tauge tersebut. Sampai tahapan ini berarti anda sudah selesai proses menanam hingga panen tauge

proses selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membersihkan dan memotong serabut-serabut tauge tersebut agar rapi kemudian membersihkannya. Tauge yang anda tanam tadi bisa anda jual atau bisa juga digunakan sendiri untuk keperluan memasak sehari-hari. 

Jika anda mau menjualnya dan menjadikan tauge sebagai bisnis yang anda tekuni, anda perlu membuat manajegemen khusus baik dari semua langkah-langkah diatas. Bisnis tauge seperti halnya berbisnis sayuran lainnya

keseharian tidak ada matinya, selalu saja ada yang mau membeli tauge. 

Anda bisa menawarkan dan mencari langganan mulai dari watung makan, tukang sayur, pedagang-pedagang sayur di pasar atau anda bisa juga membuka lapak sendiri. 

Demikian mengenai bagaimana cara budidaya tauge untuk pemula, semoga bisa menjadi salah satu rfrensi bagus untuk dan anda dan semoga bisa memberikan manfaat untuk anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.


Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Budidaya Tauge Atau Kecambah Untuk Pemula"