Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Budidaya Mina Padi dan Iklan Nila dengan Hasil Melimpah

Budidaya Minapadi Ikan Nila. Seperti yang anda ketahui bahwa budidaya minapadi atau tenologi minapadi adalah memanfaatkan lahan yang ditanam padi sekaligus media ternak ikan. 

Nah ternyata kelebihan dari mina padi ini cukup besar manfaat nya, baik dari segi keuntungan dalam panen ikan atau bagi panen padi itu sendiri. Hasil panen padi dengan sistem minapadi ternyata jauh lebih besar daripada tanpa minapadi. 

Hal itu disebabkan karena ikan membantu menghbiskan hama yang bisa mengganggu pertumbuhan padi dan juga sistem tanam model galah untuk sistem minapadi menjadikan padi tumbuh lebih baik.

Cara Budidaya Mina Padi Dengan Iklan Nila Dengan Hasil Melimpah

Cara Budidaya Ikan Nila Dengan Campuran Mina Padi

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan nila ini termasuk dalam kategori ikan favorit untuk konsumsi, maka dari itu untuk menggunakan ikan ini kedalam sistem minapadi dan ikan nila sangatlah bagus prosepeknya. 

Kali ini ragambisnis bakalan membahas tentang bagaimanakah proses budidaya mina padi dan parrot fish sebenarnya dari awal hingga panen 

Langkah-langkah budidaya minapadi Ikan Nila

1. Persiapan Lahan

Lahan untuk minapadi akan berbeda luamayan jauh ketimbang menanam padi seperti biasanya. Yang pertama dalam pembuatan lahan minapadi ini harus membuat lubang irigasi keliling mengitari lahan padi, hal ini sebagai tempat ikan pada saat ikan beristirahat. 

Pembuatan lubang persegi keliling ini biasanya sedalam 70 cm, dan jangan terlalu dalam agar pasokan oksigen untuk ikan bisa terjaga. 

Kemudian selanjutnya adalah pengkomposan. Ini dia salah satu penyebab panen lebih melimpah. 

Pupuk organik sangat cocok untuk budidaya ikan nila seperti pupuk organi nusantara , pupuk organik Viterna+ Voc Nasa alangka baiknya jangan gunakan pupuk kimia. 

Karena untuk memastikan kesehatan ikan maka pupuk kimia sama sekali tidak digunakan dalam proses teknologi minapadi ini. 

Pengomposan atau pemberian pupuk biasanya dilakukan diawal sebelum ditanami padi dan ditengah setelah padi berusia sekitar 2 bulan kurang sedikit. 

Dengan memberikan pengomposan ikan-ikan nantinya juga akan lebih banyak makanan dari plankton-plankton hasil pupuk tadi. 

Selain itu dalam persiapan lahan ini juga penting untuk memasang jaring  sebagai pengaman padi dan juga ikan.

SelanjutnyaTips Ternak Ikan Cupang untuk Usaha Rumahan

2. Pemberian Pupuk dan Penanaman Padi

Langkah selanjutnya dalam pemupukan dan penanaman padi itu ada 2 jenis perbedaan sistem mina padi. 

Yakni memelihara minapadi dari awal tanam atau memberi ikan pada saat tanaman sudah agak besar. Jika pemberian ikan pada awal tanam maka pemaksimalan pupuk dari awal sebelum ditanam. 

Proses penanaman padi akan berbeda dari menanam padi biasanya yakni dikenal dengan istilah jajr legowo 2:1

jika biasanya ditanam dengan jarak persegi maka diubah dengan berjajar dan akan ada salurah dengan membuat jarak diantara padi tadi. 

Biasanya jarak antara jajaran antar padi adalah 20cm dan jarak antar padi yang berjajar adalah 10cm.

SelanjutnyaCara Budidaya Ikan Gurame Hasil Melimpah

3. Pemilihan Bibit Ikan

Selanjutnya pemilihan bibit Ikan Nila dipilih berdasarkan umur padi. Jadi diukur ikan harus siap panen sesaat sebelum panen padi, biasanya bibit yang tepat adalah bibit jarak 70 hari sebelum panen. 

Selanjutnya untuk memperkirakan berapa banyak ikan yang mampu ditampung adalah 5 - 10 ekor setiap m2 luas lahan. 

Pastikan juga dalam pemilihan bibit untuk kesehatan ikan-ikan tersebut. Kesehatan ikan bisa ditandai dengan agresifitas beserta bentuk fisik ikan yang tidak dalam keadaan cacat.

Baca Juga: Ide Bisnis Mendirikan Warkop Wifi Sederhana

4. Pakan Ikan

Persediaan pakan ikan memang menjadi hal yang penting untuk petani minapadi, karena dalam hal ini mebutuhkan biaya dan kuantitas yang cukup banyak. 

Banyak petani minapadi dalam menyediakan pakan ikan bekerja sama dengan toko pakan dan sejenisnya. Jika memang mempunyai cukup modal bisa membayar langsung dalam pembelian pakan 

namun jika tidak banyak yang diberi kerjasama dengan penyedia pakan,  yakni dengan sistem kerjasama dan bayar setelah masa panen. 

Selanjutanya dalam hal perawatan budidaya minapadi ini bisa dilakukan seperti biasa memastikan ketersediaan air. 

Untuk air yang bagus adalah tidak melebihi keinggian pangkal kaki padi yakni sekitar 15 cm. Hal ini berfungi untuk menjaga daya tumbuh padi dan juga agar ikan tetap bisa berada di sela-sela padi mencari makan plankton-plankton yang ada. 

Perawatan penting selanjutnya adalah pemberian pakan secara rutin 1 hari minimal 2 hingga 3 kali. jika ingin menghemat pakan hasil beli

petani biasanya juga memberikan pakan-pakan dari hewan dan tumbuhan alami lainnya. 

Biasanya budidaya minapadi ini akan panen 3 bulan sekali sesaat sebelum panen padi berlangsung. 

Banyak yang bilang dengan teknologi mina padi ini hasil panen mereka meningkat drastis dan juga mendapatkan keuntungan dari ikan itu sendiri. 

Namun tidak banyak yang bisa menjalanakannya karena petani terkendala modal baik modal ikan maupun pakan. Demikian materi kali ini mengenai panduan atau gambaran mengenai budidaya ikan mina padi. 

Semoga bisa menambah pengetahuan dan juga bermanfaat untuk anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Budidaya Mina Padi dan Iklan Nila dengan Hasil Melimpah"