Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Tips Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Untuk Pemula

Tips Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Untuk Pemula. Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang cukup populer yang hidup di air tawar. 

Ikan hias yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar di indonesia, karena keunikannya, ikan ini jika sudah besar harganya bisa lebih mahal dari satu buah sepeda motor, karena harganya bisa mencapai 10 juta lebih.

Tips Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Untuk Pemula

Dengan pasaran harga ikan arwana yang menggiurkan tadi, maka peluang bisnis sebenarnya sangat terbuka lebar untuk anda. 

Namun kenapa ikan jenis ini juga tidak banyak yang punya karena tidak banyak orang yang bisa merawat ikan jenis ini. Dengan harga yang relatif mahal dengan cara perawatan yang lebih khusus, maka tidak banyak yang bisa mengembangkannya. 

Kali ini saya akan berbagi beberapa tips ringan yang mungkin bermanfaat untuk anda yang ingin budidaya ikan arwana dirumah.

Tips Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Untuk Pemula

Tips Budidaya Ikan Arwna Betina Dan Ikan Arwana Jantan

1. Alat dan Kelengkapan

Untuk dalam hal persiapan alat anda bisa menyiapkan beberapa buah akuarium, misalkan saja 5 buah akuarium dengan aneka perlengkapan nya seperti water filter, heater, aerator, dan lighting for fish

Pastikan semua alat tersebut berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Ide Bisnis Ternak Modal 1 juta

2. Memilih Jenis Ikan Yang Baik

Untuk memilih jenis Ikan Arwana yang baik, anda bisa mempertimbangkan jenis yang banyak disukai dan bisa mendapatkan banyak untung. 

Jenis ikan arwana sendiri memang banyak sekali ragamnya dan anda mungkin bisa memilih jenis arwana super red. 

Karena jenis ikan ini bisa memberikan keuntungah yang cukup besar, memang benihnya agak mahal sekitar 1 jutaan, tapi harga jualnya saat dewasa cukup tinggi hingga 7 jutaan. 

Bukankah rentang harga yang sangat bagus bukan. Untuk jenis ikan yang banyak peminatnya seperti ikan arwana super red, anda bisa lebih cepat mnejualnya karena banyak sekali peminatnya. 

Bahkan banyak yang mencari sebelum anda menawarkannya. 

Memang yang menjadi kendala jika modal anda dibawah itu dan tidak mendapatkan ikan jenis arwana super red, maka anda bisa memilih ikan jenis arwana lain yang sekiranya bisa memberikan rentang keuntungan yang lumayan bagi anda.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Gurame 

3. Ciri Ikan Arwana Yang Siap Dijadikan Indukan

Jika anda ingin melakukan budidaya dengan menghasilkan benih ikan baru, maka pemilihan indukan yang bagus akan sangat menentukan bagi anda.  

Apalagi jika anda bisa bermodal lebih besar dengan mendapatkan indukan jenis arwana red super yang unggul sebenarnya kedepannya anda akan tetap mendapatkan keuntungan lebih apabila bisa menghasilkan benih. 

Biasanya Arowana fish yang siap untuk menjadi indukan adalah ikan arawana yang memiliki umur diatas 4 tahun, bahkan sebagian lagi 5 tahun baru bisa menjadi indukan. 

Jadi pastikan untuk memilh arwana berumur untuk menjadi indukan, Selanjutnya untuk mengetahui ikan arwana jenis betina

anda bisa melihat pada jenis atau bentuk tubuhnya. Ikan arwana betina cenderung lebih kecil pada bentuk kepala dan tubuhnya.

4. Teknis Pelaksanaan Budidaya Ikan Arwana

Yang pertama pisahkan terlebih dahulu ikan arwana yang ingin anda jadikan indukan tadi, karena anda harus memberikan jenis pakan yang lebih daripada ikan yang bukan indukan. 

Langkah selanutny adalah mencocokkan antara ikan arwana jantan dan ikan arwana betina, caranya tempatkan keduanya dalam satu akuarium dan lihat reaksinya

jika kedua ikan tersebut saling berenang bersamaan itu ada kemungkinan kedua ikan tersebut cocok. 

Cirinya adalah 2 ikan tersebut berenangnya saling mengikuti atau berdampingan. Jika anda sudah menemukan pasangan indukan tersebut

selanjutnya tinggal pantau saja dan pastikan untuk kedua ikan yang memiliki ciri-ciri kecocokan tersebut untuk tidak dipisahkan. Tunggu saja sampai indukan tersebut menghasilkan benih arwana baru.

Baca Juga: Tips Ternak Ikan Cupang

5. Pemeliharaan Benih Arwana Baru

Setelah berhasil mendapatkan benih arwana yang baru lahir anda harus segera memisahkannya dengan indukan, karena jika tidak benih tadi bisa dimakan. 

Benih arwana yang baru biasanya berukuran kecil skitar 1cm. Untuk perkembangbiakannya anda bisa memberikan pakan yang lebih lembut seperti cacing pita. 

Didalam melakukan pemeliharaan benih ikan arwana ini, anda bisa melakukan penjemuran setiap harinya dipagi hari, waktu aga terik sedikit, namun juga jangan terlalu lama

hal ini akan menjadikan benih arwana tadi memiliki warna yang masksimal sesuai dengan corak awal yang mereka miliki. 

Biasanya benih ikan arwana yang baru tadi akan kelihatan warna maksimalnya setelah memiliki panjang sekitar 24 cm sampai dengan 45cm. 

Sampai disini berarti anda sudah bisa dalam hal budidaya ikan arwana dirumah, intinya hanya bisa memisahkan indukan lalu bisa mengetahui ciri-ciri ikan mana yang siap melahirkan benih baru. 

Jika berhasil membuat benih baru itu artinya anda sudah berhasil mendapatkan keuntungan. 

Sebenarnya tidak harus melahirkan benih barupun yang tadinya membesarkan ikan arwana yang bukan indukan pun juga bisa dapat banyak keuntungan. 

Demikian mengenai tips sederhana bagaimana cara budidaya ikan arwana dirumah dengan akuarium, semoga bisa memberikan manfaat dan Salam hangat dari kami Blog Ragam Bisnis. Terima Kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Tips Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Untuk Pemula"