Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Sukses Bisnis Kelontong

Memiliki warung atau toko kelontong yang laris manis merupakan impian bagi setiap wirausahawan kelontong. Namun nyatanya tidak semua kelontong bisa sukses dan bertahan lama. Penyebabnya bisa banyak hal, secara garis besar pada kualitas, harga dan ragam jenis yang dijual. 

Sebenarnya bisnis toko kelontong adalah bisnis yang tak lekang oleh waktu, karena menyediakan banyak sekali barang-barang yang sekali pakai dan beli lagi dan beli lagi.
Cara Sukses Bisnis Kelontong

Cara agar sukses dalam menjalankan bisnis toko kelontong

Jika anda ingin memulai bisnis toko kelontong, anda harus menpunyai ilmunya dengan baik agar anda tidak merugi dan dapat hasil yang maksimal. 

Berikut adalah beberapa kiat sukses yang mungkin bisa anda coba  dan pertimbangkan.

1. Pasokan Barang Yang Murah

Bisnis Kelontong merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang dapat di jadikan sebagai pekerjaan pokok sebab bisnis kelontong akan mendapatkan hasil maksimal jika di kelolah keuanganya dengan baik

oleh karena itu anda harus menyiapkan barang dengan kualitas yang bagus namun memiliki harga yang lebih murah akan menjadikan barang tersebut lebih mudah laku. 

Makanya jika anda mau berbisnis toko kelontong, usahakan untuk survey harga terlebih dahulu dan mengambil barang dari agent yang atas. 

Biasanya ada agen, sun agen dan toko kelontong besar juga melayani jadi pemasok barang, namun tingkatan harganya pasti beda-beda. Anda harus berusaha untuk mendapatkan harga terbaik di sekitar anda.

2. Lokasi Usaha

Conventional Store adalah toko yang melayani orang-orang disekitar toko anda, jika disekitar toko anda tidak ada penduduk, lalu siapa yang mau beli?  Jadi usahakan untuk memilih lokasi atau ruko yang letaknya strategis mudah dijangkau banyak orang. 

Biasanya ruko yang letaknya strategis memang mahal, jadi anda bisa memilih opsi kedua jika tidak memungkinkan yaitu lokasi ditengah penduduk yang masih bisa dijangkau oleh orang-orang sekitar. 

Anda bisa menggunakan metode lain untuk menarik pelanggan yang saya bahas di point-point yang lain.

Baca Juga: 12 pilihan Bisnis Rumahan

3. Kelengkapan Barang

Jika anda berniat membeli sesuatu ke warung, namun di warung tersebut ternyata barangnya tidak ada, anda pasti kecewa bukan. 

Jadi pastikan anda mempunyai sebagian besar kebutuhan sehari-hari orang-orang di sekitar anda. Dengan mempunyai barang yang lengkap anda juga bisa meningkatkan penjualan toko anda. 

Jika anda masih pemula memang agak susah untuk langsung mempunyai barang yang lengkap apabila modal tidak kuat. 

Solusinya adalah ketika anda mendapatkan keuntungan mulai perbanyak jenis item yang beda-beda.

Tips lain mengenai kelengkapan barang, anda coba sedikit survey dengan toko kelontong yang lain, dan anda bisa menyediakan barang-barang yang tidak banyak dijual. Meskipun barang-barang yang jarang dijual itu biasanya jarang dibutuhkan, tapi itu sangat bagus sebagai ciri toko anda adalah toko yang lengkap

4. Pengambilan Untung

Mau untung banyak tapi jarang laku atau untung sedikit laku keras? Begitulah prinsip para wirausahawan Conventional Store China yang pada sukses di Indonesia. 

Kenapa mereka bisa laris dan sukses, karena mereka mengambil untung sangat sedikit dengan tujuan menarik banyak pelanggan. 

Metode ini cukup ampuh, banyak fakta meskipun di dekat rumah ada toko kelontong tapi jika dalam 2 gang lagi ada yang lebih murah pasti mereka akan sering ke toko yang jauh tadi.

Baca Juga: Usaha Rumahan cuci Mobil dan Motor

5. Pelayanan Yang Baik

Buat semua yang datang ke toko anda merasa nyaman. Buatlah kesan bersahabat dengan mereka semua, apalagi mereka adalah orang-orang yang sering anda temui sehari-hari. Semakin anda memiliki hubungan baik dengan para pelanggan, mereka tidak akan beli barang di tempat lain. 

Pelayanan yang baik didalamnya termasuk memberikan barang-barang dengan kualitas yang baik. 

Misalkan saja ada barang-barang yang hampir expired atau makanan yang robek dan sejenisnya, lebih baik anda menyingkirkan dan tidak menjualnya, karena itu bisa mengecewakan pelanggan anda.

6. Aktif Dalam Masyarakat

Meskipun sebenarnya tidak ada kewajiban untuk aktif dalam kemasyarakatan, nyatanya orang yang aktif di masyarakat lebih disenangi oleh orang-orang sekitar. Imbasnya jika anda memiliki toko kelontong mereka akan dengan senang hati akan berbelanja di tempat anda setiap mereka membutuhkan sesuatu. 

Anda bisa melakukan dan membangun interaksi yang baik dengan orang-orang disekitar anda agar mereka semua nyaman dengan anda, dengan begitu akan berimbas juga dengan usaha anda

7. Mendukung Dengan Penghasilan Lain

Jika anda masih awal merintis toko kelontong mungkin hasilnya tidaklah seberapa. Makanya anda harus kreatif dan usahakan untuk menambah sumber penghasilan anda. 

Bisa dengan memanfaatkan toko anda sambil berjualan es, mie rebus, atau anda juga bisa sambil menjalin bisnis lain. 

Selain itu anda bisa memanfaatkan waktu senggang anda untuk berbisnis online misalnya, dengan begitu anda tidak akan kesusahan jika memiliki banyak sumber penghasilan.

Baca Juga: 11 Ide Usaha Rumahan Update 2020

8. Jangan Main Curang

Jangan pernah curang jika anda mengeluti toko konvensional seperti usaha kelontong. Sebenarnya dalam usaha apapun kita tidak boleh curang, artinya tidak boleh melakukan hal-hal yang bertujuan membuat toko orang lain sepi. 

Karena ujung-ujungnya kita sendiri yang rugi, karena semua kecurangan pada akhirnya tidak akan menang. 

Jadi lakukanlah sebuah persaingan yang sportif dan juga sehat, bersainglah dalam strategi dan jangan sampai menggunakan hoax atau hal-hal yang jelek untuk menjatuhkan saingan anda. 

Demikian adalah beberapa tips mengenai cara agar sukses berbisnis kelontong yang bisa anda pertimbangkan dan anda jalankan, dan semoga bisa memberikan manfaat untuk anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima Kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Sukses Bisnis Kelontong"