Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Bisnis Waralaba, Pengertian, Contoh dan Cara Menjalankannya

Bisnis Waralaba, Pengertian, Contoh dan Cara Menjalankannya. Jika anda mengingikan mempunyai sebuah bisnis namun mentok dalam ide, kemudian tidak ingin terlalu lama memperkuat brand image anda sendiri, 

anda bisa memilih opsi franchise business. Dengan franchise system anda tidak perlu lagi membangun sebuah brand image dari nol. 

Kelebihannya adalah anda lebih cepat dikenal pasar, namun kekurangannya anda harus mensinkronkan peraturan dengan perusahaan yang anda jalin waralaba.

Bisnis Waralaba, Pengertian, Contoh dan Cara Menjalankannya

Apa Itu Waralaba atau Franchise?

Waralaba adalah sebuah bisnis yang cocok untuk anda yang ingin lebih cepat mendapatkan hasil tanpa harus merancang metode bisnis seperti apa yang perlu anda fikirkan. Dengan kata lain

anda sudah bisa memiliki cabang usaha dari sebuah brand ternama dengan bekerja sama dan membayar sejumlah uang yang ditentukan. 

Tentunya akan lebih mudah untuk anda menjalankan bisnis yang sudah mempunyai nama, karena bisnis tersebut sudah memiliki cukup banyak pelanggan. Kemudian anda tinggal bagaimana mengembangkan cabang yang anda kelola tadi.

Tips Memulai Waralaba Yang Tepat Untuk Anda.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menjalankan bisnis franchise ini, karena jika anda salah memilih anda akan mengalami kesulitan dan bahkan kerugian dalam finansial. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :

1. Sesuai Dengan Pashion Anda

Yang pertama yang anda harus fikirkan adalah sesuai dengan pashion anda, mulai dari keahlian anda maupun minat anda terhadap jenis bisnis tersebut. 

Dengan begitu anda akan menjalankan bisnis tersebut dengan maksimal dan lebih berhasil. 

Anda juga bisa menambah pengetahuan dan strategi marketing untuk bisnis tersebut, karena dalam hal ini anda cuma perlu push penjualan sudah tidak memikirkan brand image dari awal lagi.

Lihat Juga: 7 Sumber Penghasilan Seorang Trader Forex

2. Memiliki Prospek Bagus

Yang kedua untuk tips menjalankan waralaba yang tepat adalah anda harus memperkirakan waralaba yang anda pilih tersebut mempunyai prospek yang bagus. 

Hal-hal yang mendukung prospek yang bagus adalah banyak peminat, banyak penilaian positif terhadap waralaba tersebut dan selain itu jenis bisnis tersebut mampu bertahan lama dipasaran, artinya gak cuma lagi trend musiman saja.

3. Lebih Cepat Mendatangkan Keuntungan

Pada tips yang ketiga ini pada dasarnya hampir mirip dengan tips yang kedua bedanya adalah jangka panjang dan jangka pendek. 

Jadi pertimbangkan juga jenis waralaba yang ketika anda membukanya langsung bisa mendatangkan keuntungan. Tentunya hal ini akan terwujud apabila didukung dengan tips pada point-point lainnya.

4. Sesuaikan Dengan Modal Anda

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyesuaikannya dengan modal yang anda punya. Meskipun brand sudah terbentuk dan terkenal pasti ada resiko yang akan diterima

misalnya saja lebih lama untung atau bisa jadi perusahaan tersebut tutup. Jadi anda tidak perlu memaksakan diri untuk jenis franchise yang tidak sesuai dengan modal yang anda miliki

5. Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Se terkenal apapun waralaba yang anda jalankan jika lokasinya tidak tepat pastinya akan menjadikan usaha usaha tersebut lambat berkembang. 

Jadi usahakan untuk memilih lokasi yang strategis dan juga bisa memberikan anda kemudahan dalam promosi.

6. Pilih Yang Sistem Kerjasamanya Cocok Dengan Anda

Perhatikan aturan dari si pemberi waralaba dan pilihlah waralaba yang sesuai aturannya dengan pola pemikiran anda. 

Dengan begitu anda akan lebih mudah menjalankan waralaba tersebut.

7. Meningkatkan Strategi Pemasaran

Seperti yang saya bilang diatas, mengenai konsep usaha dan juga sistem didalamnya semua sudah tersedia, selain itu brand juga sudah terbentuk. 

Tugas anda selanjutnya adalah bagaimana caranya memaksimalkan pengunjung atau pembeli dengan strategi promosi yang anda miliki 

Contoh Perusahaan Yang Membuka Waralaba  Bisnis waralaba ini sangat beraneka ragam, mulai dari waralaba dengan nominal kecil sekitar 5 jt an, diatas 10 jt an hingga ratusan juta

Jadi anda bisa memilih waralaba yang sesuai dengan kondisi anda. Berikut adalah bebepa usaha atau perusahaan yang membuka sistem waralaba. 

1. Waralaba Modal Kecil

Dan Bisa Berdampingan Dengan Jajanan Biasanya dibuka oleh para pengusahan mandiri, kadang dipelopori oleh perorangan yang punya modal cukup besar menyediakan brand dan merekrut orang-orang yang mau berwaralaba. 

Contoh waralaba jenis ini antara lain :
  • Es Dawet
  • Cappucino Cincau
  • Teh Tong Jie
  • Es Bubble Tea
  • Es Sari Tebu
  • Kedai Kopi
  • Es Juice
  • Jasuke
  • Takoyaki
  • Fried Chiken
  • Kebab
  • Siomay
  • Jamur Crispy
  • Sosis Bakar
  • Donat Bakar
  • Seblak
  • Dan jenis-jenis usaha lainnya yg memiliki karakter yang sama

2. Waralaba Modal Menengah Keatas

  • KFC
  • Apotik K24
  • Indomart
  • Ayam Sabana
  • Dan perusahaan lainnya yang membuka sistem waralaba
Sampai sini saya kira cukup jelas bagaimana anda memahami apa itu waralaba, bagaimana cara kerjanya kemudian contoh-contoh perusahaannya

Intinya selama suatu perusahaan bersedia bekerja sama dengan anda untuk buka cabang

disitulah akan terjadi bisnis waralaba. Demikian artikel mengenai Bisnis Waralaba, Pengertian, Contoh dan Cara Menjalankannya

Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Bisnis Waralaba, Pengertian, Contoh dan Cara Menjalankannya"