Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Bisnis Sayur Online

ragambisnis.com - Ide bisnis Mendirikan Usaha Sayur Online. Sayuran merupakan jenis bahan makanan pokok yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mak dari itu setip harinya sayur akan dbutuhkan lagi dan lagi Kita kali ini akan membahas yang mamanya bisnis sayuran. 

Kalau anda pernah melihat tukang sayur, baik itu di pangkalan atau sedang keliling, itulah yang dinamakan bisnis sayuran. 

Selain itu ada juga trend sekarang yang namanya bisnis sayur online, yuk simak selengkapnya.

Bisnis Sayur Online

11 Langkah Memulai Bisnis Sayur Online Di Daerahmu

Kalau dilihat dari namanya, bisnis ini akan menjual sayur dengan cara online, sistem order lalu diantar kerumah. 

Lalu apa saja yang harus dilakukan, simak selangkapnya point-point berikut ini :

1. Mempunyai Modal

Untuk memulai sebuah usaha memang selalu harus ada modal, baik itu modal uang atau alat atau bahkan modal tenaga juga bisa. 

Alangkah lebih baik jika anda memiliki modal sendiri yang cukup karena bisnis sayur ini membutuhkan menu sayur yang lengkap agar lebih mudah mendapatkan pelanggan. 

Modal yang selanjutnya adalah alat, berupa alat transportasi jika menggunakan cara kirim langsung sendiri dan juga alat pendingin untuk menyimpan sayur agak tidak cepat membusuk.

2. Pasokan Sayur

Yang kedua yang harus diperhatikan adalah dari mana sayur tersebut? Akan lebih bagus jika anda mendapatkan sayur-sayur yang masih segar yang baru turun gunung atau baru datang ke pasaran, hal itu akan sangat menentukan. 

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah harganya, usahakan anda bisa mendapatkan harga pedagang dan pastikan lebih murah dari penjualan di pasaran.

Baca Juga: Berjuta Manfaat Yang Akan Didapatkan Dengan Bisnis Online

3. Survey Harga

Yang ketiga dalam memulai bisnis sayur online adalah melakukan survey harga, jadi jangan sampai harga yang anda jual ada yang melebihi harga pasaran

beda sedikit saja biasanya akan terlihat karena pangsa pasar yang anda targetkan adalah ibu-ibu mereka selalu membandingkan harga

4. Menentukan Area Pasar

Langkah selanjutnya adalah anda menentukan area pasar penjualan anda. Bagusnya jika anda bisa menargetkan area pasar yang penduduknya padat dan anda bisa menjaring satu tempat tersebut, maka akan lebih efektif dan efisien. 

Pelajari juga tentang kompetitor di area pasar tersebut, meskipun tidak ada larangan untuk berjualan dimanapun, tapi kenyataannya untuk mendapatkan izin dari yang lebih senior masih berlaku di masyarakat

Baca Juga: Ide Bisnis Pertanian yang Paling Menguntungkan

5. Menentukan Sistem Pemesanan

Langkah selanjutnya dalam menjalankan bisnis online adalah menentukan sistem pemesanan dari konsumen kepada anda, apakah anda akan membuat sebuah grup wa, Facebook seperti Fb Ads, atau yang lainnya, atau anda akan membuat Website atau yang lainnya. Lalu setelah itu anda tentukan jam pemesanannya. 

Alangkah lebih baik jika pemesanan adalah bentuk pre order, jadi sebelum anda berangkat atau mendapatkan pasokan sayur, anda sudah mendapatkan list yang siap diantar langsung setelah itu.

6. Menentukan Sistem Pengiriman

Anda bisa menentukan juga sistem pengirimannya, apakah anda akan menggunakan jasa orang lain atau anda antar sendiri. 

Jika masih merintis usahakan anda bisa mengirim sendiri atau kerjasama dengan orang lain yang siap menjalani masa merintis anda, jadi anda tidak akan terbebani dengan biaya kirim nantinya. 

Anda juga bisa memakai jasa ojek online, dan juga tentukan dengan pelanggan anda, yang nantinya terkena biaya ongkir siapa.

7. Membuat Sebuah Website atau aplikasi

Alangkah lebih baik jika anda bisa membuat sebuah Website atau aplikasi, selain untuk melakukan sebuah pemesanan, Website atau aplikasi juga bisa memberikan banyak informasi kepada pelanggan-pelanggan anda. 

Selain itu juga jika anda mempunyai website atau aplikasi, dalam program lanjut, usaha anda bisa dikembangkan dengan menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

8. Berpartner dengan aplikasi atau website lain

Jika anda tidak mau atau tidak bisa membuat aplikasi sendiri anda bisa beli atau berpartner dengan aplikasi lain dengan tema yang sama

anda bisa juga mendaftar pada Grab atau Gojek dalam hal dilivery sekaligus display nya

9. Melakukan Promosi

Selanjutnya jika anda sudah siap untuk mulai jalan usahanya, jangan lupa untuk melakukan sebuah promosi, yang namanya bisnis atau penjualan, kalau tidak di promosikan tidak akan ada yang tahu dan tidak cepat berkembang. 

Lakukanlah promosi pada target yang tepat, misalkan saja pada perkumpulan ibu-ibu dan orang-orang yang memungkinkan membeli sayuran dari anda secara online. 

Selain itu anda bisa juga melakukan promosi dengan banyak cara lainnya, mulai dari sosial media hingga iklan-iklan.

10. Membangun Komunitas

Setiap pelanggan yang berhasil anda jaring anda harus memasukkannya dalam komunitas bisnis anda, dengan begitu anda bisa merawat omset anda kedepannya

karena jika mereka masih berada pada komunitas anda, kemungkinan besar masih akan membeli lagi kepada anda.

Baca Juga: Bisnis Modal Kecil Yang Dapat Dilakukan Dirumah

11. Melakukan Evaluasi dan Upgrade Kualitas dan Pelayanan

Langkah yang terakhir jika anda sudah mulai jalan usahanya anda harus melakukan evaluasi secara berkala dari mulai jangka pendek. Lakukan evaluasi dan jika ada kekurangan segera perbaiki atau segera lakukan upgrade pada usaha anda. 

Jika ada ditemukan kurang baik segera perbaiki, jika ada ditemukan ada yang kurang segera dilengkapi. 

Dalam menjalankan sebuah bisnis tidak ada yang instan langsung berhasil, pastinya anda harus memiliki yang namanya ketekunan atau konsistensi pada usaha yang anda bangun. 

Selain itu yang tak kalah penting adalah pelayanan yang anda berikan harus anda jaga dengan baik, karena dengan begitu anda sama saja merawat pelanggan dan juga usaha anda. 

Demikian mengenai 11 langkah memulai bisnis sayur online, mudah-mudahan bisa menjadikan refrensi dan manfaat bagi anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima Kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Bisnis Sayur Online"