Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Waspada Penipuan Toko Online dengan Sistem Reseller Dropship

Semakin banyaknya tawaran kemudian untuk berbisnis secara online, tentu saja semua orang semakin tergiur untuk menekuninya. Apalagi dengan adanya sistem reseller dropship yang kerap kali ditawarkan oleh beberapa platform maupun toko online.

Sistem tersebut memang cenderung lebih mudah diterapkan dan tidak membutuhkan modal besar, sehingga banyak orang tergiur menjalankannya. 

Namun ternyata, sistem bisnis reseller dropship sangat rawan menjadi titik penipuan.

Apakah benar demikian

Tentu saja, sejauh ini sudah banyak ditemukan berbagai platform maupun toko online yang terciduk menjadi penipu dengan menerapkan sistem tersebut. 

Oleh karenanya, bagi yang berminat menjalankan bisnis bersistem reseller dropship

Toko Online

Sebaiknya lebih mawas diri dengan memperhatikan ulasan di bawah ini:

1. Telusuri Alamat Lengkapnya

Sebelum mendaftarkan diri menjadi reseller dropship di salah satu toko online, ada baiknya terlebih dahulu menelusuri alamat lengkapnya. 

Mengapa

Pasalnya, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila tercium indikasi penipuan.

Cara menelusuri alamat tersebut bisa dilakukan dengan cara mencarinya di google map atau menanyakan kepada kerabat dekat. 

Apabila tidak memiliki kerabat dekat, bisa juga dengan membaca setiap ulasan di website toko online tersebut.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis Online Agar Tidak Gulung Tikar

2. Pastikan Terdapat Nomor Telepon Aktif

Apakah dengan menelusuri alamat lengkap dari toko online tersebut bisa menjamin kepercayaannya? Tentu saja tidak. Pasalnya, toko online yang menipu kerap kali mengganti nomor teleponnya untuk beberapa calon member baru.

Sehingga ada baiknya jika mencoba menghubungi pihak toko online tersebut dengan nomor lain di lain waktu. 

Apabila nomor telepon yang diberikan oleh pihak olshop berbeda, maka sudah dapat dipastikan tercium indikasi penipuan dan sebaiknya jangan melanjutkan sistem bisnis tersebut.

3. Tidak Menetapkan Syarat yang Terlalu Rumit

Toko online yang memang benar-benar terpercaya pasti tidak akan menetapkan syarat yang terlalu rumit. Seperti halnya toko online Elzatta, Rabbani dan masih banyak lagi. Bahkan setiap member baru tidak diharuskan membayar biaya pendaftaran.

Toko online yang menipu biasanya akan meminta biaya pendaftaran di awal dan menjanjikan berbagai benefit saat telah bergabung. 

Meskipun pada mulanya benefit tersebut benar-benar diberikan namun lama kelamaan pasti ada saja caranya untuk memikat member agar mengeluarkan uang lebih banyak.

4. Harga yang Ditawarkan Masuk Akal

Selama ini orang tidak menyadari bahwa toko online yang menawarkan sistem reseller dropship cenderung memberikan harga yang tidak masuk akal. 

Seperti misalnya harga yang amat murah daripada toko lain, atau bahkan terlalu mahal namun dengan jaminan kualitas.

Apabila sudah demikian, maka sebaiknya jangan dilanjutkan, karena bisa jadi hal tersebut memikat member agar membeli barang dalam jumlah banyak. 

Apabila uang sudah ditransfer maka ujungnya barang tidak akan pernah sampai ke alamat tujuan.

5. Tidak Terus Menerus Menawarkan Promo

Perlu diketahui juga bahwa biasanya toko online penipu akan menawarkan promo secara terus menerus. 

Upaya tersebut dilakukan demi menarik minat reseller dropship untuk berbelanja dalam jumlah banyak. 

Apabila sudah demikian, maka bisa jadi barang tidak akan dikirimkan, sebaliknya saat ini marak terjadi juga pembeli penipu yang patut untuk di waspadai agar tidak ada korban yang merasa di rugikan

Promo yang ditawarkan tentu saja sangat beragam, biasanya berupa satu gratis satu, gratis ongkos kirim dan masih banyak lagi. Ada juga yang memang sengaja mengirimkan barang satu sampai tiga kali order, namun untuk orderan berikutnya barang tidak pernah sampai.

6. Amati Jasa Kirim yang Digunakan

Apabila sudah terlanjur mendaftar dengan sistem reseller dropship maka hal yang bisa sedini mungkin dilakukan adalan mengamati jasa kirim yang digunakan. 

Pasalnya, sekarang ini sudah banyak toko online penipu yang berusaha menanamkan kepercayaan kepada pelanggan dengan mengirimkan barang saat satu sampai tiga kali order.

Olehnya, dalam jangka waktu itu usahakan untuk mengamati jasa kirim yang digunakan. Apabila pihak toko online tidak konsisten mengirim dengan satu ekspedisi

maka kemungkinan besar terdapat indikasi penipuan. Apalagi saat ini semua hal bisa dimanipulasi termasuk resi pengiriman.

Baca Juga: Gunakan website sebagai media promosi bisnis online

7. Tracking Nomor Rekening

Cara terakhir adalah dengan mengecek nomor rekening dari toko online tersebut. Maka kemudian, dari sana nanti akan diketahui apakah nomor rekening tersebut sering digunakana untuk bertransaksi atau sebaliknya. Jika sebaliknya maka sebaiknya segera melaporkannya sebelum uang hilang.

Biasanya juga toko online yang menipu akan memberikan nomor rekening dengan atas nama berbeda kepada setiap member baru. 

Tujuannya adalah untuk menghindari kecurigaan dari pihak bank apalagi jika ada yang melaporkan hingga membekukan nomor rekening tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa ditinjau sebelum benar-benar mengeluarkan biaya besar untuk menjalankan bisnis menggunakan sistem reseller dropship. 

Baiknya dari pada beresiko lebih baik mendaftar saja di berbagai platform terpercaya yang saat ini banyak ditawarkan. 

Sehingga uang yang seharusnya bisa digunakan untuk modal lebih lanjut, tidak kandas begitu saja, sekian. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

4 comments for " Waspada Penipuan Toko Online dengan Sistem Reseller Dropship"

Pena Biru✍️ January 28, 2021 at 12:09 PM Delete Comment
N I C E👌
Aleng Nrp January 28, 2021 at 7:24 PM Delete Comment
@Pena Biru
Thanks
adam August 4, 2021 at 9:44 PM Delete Comment
terima kasih info nya jadi bisa lebih hati2
Aleng Nrp August 7, 2021 at 11:12 AM Delete Comment
@adam
Sama2..
kami senang postingan tentang Waspada penipu toko online dengan sistem reseller dropship ini bisa memberikan info kepada anda.