Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Tips Memilih Influencer Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Agar Cepat Clossing

Tips Memilih Influencer Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Agar Cepat Clossing Punya bisnis namun masih sepi pembeli? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan jasa seorang influencer untuk meningkatkan sales traffic. Namun tentu saja harus tetap memperhatikan tips memilih influencer sebagai upaya strategi pemasaran dan cepat clossing.

Apalagi Indonesia sebagai negara berkembang yang sebagian besar masyarakatnya cenderung gemar mengakses sosial media. Adanya fenomena tersebut akan sangat berdampak baik apabila bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis

guna memperlaris dagangan. Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak muncul berbagai aplikasi untuk mendukung popularitas. Baik yang berasal dari kalangan awam maupun public figure yang berlomba menjadi inflluencer.


Tips Memilih Influencer

Apabila Anda berminat menggunakan jasa seorang influencer sebagai strategi bisnis, alangkah lebih baik untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Lihat Jumlah Followers

Strategi pemasaran dengan menggunakan jasa influencer akan membuahkan hasil apabila Anda terlebih dahulu melihat jumlah followers influencer tersebut. Mengapa? pasalnya, hal ini nantinya akan mempengaruhi jumlah audience yang akan melihat produk maupun jasa Anda.

Sekarang ini untuk mendapatkan seorang ifluencer tidak lagi sulit, pasalnya dunia sosial media sudah semakin merebak. Selain itu juga, Anda harus cermat dalam memastikan apakah followers yang dimiliki oleh influencer tersebut akun aktif atau malah lebih banyak akun pasifnya.

2. Perhatikan Persentase Engagement

Tahukah Anda bahwa hubungan antara influencer dengan apra followersnya ternyata dapat mempengaruhi penjualan suatu produk? Tentu saja sangat berpengaruh, pasalnya followers yang cenderung menyukai segala hal yang berkaitan dengan influencer tersebut pasti akan turut dicari.

Berbeda halnya apabila influencer kurang baik dalam komunikasi terhadap followersnya. Pasti, sebagian besar dari followers tersebut hanya berperan sebagai viewers tanpa pernah tertarik untuk memiliki benda atau bahkan meniru gaya konsumsinya. 

Apabila sudah demikian, maka percuma saja Anda menjalin kerjasama dengan influencer tersebut karena bisa jadi menimbulkan kerugian.

3. Ketahui Berbagai Sosial Media yang Dimiliki

Strategi pemasaran untuk memajukan bisnis Anda juga sangat ditentukan dengan berbagai sosial media yang digunakan oleh influencer. 

Pastikan influencer yang Anda jadikan talent promosi up to date terhadap sosial media yang saat ini banyak digandrungi masyarakat. Oleh karena itu, sudah sehendaknnya Anda mencari influncer yang mampu membawa pengaruh terhadap followersnya. 

Tidak hanya itu, Anda juga harus cermat perihal membuat rangakaian pesan yang cocok sampai dikonsumsi masyarakat melalui media.

4. Perhatikan Relevansi Brand

Tips selanjutnya untuk memilih influencer yang cocok dijadikan talent sebagai upaya strategi pemasaran, yakni dengan memperhatikan relevansi brand. 

Untuk lebih mudahnya bisa diambil contoh sederhana yakni semisal Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang busana muslim. Maka, Anda harus mencari seorang influencer yang mengenakan hijab dan trend pakaiannya menarik namun tetap syar’i. 

Jangan sampai Anda salah dalam memilih influencer hanya karena mengejar banyaknya followers saja. Melainkan juga sangat perlu memperhatikan relevansi brand.

5. Pastikan Mengecek Riwayat Feed Influencer Tersebut

Hal yang juga tidak kalah penting ketika Anda mencari seorang influencer demi memajukan bisnis, maka pastikan mengecek riwayat feednya. 

Upaya ini bisa Anda lakukan dengan menstalk, kira-kira brand apa saja yang pernah menjalin kerjasama dengan influencer tersebut. Upaya ini harus Anda lakukan seteliti mungkin demi menghindari kerugian. 

Misalnya, sekalipunn followers dari influencer tersebut banyak, akan tetapi ternyata brand yang pernah diajak bekerjasama bukan brand terkenal. Sungguh sangat disayangkan, bukan? Apalagi jika terlanjur membayar mahal.

Baca Juga: 

6. Pilih yang Sesuai dengan Spesifikasi Bisnis

Berikutnya, setelah Anda selesai mengecek riwayat feed, maka tips selanjutnya adalah dengan memastikan influencer tersebut sesuai dengan spesifikasi bisnis Anda. 

Mengingat setiap influencer memiliki potensi tersendiri dalam memasarkan sebuah brand. Pengecekan dan penelusuran latar belakang dari influencer juga sangat dibutuhkan. 

Mengapa

karena hal tersebut sering kali mampu menjadi menjadi penentu apakah brand Anda berpotensi laku di pasaran, ataukah malah sebaliknya.

7. Ketahui Biaya Jasa yang Dibutuhkan

Tips terakhir untuk memilih influencer yakni dengan mencari tahu informasi seputar biaya jasa yang dibutuhkan. Jangan sampai terburu menentukan jadwal dan menyetujui perjanjian kontrak, namun akhirnya tidak sanggup membayar biaya jasa. 

Perlu diketahui juga bahwa biaya untuk masing-masing influencer jelas berbeda tergantung tingkat keteenarannya di media sosial maupun di ranah entertaint. Biasanya juga, semakin mahal biaya influencer maka semakin menjanjikan produk maupun brand Anda terkenal. 

Jika masih ragu, Anda juga bisa mediskusikannya terlebih dahulu bersama rekan kerja dan mempertimbangkannya matang-matang. Itulah tips memilih ifluncer sebagai strategi pemasaran agar cepat clossing. 

Pastikan mengetahuinya dengan benar dan jangan sampai terlewatkan sedikitpun. Mengapa? karena nantinya akan berpengaruh pada penjualan Anda. Semoga sukses dan lekas clossing, ya, sekian, Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Tips Memilih Influencer Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Agar Cepat Clossing"