Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Mengembangkan bisnis dengan sistem afiliasi

Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Sistem Afiliasi. Jika anda memiliki sebuah bisnis, dan anda menjalankannya dengan cara yang biasa-biasa saja, bisa jadi bisnis anda tidak akan cepat maju bahkan jauh ketinggalan dengan pesaing-pesaing anda. 

Anda harus memiliki strategi khusus dalam mengembangkan bisnis milik anda. Salah satunya adalah dengan afiliasi.

Mungkin sebagian besar dari anda sudah akrab dengan istilah yang satu ini, namun kebanyakan akan mengembangkan jaringan afiliasi milik orang lain, bukan membuat afiliasi dari bisnis milik sendiri. 

Tidak heran kalau pemilik bisnis yang kebanyakan diikuti afiliasinya oleh banyak orang dia menjadi semakin besar dan berkembang karena dipasarkan oleh banyak orang.

Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Sistem Afiliasi

Afiliasi adalah sebuah sistem pemasaran dengan cara berbagi pada jaringan yang anda buat. Meskipun afiliasi ini banyak yang menyangkutkannya dengan MLM atau Multilevel Marketing tapi tidak semua afiliasi menggunakan sistem tersebut. 

Kali ini saya akan membahas bagaimanakah caranya anda mengembangkan bisnis anda dengan sistem afiliasi, dalam hal ini anda membuat jaringan anda sendiri sehingga banyak orang ikut memasarkan bisnis anda.


Mengembangkan Bisnis Dengan Sistem Afiliasi

Berikut adalah beberapa hal dan langkah-langkah yang harus diperhatikan :

1. Memaksimalkan Nilai Guna atau Nilai Manfaat

Jika anda ingin banyak orang memasarkan bisnis atau produk yang anda jual, pastikan mempunyai nilai manfaat yang jelas. 

Seberapapun anda menawarkan prosentase bagi hasil nantinya, jika nilai manfaatnya kurang, maka akan jarang yang mau ikut memasarkannnya. Pelajari nilai manfaat dari produk atau bisnis yang anda jalankan dengan lebih luas dan mendalam.

Jika dirasa masih kurang, berarti anda harus mencoba menambahkan nilai manfaat yang lain pada bisnis anda. Jika nilai manfaat dari bisnis atau produk anda sudah menonjol dan mudah dipahami orang-orang, maka anda akan lebih mudah dalam menawarkan orang lain untuk ikut memasarkan bisnis anda.

Baca Juga: Ragam Bisnis Anak Muda di Desa Ternak ikan lele

2. Nilai Bagi Hasil/Komisi/Revenew

Anda harus memikirkan nilai komisi yang menarik agar ikut memasarkan bisnis yang anda jalankan. Dari sini anda harus memiliki hitungan yang matang. Cara menghitungnya adalah mengambil dari keuntungan bersih. 

Keuntungan bersih setiap produk harus anda ketahui sehingga anda bisa menentukan besaran komisi yang ingin anda tawarkan. Dalam hal ini memang anda akan mendapatkan sisa keuntungan yang sedikit dari segi nominal, tapi dari sisi lain penyebaran bisnis anda akan lebih cepat.

Selain itu juga meskipun nominal per unitya anda dapatnya sedikit, namun kalau kuantitas terjualnya banyak anda sama saja untung besar. Jika anda sudah menemukan besaran nilainya, anda bisa mulai menawarkan pada orang lain untuk ikut mengembangkan bisnis yang anda jalankan. 

Dengan dua hal ini yaitu nilai manfaat yang bagus dan juga menapatkan penawaran komisi yang menarik, ada kemungkinan orang mau untuk ikut menjadi afiliasi anda.

3. Memberikan Edukasi Marketing

Setelah anda menemukan orang-orang yang mau dan berniat memasarkan produk atau bisnis anda, jangan anda biarkan jalan begitu saja. Usahakan anda juga memberikan cara-cara agar mereka lebih mudah dalam menjalankannya. 

Misalkan saja anda mengajari bagaimana memilih calon pembeli yang tepat dengan produk tersebut, cara mempresentasikan produk tersebut hingga cara-cara closing nya.

Anda bisa standby untuk mereka yang mau ikut memasarkan bisnis anda selama 24 jam penuh. Bisa jadi mereka ada hal-hal yang harus ditanyakan kepada anda atau ada kendala yang membutuhkan anda, jadi disini anda harus support terhadap mereka.

4. Membuat Sebuah Komunitas Untuk Para Afiliator

Silahkan membuat sebuah grup entah itu di sosial media atau di whatssap bagi orang-orang yang sudah begabung dan ikut memasarkan bisnis anda. 

Dengan membuat sebuah grup anda akan lebih mudah untuk melakukan update kepada seluruh anggota di dalamnya. Semakin banyak anggota komunitas anda maka akan semakin lebih cepat juga pengembangam bisnis yang anda lakukan.

Baca Juga: 7 Bisnis Konvensional Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memulai

5. Mengadakan Kompetisi Untuk Reward Khusus

Selanjutnya yang gak kalah penting agar para afiliasi bersemangat dalam mengembangkan bisnis anda atau menjual produk-produk anda, anda bisa mengadakan sebuah kompetisi. 

Dalam hal ini anda harus perhitungkan dengan matang-matang antara reward dan keuntungan yang didapat. Banyak perusahaan yang menjadi besar dengan konsep ini, dan sampai sekarang pun banyak perusahaan yang sudah besar tetap menjlankan konsep afiliasi ini.

Hal itu dikarenakan lebih efektif dan efisien. Ibarat kata mengangkat sebuah batu besar, jika dilakukan sendirian pastinya sangat berat dan jika dilakukan banyak orang akan terasa lebih ringan. 

Jika anda tidak ingin melakukan sistem afilasi dalam bisnis anda, minimal konsep berbagi komisi tetap anda jalankan, misalkan ada teman yang merujuk orang lain beli di tempat anda, usahakan anda memberikan komisi kepada mereka

secara otomatis nanti akan ada banyak orang yang suka untuk ikut menjualkan produk anda. Demikian mengenai cara mengembangkan bisnis dengan sistem afiliasi. 

Mudah-mudahan bisa menjadi sebuah refrensi untuk anda dan bisa memberikan manfaat, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima Kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Mengembangkan bisnis dengan sistem afiliasi"