Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Food Dilivery Order Makanan Online Hal-Hal yang harus diperhatikan dalam Menjalankan Bisnis Makanan

Cara Mulai Bisnis Order Food Dilivery Order Makanan Online. Bisnis yang saat ini populer adalah dengan media online dan salah satunya adalah melakukan order makanan secara online. 

Sebenarnya cara ini sudah banyak gunakan oleh restoran besar sejak dulu kala, namun tepatnya di masa pandemi covid-19 ini cukup meningkat karena setiap orang mengurangi aktifitas diluar rumah mereka.

Order makanan online bisa sangat banyak jenisnya, mulai dari makanan pokok seperti nasi hingga cemilan pun bisa. Setiap anda juga bisa sebenarnya melakukan bisnis ini. 

Banyak kelebihan yang didapatkan dari order makanan secara online ini salah satunya adalah tidak perlu menyewa ruko atau tempat usaha, jadi anda bisa melakunnya hanya dari rumah saja.

Food Dilivery Order Makanan Online

6 Cara Memulai Bisnis Order Food Dilivery (Order Makanan Online)

Bisnis ini memiliki prospek yang bagus, yang namanya makanan akan terus habis dan terus dibutuhkan setiap hari, jika anda memiliki keahlian memasak atau membuat jenis makanan tertentu, maka peluang anda untuk sukses dalam bisnis ini sangatlah besar

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan jalankan dalam melakukan bisnis order food dilivery atau order makanan online ini. Hal-hal itu antara lain sebagai berikut :

1. Tentukan Jenis Makanan Sesuai Dengan Keahlian

Jika anda baru merintis kan gak mungkin juga anda menyewa orang untuk bekerja membuat makanan, kecuali anda siap resiko dan memiliki banyak modal. 

Namun jika anda sendiri atau bersama keluarga usahakan untuk menentukan menu andalan sesuai dengan keahlian anda. Jangan cuma ikut-ikutan menu orang lain yang anda tidak ahli hanya karena menu tersebut laris dipasaran.

Jika anda tidak ahli, meskipun menu yang laris bisa jadi lama-lama tidak laku karena rasanya yang kurang. 

Jadi sebelum melangkah lebih jauh tentukan menunya terlebih dahulu. Jika dilakukan terus  menerus juga akan lebih ceoat membangun brand image anda sendiri. 

Anda bisa lebih cepat dikenal jika menu khusus anda enak, anda bisa saja mendapat julukan tukang gudegenak, tukang pecel enak dan yang lainnya sesuai dengan pashion anda.

Baca Juga: Pentingnya TI dan Si dalam Bisnis di Era Globalisasi

2. Modal

Yang kedua tentunya adalah anda harus memikirkan modalnya.  Jika anda belum memiliki modal sih lebih baik kerja dulu sampai ada modal tenang, karena jika dengan modal pinjaman anda akan lebih beresiko jika usaha tidak jalan atau jalan namun lambat. 

Jadi untuk modal usahakan duit yang benar-benar tenang dan tidak dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Solusi lain jika anda belum memiliki modal yang cukup ya anda bisa menjadikan itu sebagai usaha sampingan terlebih dahulu, sambil anda bekerja sambil anda membangun bisnis ini. 

Jika anda melakukan ini sebagai sambilan usahakan memilih jenis makanan yang tidak mudah basi, karena waktu anda belum bisa maksimal untuk promosi dan penjualan.

3. Bahan

Selanjutnya jika anda sudah memiliki modal anda bisa mulai untuk memikirkan bahan-bahannya. Usahakan untuk membeli bahan-bahan fresh dan dapatkan harga yang murah. 

kualitas bahan akan menentukan makanan yang anda sajikan nanti, sedangkan harga bahan akan menentukan persaingan dipasaran. 

Untuk pembelian bahan usahakan juga secukupnya saja jika anda masih dalam proses merintis, bukan saya mengajarkan untuk pesimis kepada anda, namun untuk mengantisipasi jika lakunya lama dan malah membusuk.

Jangan pernah menggunakan bahan-bahan yang tidak seharusnya digunakan misalkan pengawet dan pewarna yang bukan untuk makanan demi anda mendapatkan keuntungan yang lebih, selain bisa merugikan orang lain yang memakannya, usaha anda juga tidak akan berkah dan tidak akan sukses.

Baca Juga: Kelebihan Skype Untuk Bisnis

4. Target Promosi

Setelah itu anda bisa menentukan area mana saja yang ingin anda jangkau, ini juga akan berpengaruh pada cara anda promosi serta perhitungan bahan. bugjet dan sistem pengiriman. 

Jadi setelah anda siap atau sebelum anda memulai anda bisa tentukan target promosi anda daerah mana saja.

5. Menentukan Produksi Cara Pesan Dan Dilivery

Anda haru memikirkan segala proses dalam usaha yang akan anda jalankan ini. Dimulai dari jadwal anda membuat makanan, seberapa banyak stocknya kemudian selanjutnya anda bisa memikirkan cara pesan dan juga penganataraannya. 

Untuk cara pemesanan jelas melalui online ya. Dan medianyapun banyak yang bisa anda gunakan

Lagi pula anda bisa mandiri dengan membuka website sendiri atau bergabung dengan perusahaan dilivery makanan seperti go food atau grab food, saran saya lakukan semuanya, artinya anda bisa membuka pemesanan melalui situs anda sendiri dan juga melalui perusahaan dilivery. 

Kemudian untuk pengantaran juga sama, anda bisa menggunakan jasa antar sendiri atau bergabung denga perusahaan dilibery food.

Baca Juga: Contoh Bisnis Modal Kecil

6. Lakukan Promosi

Selelah anda sudah menetukan hal-hal diatas, berarti anda bisa muiai. Kalau memang anda sudah ready mendapatkan pesanan yang selanjutnya adalah melakukan promosi. 

Gak mungkin kalau anda bisa sukses membangun usaha tanpa promosi diawal, karena orang-perlu tahu sebuah usaha baru. 

Dalam melakukan promosi ini ada banyak cara. Mulai dari yang gratis sperti media sosial milik sendiri dan bebayar sepeti google ada, intagram ads, dan yang lainnya.

Dengan program berbayar ini akan lebih efektif karena penargetannya tepat. Jika anda ingin bisnis anda cepat besar anda harus mengeluarkan biaya pada promosi anda biar maksimal. 

Yang terahkhir adalah tinggal bagaimana anda meningkatkan pernjualan dan menjaga kualitas agar prlanggan tetap setia dengan anda.

Sekilas memang sangat mudah, namun di dalam prosesnya nanti haru melewati banyak hal dan halangan. 

Demikian mengenai cara menjalankan bisnis order food diliver semoga bisa menambah refrensi anda dan juga bisa memberikan manfaat.
Terima Kasih "jangan comement"

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Food Dilivery Order Makanan Online Hal-Hal yang harus diperhatikan dalam Menjalankan Bisnis Makanan"