Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Saat ini begitu banyak sekolah yang mengkhususkan mencetak para generasi wirausahawan sukses. Salah satunya seperti jurusan bisnis daring dan pemasaran. Sebagian dari kita mungkin kurang mengetahui atau bahkan tidak mengerti. Sehingga untuk itu alangkah baiknya terlebih dahulu mengenal lebih jauh mengenai jurusan bisnis daring dan pemasaran.

Penjabaran Seputar Bisnis Daring dan Pemasaran

Sebuah kompetensi fokus jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang di dalamnya mempelajari keilmuan hingga praktik teknik pemasaran disebut dengan jurusan Bisnis daring dan pemasaran. 

Pembahasan tersebut juga mengulas tentang metode marketingnya melalui media internet.

Pihak kementrian pendidikan mulai meresmikan jruusan ini sebagai primadona di Sekolah Menengah Kejuruan, sebagai bentuk tanggap cerdas di era industri 4.0. 

Hal tersebut juga disetujui oleh pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan dijadikan sebagai pembelajaran inti pada kejuruan bisnis daring dan pemasaran.

Semenjak perubahan kurikulum pembelajaran dari KTSP menuju K-13, jurusan bisnis tersebut mulai diperkenalkan di SMK. Meski awalnya hanya fokus di bidang retail dan penjualan

namun seiring berjalannya waktu pihak kementrian mulai memasukkan kategori bisnis di lingkup media sosial.

Beberapa kalangan bahkan sempat meremehkan adanya pembentukan jurusan tersebut, namun seiring berjalannya waktu dan mendapati persaingan pasar maka kehadirannya mulai diterima. 

kenapa? 

karena dengan mempelajari materi bisnis pemasaran, tentu pola pikir setip orang akan terbuka lebar untuk menciptakan sebuah peluang bisnis kedepannya setelah menguasai beberapa materi yang ada dalam bisnis pemasaran dan para pelajar yang kelak ingin menjadi wirausahawan sukses sangat direkomendasikan untuk memasuki jurusan ini.

Macam-Macam Pelajaran Yang Diajarkan Dalam Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran
Sebagaimana sekolah lain, jurusan bisnis daring dan pemasaran juga memiliki fokus mata pelajaran tersendiri. 

Sekalipun tidak banyak akan tetapi apabila ditekuni maka akan memberikan efek dan dampak yang sangat besar saat menerapkan kerja lapangan nantinya. Penasaran?


Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jurusan Bisnis Daring

Berikut ini diantaranya:

1. Marketing

Ilmu marketing sudah selayaknya dipelajari mulai sejak dini. Apalagi untuk bisa menjadi seorang pebisnis di era industri 4.0 seperti sekarang ini. 

Mata pelajaran ini bahkan wajib ditempuh oleh semua siswa agar bisa naik ke jenjang kelas berikutnya.

2. Bisnis Online

Sama halnya dengan marketing, pelajaran tentang bisnis online juga harus berhasil ditempuh oleh semua siswa di jurusan bisnis daring dan pemasaran. 

Pada mata pelajaran ini nantinya akan mengajarnya tentang teori maupun praktik perihak dunia bisnis online.

3. Retail

Jurusan bisnis daring dan pemasaran juga memberikan mata pelajaran inti kepada siswa tentang kiat-kiat memulai usaha dengan menerapkan sistem retail terlebih dahulu. 

Tidak hanya itu, para siswa juga akan diberikan wawasan seputar memilih toko grosir yang tepat.

4. Penataan Produk

Sesuai dengan nama jurusannya, yakni bisnis daring maka bentuk dan pola perihal penataan produk sangat butuh diperhatikan. 

Mengapa? 

karena upaya ini dilakukan agar bisa menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli produk yang dijual.

5. Fotografi Marketing

Terakhir adalah fotografi marketing. Selain kelima di atas, sebenarnya masih banyak lagi mata pembelajaran yang dibahas. Namun, sebagai pokok bahasan itulah muatan lokal yang wajib dipahami oleh para siswa di Sekolah Menengah Kejuruan bisnis daring dan pemasaran.

Keunggulan Dari Pendidikan di Jurusan Bisnis Daring dan PemasaranSelain penjabaran hingga beberapa pokok mata pelajaran inti, lantas apakah jurusan bisnis daring dan pemasaran ini memiliki keunggulan? 

Jelas saja ada, bahkan keunggulan tersebut tidak bisa didapatkan di sekolah-sekolah lain. Penasaran? 

Simak uraian singkat di bawah ini:

1. Membahas Persoalan Bisnis di Era Baru

Keunggulan pertama dari jurusan ini adalah pada dasarnya berupa perubahan haluan dari pola pemasaran maupun penjualan lama. 

Sehingga genarasi muda akan memahami tentang peluang luas perihal bisnis untuk beberapa tahun ke depan.

2. Sesuai Dengan Perkembangan Industri 4.0

Sebagaimana yang telah saya tuliskan di atas bahwa jurusan bisnis daring dan pemasaran merupakan bentuk perwujudan atas kegelisahan pemerintah terhadap adanya era 4.0. 

Apalagi saat ini begitu banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pebisnis tanpa mengerti pola dan strategi persaingannya.

3. Disebut Sebagai Jurusan Multifungsi

Jurusan bisnis daring dan pemasaran bahkan disebut sebagai jurusan yang multifungsi. 

Mengapa demikian? 

pasalnya ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh siswa, beberapa diantaranya seperti marketing, desain, fotografi, website hingga coding.

4. Menggunakan Teknologi Terkini dalam Pembelajaran

Apabila kebanyakan sekolah masih cenderung menggunakan metode lama dalam kegiatan belajar mengajar, maka berbeda dengan jurusan bisnis daring dan pemasaran

Mengapa bisa dikatakan demikian? pasalnya, pihak sekolah lebih sering melibatkan penggunakan teknologi untuk menyampaikan materi agar siswanya semakin paham.

5. Mampu Menghasilkan Keuntungan Bagi Para Siswanya

Pada umumnya seseorang yang masih duduk di bangku sekolah tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Namun, ternyata berbeda halnya dengan para siswa yang memutuskan bersekolah di jurusan bisnis daring dan pemasaran. 

Mengapa

karena selain mendapatkan ilmu, siswa bisa melakukan praktik sebagai pelaku bisnis dan hasil uangnya tentu masuk ke kantong siswa sendiri. 

Itulah ulasan singkat tentang pengenalan mengenai jurusan bisnis daring dan pemasaran yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan. 

Apabila tertarik serta ingin menjadi pebisnis sejak dini, segera saja mendaftaran diri agar dapat memasukinya. Semoga bermanfaat ya, sekian. Salam hagat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran"