Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Pentingnya TI dan Si dalam Bisnis di Era Globalisasi

Menjadi pebisnis bukanlah suatu hal mudah, ada banyak rintangan dan jalan berduri siap menanti. Jika sebuah bisnis tidak dikelola dengan baik maka akan mengancam kebangkrutan, apalagi zaman bisnis globalisasi seperti sekarang. Oleh karenanya bussinesman cerdas harus mengetahui pentingnya TI dan SI dalam bisnis di era globalisasi.

Inilah Pentingnya Teknologi Informasi dalam Bisnis


Kecanggihan teknologi saat ini telah merebak ke setiap gerak manusia, mulai dari membayar tagihan keseharian, berbelanja sampai bekerja. Mengetahui peranan teknologi yang amat besar, hal tersebut menjadi dunia bisnis baik yang kecil hingga besar menggunakan pekerja khusus menangani TI.
Teknologi Informasi (TI) yang dimaksudkan berupa pemanfaatan software, internet dan lain sebagainya. Sehingga harus dikelola dengan maksimal agar bisa memberikan efek positif


Lantas, sebenarnya apa saja yang menjadikan TI menjadi penting dalam dunia bisnis?, berikut ulasannya:
Apa Saja Yang Menjadikan Ti Menjadi Penting Dalam Dunia Bisnis

1. Mempermudah Komunikasi

Kecanggihan Teknologi Informasi (TI) yang bisa dirasakan saat ini wujudnya berupa hardware maupun software, diantaranya komputer, laptop, dan smartphone. Semua itu turut didukung dengan jaringan internet yang mampu menjadikan komunikasi bisnis semakin mudah dan efektif.

2. Sumber Pengetahuan

Sebagian besar orang menyadari bahwa masih ada beberapa manusia yang kurang mawas perihal pengetahuan. Hal tersebut tergambar dari banyaknya pelaku bisnis yang stagnan di titik sama, padahal zaman terus bergulir dan persaingan semakin ketat.

Menanggapi hal tersebut kehadiran teknologi informasi mampu menjadi sumber pengetahuan untuk masyarakat luas. Apalagi dalam ranah bisnis, sekecil apapun bisnis yang dimiliki apabila pintar memanfaatkan TI maka akan berkembang pesat.

3. Manajemen Data

Seorang pemilik bisnis pasti tidak akan terlepas dari tumpukan file pengelolaan usaha, baik keuangan, proposal pengajuan dan lain sebagainya. File-file tersebut tentu sangat penting untuk arsip sehingga harus disimpan dengan baik. Akan tetapi, mengingat jumlah file yang tidak sedikit maka lemari atau laci saja past tidak cukup untuk menyimpannya.

Oleh karena itulah kehadiran teknologi informasi sangat penting, salah satunya adalah untuk memanajemen data-data. Para pemilik bisnis akan semakin mudah dalam mencari data-data yang dibutuhkan hanya dengan sekali klik dan mengetikkan kata kunci.

4. Sebagai Customer Relationship Manager

Customer Relationship Manager atau biasa disingkat CRM merupakan salah satu software yang memiliki kegunaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Baik berupa pesan teks, pesan suara maupun via telepon. Aplikasi ini dapat merekam dengan baik segala aktifitas komunikasi owner dengan customer.

CRM memang aplikasi yang masih sangat jarang digunakan oleh pemilik bisnis, bahkan yang sudah sekelas perusahaan. Mengapa? karena pihaknya belum terlalu paham perihal penggunaanya. Padahal bentuk teknologi informasi ini akan sangat membantu jalannya proses bisnis.

5. Aktifitas Bisnis Lebih Terarah

Zaman globalisasi saat ini sudah bukan jamannya melakukan bisnis dengan cara kuno, seperti misalnya door to door, menetap pada lapak offline atau berkeliling mejajakan dagangan. Semua itu hanya akan membuang waktu dan belum tentu mendatangkan pelanggan. Namun, apabila memanfaatkan teknologi informasi maka owner bisa menjual barang dagangan hanya melalui internet dan menjamin pelanggan datang dari seluruh pelosok daerah.

Bentuk dari teknologi informasi sendiri ada bermacam-macam diantaranya seperti e-commerce, e-mail, aplikasi pendukung dan masih banyak lagi. Oleh karena itu seorang pebisnis harus melek teknologi agar bisa memaksimalkan jalannya bisnis.

Peran Sistem Informasi dalam Bisnis di Era Globalisasi

Apabila telah memiliki jangkauan bisnis yang cukup besar maka selain teknologi informasi seorang bussinessman harus memahami sistem informasi. Mengapa? karena keduanya saling berkaitan agar dapat menjadikan perubahan bisnis melaju pesat. Apa saja perubahan itu? berikut ini ulasan singkatnya:

1. Platform Muncul di Digital Seluler

Keberadaan teknologi informasi saja kiranya kurang cukup apabila tidak disertai pemanfaatan sistem informasi dalam bisnis. Peran sistem informasi yang paling berperan penting salah satunya adalah menjadikan platform bisnis muncul di dunia digital seluler.

2. Mempermudah Penyusunan Strategi Untuk Keunggulan Kompetitif

Seiring bergantinya waktu persaingan bisnis akan semakin ketat. Hal tersebut terjadi karena setiap individu ingin menjadi unggul dalam pemasaran produk dan mendapatkan perhatian pelanggan. Oleh karenanya dengan memanfaatkan Sistem Informasi (SI) nantinya bisa dapat mempermudah penyusunan strategi untuk keunggulan kompetitif.

3. Mampu Menghadapi Tantangan Manajemen

Kelima perubahan yang disebutkan di atas bisa didapatkan apabila penggunaan teknologi informasi dan sistem informasi berjalan beriringan. Sehingga hasil akhir yang didapatkan bisa memuaskan serta menjadikan suatu bisnis semakin jaya. Apalagi peran penting sistem informasi salah satunya adalah mampu membantu untuk menghadapi tantangan manajemen.

Ulasan mengenai pentingnya TI dan SI dalam bisnis di era globalisasi di atas semoga bisa menjadi referensi bagi para pebisnis. Apabila masih awam perihal teknologi informasi dan sistem informasi maka sebaiknya merekrut seseorang yang ahli di bidangnya.


Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Pentingnya TI dan Si dalam Bisnis di Era Globalisasi"