Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Kunci Sukses Dalam Memasarkan Produk Bisnis Anda

Kunci Sukses Dalam Memasarkan Produk Bisnis Anda. Semua pebisnis, wirausaha atau pedagang pastinya ingin produknya terjual dengan lancar alias laku keras. Namun tidak sedikit dari pebisnis yang gulung tikar gara-gara produknya diam dan tidak ada sell out sama sekali. 

Hal itu dikarenakan 2 hal, yang pertama orang tersebut ahli dalam bidang produksi namun tidak ahli dalam pemasaran, atau orang tersebut ahli dalam pemasaran namun salah sasaran, kalau salah sasaran berarti gak ahli juga donk? Bisa jadi karena salah analisa market dan peluang.

Analisa Market Dan Peluang Salah Satu Kunci Sukses Dalam Memasarkan Produk

Kunci Sukses Dalam Memasarkan Produk Bisnis Anda

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis anda agar nilai sell outnya tinggi. Baik dari memulai menentukan produk, menentukan target pasar sampai dengan cara menawarkan juga akan sangat berpengaruh apakah laku dan tidaknya. Mari kita bahas satu persatu mengenai hal-hal yang bisa meningkatkan penjualan produk anda.

1. Standart Kualitas

Standart kualitas harusnya sudah anda perhatikan dan pertimbangkan semenjak anda memulai bisnis, agar anda tidak kesusahan dalam memasarkannya. Ketahuilah kelebihan apa saja yang ada dalam produk yang anda pasarkan sehingga disitulah nilai dari produk anda muncul. 

Jika anda sudah mengetahui kualitas dari produk yang anda bisniskan maka anda akan lebih mudah dalam memasarkannya.

2. Target Pemasaran

Setelah anda mengetahui standar kualitas produk yang anda ingin pasarkan, anda bisa sesuaikan dengan pasarnya. Misalkan produk itu untuk kalangan apa, menengah kebawah atau menengah keatas

barang tersebut lakunya di daerah yang bagaimana pedesaan atau perkotaan, daerah panas atau daerah dingin. Dengan anda mengetahui kualitas dan target pemasaran, sampai disitu anda sudah menempuh jalan yang benar dalam mengarahkan produk anda secara tepat sasaran.

3. Pencitraan Produk

Pencitraan produk merupakan teknik ampuh dalam pemasaran. Jika produk tersebut memiliki citra yang baik di mata orang lain calon-calon pembeli anda, maka akan lebih mudah dalam menjual produk tersebut. Banyak sekali online shop yang gagal dalam penjualan mereka karena tidak bisa mencitrakan produk yang dia jual. 

Saya akan berikan  satu buah contoh untuk memberikan pencitraan pada produk yang ingin anda jual. Jika anda adalah seorang penjual burung murai misalkan, dari pada anda menawarkan memberikan spesifikasi harga

anda akan lebih mudah menjual dengan menunjukkan secara langsung rekaman ocehan burung tersebut sambil anda antusias melihat hebatnya burung tersebut, maka tanpa anda memberikan spesifikasipun akan ada yang bertanya. " Dijual tidak burungnya" " Berapa tuh kalau dijual" Padahal anda sama sekali belum bilang kalau burung itu dijual. 

Pencitraan juga bertujuan agar calon pembeli merasa penasaran terhadap produk yang anda pamerkan. Begitu juga dengan penjualan baju atau apapun yang sering anda lihat secara online, mereka yang setiap hari mendisplay ratusan gambar sekalipun akan kalah dengan teknik yang satu ini.

Berikut 3 Hal penting di bawa ini yang harus anda lakukan apabila ingin sukses dalam memasarkan sebuah produk

4. Pelayanan Terhadap Calon Pembeli

Banyak kok pembeli yang mau closing bayar gara-gara nyaman dengan pelayanannya bahkan yang tadinya kurang suka dengan produknya. Pelayanan memang sebuah kunci efektif  dalam pemasaran dan dalam semua kegiatan bisnis anda. Dengan anda memberikan pelayanan yang bagus dari awal sampai proses bayar sampai dengan jika pelanggan mengalami keluhan, anda secara tidak langsung sudah melebarkan jaringan penjualan bisnis anda.

5. Menerapkan Sistem Refrensi atau referral

Jika anda ingin menjual produk secara lebih mudah, gunakanlah sebuah sistem refrensi bagi hasil. Sudah banyak yang menerapkan ini pada perusahaan-perusahaan. Anda juga bisa menerapkannya pada usaha yang anda jalankan sejak dini. Buatlah jaringan makelar atau referral, jika ada yang bisa menjualkan produk anda maka mereka akan mendapatkan komisi. 

Memang dari segi keuntungan per unit akan berkurang, tapi akan menjadikan banyak unit terjual dengan lebih mudah. Hal itu juga sudah dilakukan oleh para bos agen asuransi dan sejenisnya, mereka tidak capek lagi setelah jaringan tersebut sudah terbentuk.

6. Faktor Manfaat dan Sosial

Maju atau tidaknya usaha yang anda jalankan sangat tergantung dari pada penjualan atau pemasaran yang anda kelola atau anda lakukan, jadi 5 point diatas akan sangat membantu untuk anda, selain itu anda jangan lupa untuk mengutamakan faktor manfaat dan juga sosial dalam bisnis anda, karena bisnis yang besar akan menjual produk yang bermanfaat bagi banyak orang. 

Selain itu juga jangan lupakan untuk melakukan kegiatan sosial atau sedekah setiap kali anda selesai melakukan closing penjualan, karena itu akan memberikan keberkahan serta bisa memberikan kelancaran pada penjualan-penjualan yang berikutnya. Karena bisnis yang bagus adalah bisnis sekaligus bisa meringankan beban orang-orang yang membutuhkan. 

Yang terakhir adalah sabar dan konsisten, karena semua langkah diatas tidak serta merta langsung membuahkan hasil, butuh proses dan tahapan-tahapan yang harus dilalui. Demikian adalah beberapa point bagian dari kunci sukses dalam memasarkan produk dalam bisnis anda. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda. Terima Kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Kunci Sukses Dalam Memasarkan Produk Bisnis Anda"