Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Ketahui Trik Psikologi Agar Jualan Laris Manis

Trik psikologi agar jualan anda laris manis Kegiatan berbisnis memang bukanlah sesuatu yang mudah. Mental seorang pebisnis jelaslah harus tahan banting agar tidak mudah putus asa. Tetapi, apabila Anda ingin sukses berbisnis maka saya sarankan untuk terlebih dahulu mengetahui beberapa trik psikologi agar jualan laris manis.

Ujung tombak dari sebuah bisnis adalah penjualan, tanpanya maka tentu tidak akan mungkin berkembang dan mengalami kemajuan. 

Untuk bisa mengsukseskan bisnis tersebut, sebagai owner tentu ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan demi menaikkan omset.

Apalagi seperti mempengaruhi pola berpikir konsumen agar mereka mau membeli apa yang Anda jual atau bahkan menarik jaringan kerjasama dengan pihak lain. Namun, untuk bisa mempengaruhi pola pikir tersebut alangkah baiknya terlebih dahulu 

Belajar Trik Psikologi Agar Jualan Bisa Laris Manis Mas

ketahui trik psikologi agar jualan laris manis berikut ini:

1. Social Proof

Social Proof lebih mudah dipahami dengan arti ‘bukti sosial’. Trik psikologi ini nantinya akan mengupayakan Anda untuk bisa memposisikan tempat berjualan agar ramai pembeli. 

Hal ini tanpa disadari merupakan salah satu trik khusus agar orang lain menilai bahwa tempat makan Anda banyak dikunjungi.

Mengapa bisa demikian, karena secara psikologis dan sudut pandang customer, toko atau kedai yang terlihat ramai pengunjung pasti memiliki daya tarik tersendiri. 

Seperti misalnya. harga murah, kualitas bagus, rasanya enak dam masih banyak lagi. Lalu apakah trik ini bisa diterapkan untuk bisnis online?

Jelas saja bisa, cara melakukannya adalah dengan memperbanyak memberikan testimoni dari beberapa pelanggan yang sudah order. Screnshoot dan bagikan di semua akun marketplace Anda secara berkala. Trik ini dijamin akan membuat customer lain percaya akan kualitas dagangan Anda.


2. Best Seller

Apabila Anda menjual beberapa produk dalam satu toko dan ingin menaikkan penjual di salah satu barangnya, maka trik psikologi yang bisa diterapkan adalah mencantumkan tulisan ‘Best Seller’. 

Hal ini akan membuat pengunjung atau calon pembeli merasa harus memiliki barang tersebut.

Akan tetapi, jelas saja jangan terlalu asal-asalan memberikan label ‘best seller’ tersebut. Pastikan produk yang diberikan label itu memang benar-benar baik kualitasnya dan Anda yakin akan kemanfaatannya, sehingga pembel tidak kecewa ketika sudah membelinya.

3. Scarcity

Pernahkah Anda menjadi pembeli yang kemudian merasa harus segera memiliki sesuatu barang karena penjual mengatakan bahwa produk tersebut ‘terbatas’? 

Nah, padahal ternyata tidak demikian, itu hanyalah salah satu bagian trik psikologi dalam penjualan.

Kata ‘terbatas’ tersebut pada dasarnya juga memiliki 2 makna, yakni terbatas dalam hal stok produk maupun terbatas dalam waktu penjualan. Scarcity dalam trik psikologi juga bisa Anda terapkan dengan tulisan ‘Beli 1 Gratis 1’ dan tentukan masa waktu penjualan promosi tersebut.

Upaya trik psikologi tujuannya adalah untuk membangkitkan rasa keinginan customer agar segela meng-order dagangan Anda. Bahkan Scarcity ini bisa diterapkan untuk bisnis makanan, fashion dan semua jenis bisnis yang sedang Anda kelola.

Baca Juga: Sukses Berawal dari kerja keras

4. Price Anchoring Effect

Trik psikologi berikutnya yang bisa menjadikan jualan laris manis adalah teknik price anchoring effect

Trik ini bahkan bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan mencoret nominal harga yang lebih mahal dan sertakan harga yang lebih murah.

Seperti contoh, Anda adalah seorang pebisnis dibidang brand sepatu, ketika menuliskan harga di katalog harga, sebaiknya tuliskan 2 nominal angka yang berbeda, misalnya Rp. 50.000,00 dan Rp. 48.999,00. 

Lalu coretlah nominal rupiah yang berharga tinggi. Hal ini secara tidak langsung akan membuat pembeli berpikir bahwa harga barang tersebut sedang turun.

5. Reciprocity Effect

Efek timbal balik dalam dunia bisnis memang wajib Anda lakukan demi meningkatkan penjualan. Upaya ini berupa pemberikan produk gratis sebagai tester agar pembeli semakin yakin untuk membeli barang tersebut. 

Trik ini sudah seringkali diterapkan oleh beberapa bisnis di bidang kuliner.

Lalu apakah sebagai seorang penjual tidak merugi jika menerapkan trik ini? Jawabannya, jelas saja tidak. 

Pasalnya pemberian produk gratis ini hanya akan berlangsung selama periode waktu yang sudah ditentukan dan apabila pembeli menyukainya pasti mereka akan memutuskan untuk membeli.


6. Authority

Authority diartikan sebagai citra yang membuat produk bisnis Anda memiliki reputasi baik soal kualitas diri di mata konsumen. Hal ini juga telah diteliti oleh sekalangan pengamat bisnis bahwa ternyata para konsumen cenderung senang membeli di toko atau penjual yang memiliki daya tarik kuat.

Oleh karena itu, ketika membangun sebuah bisnis alangkah baiknya Anda memunculkan citra diri yang baik dalam melayani konsumen. 

Selain itu juga, tingkatkan kualitas produk agar pembeli semakin percaya dan tidak enggan membeli produk tersebut kepada Anda.

Sekian ulasan mengenai trik psikologi agar jualan laris manis. Sebenarnya masih ada banyak trik lainnya dan Anda bisa menerapkannya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga selalu ramah, jujur dan mampu melayani customer dengan baik. Selamat berbisnis!

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Ketahui Trik Psikologi Agar Jualan Laris Manis"