Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Hindari Bangkrut Dengan Memanfaatkan Website Untuk Bisnis

Sejak masuknya era perindustrian 4.0 di Indonesia sebagian besar orang memutuskan untuk menjadi seorang pelaku usaha. Hal tersebut jelas saja menjadikan lingkup pasar penjualan semakin bersaing dan menyebabkan sebagian pedagang terdahulu gulung tikar. 

Oleh karenanya, demi menghindari kebangkrutan segera manfaatkan website untuk bisnis.

Sejauh ini website hanya digunakan untuk mengakses segala bentuk informasi yang bersifat umum. 

Seperti misalnya berbagai refrensi yang tidak ada di buku, koran dan lain sebagainya, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi dan pola pemikiran manusia, fungsi bisnis tidak hanya di lingkup tersebut.

Menanggapi dunia pasar dagang yang semakin ketat karena banyaknya pesaing, sebagian besar orang mulai memutar otak demi mempertahankan bisnis yang dimilikinya. 

Salah satu bentuk pertahanan ini adalah dengan memanfaatkan keberadaan website.

Semakin Ketat Persaingan Maka Dari Itu Manfaatkan Website Untuk Bisnis

Lalu apa saja manfaatnya? simak ulasan berikut ini:

1. Menghemat Biaya Promosi

Sekarang ini banyak dijumpai para pelaku bisnis rela mengeluarkan uang dengan nominal besar demi menyewa lapak iklan atau jasa endors

Upaya tersebut dilakukan demi memikat perhatian konsumen di seluruh penjuru dunia. Kendati demikian, sekalipun upaya penggunaan jasa iklan ataupun endors dinilai ampuh mendatangkan customer, akan tetapi sangat disayangkan karena biayanya terbilang besar.

Lantas apakah cara lain untuk bisa menggantikannya? 

Jelas ada, salah satunya adalah dengan menggunakan website. 

Terlebih lagi saat ini sudah tersedia jasa pembuatan website yang terjangkau. Sekalipun premium bentuk pembayarannya juga dibayar sekali dalam setahun.

Baca Juga: 10 Aplikasi Bisnis Online Yang Wajib Digunakan Bussinessman

2. Sebagai Media Marketing

Jika dahulu pebisnis hanya melakukan marketing alias penjualan melalui offl maka sekarang ini kehadiran internet sudah banyak dimanfaatkan. 

Salah satunya adalah untuk media marketing dalam memajukan keberlangsungan suatu bisnis.

Keberadaan internet untuk bisnis akan semakin maksimal apabila disertai dengan website. Apabila seorang pelaku bisnis memiliki website sendiri

maka segala hal yang berkaitan dengan marketing bisa dengan mudah dikelola dengan sendirinya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Membicarakan tentang internet, sekarang ini ternyata begitu banyak orang yang menggunakannya sebagai perantara untuk mempermudah mencari dan membeli sesuatu. Bahkan termasuk barang berharga seperti halnya emas, furniture dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu juga website yang bisa diakses melalui internet juga bisa digunakan untuk meningkatkan kredibilitas bisnis yang masih berskala kecil. 

Apabila menggunakan website maka dapat dipastikan usaha tidak akan tergeser dengan banyaknya pesaing yang saat ini merajalela.

4. Memudahkan Khalayak Untuk Menemukan Bisnis Tersebut

Apabila sudah lama menjalankan sebuah bisnis akan tetapi masih saja tidak mendapatkan pelanggan lebih maka coba saja memanfaatkan website. 

Padahal jika seorang pebisnis mengetahui sistem pengelolaan bisnis di website potensi mendapatkan pelanggan dari berbagai daerah sangat menjanjikan.

Apabila memiliki sebuah website maka secara otomatis nama yang dijadikan brand akan muda muncul dalam sekali klik. 

Sebagai contoh mudahnya seperti nama brand bisnis Rabbani yang bergerak dibidang fashion muslim, maka apabila dibuatkan website menjadi rabbani.co.id.

Baca Juga: Waspada Terhadap Pembeli Penipu Dalam Jual Beli Online

5. Mampu Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Keberadaan website yang digunakan untuk bisnis ternyata mampu mendatangkan manfaat berupa menjangkau target pemasaran secara global. 

Sehingga dengan demikian produk yang dijual tidak hanya diketahui oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal saja.

Hal ini disebabkan karena internet bersifat tidak terbatas dan bisa diakses oleh siapa saja, asalkan terhubung dengan jaringan internet. 

Oleh sebab itu, sebaiknya segera saja buat website untuk bisnis agar mendapatkan pelanggan dari berbagai penjuru dunia.

6. Bisa Menampilkan Katalog Harga dan Produk

Manfaat website berikutnya adalah para pemilik bisnis yang mempunyai produk lebih dari satu warna, model dan harga bisa mencantumkan semuanya tanpa harus takut tercampur. 

Sebagai contoh, lihat saja berbagai website dari brand terkenal, pasti terdapat laman khusus mencantumkan harga dan produknya.

Tampilan ini jelas akan memudahkan calon pembeli yang mengunjungi website tersebut. Pasalnya, dengan begitu customer bisa langsung menentukan pilihan begitu melihat katalog produk yang sudah tertera di bagian depan. 

Sangat disarankan mendesain tampilan sesimple mungkin agar tidak membingungkan.

Lihat Juga: 5 Bisnis Online Tanpa Modal Melalui HP

7. Menghemat Waktu

Berjualan secara offline tentu saja akan membuang waktu, pasalnya pemilik usaha harus berada di tempat demi menunggu datangnya pelanggan. 

Hal tersebut jelas saja membuat berbagai pekerjaan lain tidak bisa turut dikerjakan dalam waktu yang bersamaan.

Akan tetapi kini dengan adanya website, semua pemilik bisnis hanya perlu memantau website melalui jaringan internet di mana dan kapan saja. Sehingga para pebisnis bisa melakukan pekerjaan lain untuk menambah pemasukan ekonomi. 

Bagaimana sangat efektif bukan?

Berdasarkan manfaat website untuk bisnis di atas apakah masih ragu untuk menggunakannya? 

Jangan terkurung pada pola pemikiran primitif karena mengingat saat ini sudah banyak pesaing di luaran sana. 

Apabila belum terlalu mengetahui soal seluk beluk website, silahkan berkonsultasi kepada penyedia layanan website.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Hindari Bangkrut Dengan Memanfaatkan Website Untuk Bisnis"