Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Hapus Pengangguran Saat Pandemi: Inilah Tips Menjalankan Bisnis Frozen Food di Rumah Aja

Sejak Corona mewabah banyak lapangan pekerjaan yang membatasi perekrutan karyawan baru dan angka PHK semakin tinggi. Oleh karena itu demi menghapus angka pengangguran diperlukan adanya kreativitas diri agar tetap bisa mendapatkan pemasukan, salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis frozen food di rumah aja.

Sekalipun terlihat sangat mudah, faktanya apabila menjalankan bisnis frozen food tidak disertai dengan tips-tips khusus maka akan menyebabkan gulung tikar. 

Mengingat saat ini sudah semakin banyak pesaing yang berusaha memasarkan berbagai macam brand baru.

Bagi yang memang ingin menekuni usaha tersebut saat pandemi seperti ini, maka sangat perlu kiranya mengetahui beberapa tips menjalankan bisnis frozen food di rumah aja. Penasaran? simak penjelasan singkat di bawah ini:



analisis swot frozen food

1. Terlebih Dahulu Perhitungkan Modal Awal

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk bisa menjalankan bisnis frozen food di rumah aja adalah dengan memperhitungkan modal awal. 

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja yang nanti harus dibeli sebagai bentuk persiapan, baik produk, peralatan tambahan dan lain sebagainya

Perhitungkan modal awal dengan baik dan persiapkan secukup mungkin. Jangan sampai ketika membeli bahan dan peralatan kekurangan dana dan tidak memiliki simpanan tambahan. Pasalnya, modal merupakan hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis.

2. Menentukan Jenis Produk

Setelah mempersiapkan modal awal, tips selanjutnya adalah dengan menentukan jenis produk yang akan dijual nantinya. Sangat disarankan agar memilih berbagai macam varian produk, seperti misalnya produk dengan merek ternama, sedang hingga paling murah.

Tidak hanya itu, sediakan juga berbagai olahan frozen food seperti misalnya bakso, kentang goreng, nugget dan lain sebagainya. 

Mengapa demikian? karena untuk memikat perhatian para pelanggan, semakin banyak varian yang disediakan maka akan semakin bebas pelanggan memilih.

3. Memikirkan Cara Pengemasan

Saat menjalankan bisnis makanan beku sebaiknya jangan melupakan cara pengemasannya karena apabila tidak dilakukan dengan benar bisa mempengaruhi ketahanan dan kualitas makanannya. 

Pastikan terlebih dahulu mencari tahu informasi seputar cara pengemasan frozen food yang baik dan benar.

Akantetapi jika ingin lebih simple dan tanpa ribet, Sebaiknya menjalin kerja sama dengan beberapa vendor brand atau menjadi agen maupun resellernya. Sehingga tidak perlu lagi melakukan packing ulang atau repot menyiapkan perihal pengemasannya.

4. Memilih Peralatan yang Memadai

Ketika menjual makanan beku alangkah baiknya untuk benar-benar memperhatikan kelengkapan dan mempersiapkan peralatan yang memadai. 

Seperti misalnya, kotak pendingin, freezer dan lain sebagainya. Ukuran suhunya juga harus diperhatikan guna menjaga makanan tetap fresh.

Apabila memproduksi frozen food sendiri maka sediakan alat perekat kemasan yang benar-benar ampuh untuk mempacking. 

Serta jika kekurangan ruang untuk menyimpan makanannya maka bisa diakali dengan menitipkan produk tersebut ke mini market atau lapak lain.

5. Pikirkan Perihal Metode Pemasaran

Tips menjalankan bisnis frozen food di rumah aja agar tetap laku keras yakni jangan lupa untuk memikirkan tentang metode pemasarannya. 

Pastikan pelanggan tetap datang ke lapak, lantas bagaimana caranya? yakni mintalah bantuan orang-orang terdekat untuk mempromosikan frozen food tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung.

Perlu diketahui, ada banyak metode pemasaran yang bisa dipilih dan diterapkan tanpa harus menguras banyak tenaga. Salah satunya yang paling mudah direalisasikan adalah menggunakan metode pemasaran secara online.

6. Promosikan Sesering Mungkin

Mengingat bisnis makanan beku ini dijalankan di rumah aja maka tentu akan kesulitan mencari pelanggan baru baik dari dalam maupun luar kota. 

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis harus sesering mungkin melakukan promosi kepada khalayak agar produk tersebut dikenal luas.

Untuk bisa mempromosikannya dengan mudah dan mendapatkan pelanggan dengan cepat, sebaiknya lakukan promosi melalui media online. Beberapa diantaranya seperti marketplace Facebook, Instagram, WhatsApp story dan masih banyak lagi. 

Apabila ingi menjangkau pembeli lebih banyak pelanggan buatlah akun marketplace online seperti Shopee, Tokopedia dan semacamnya.

7. Pastikan Produk Tersebut Halal

Tips yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis frozen berikutnya adalah memastikan produk tersebut halal di makan. Mengapa? pasalnya sebagian besar masyarakat Indonesia bergama Islam. 

Apabila membuat produk frozen food sendiri maka sebaiknya segera dapatkan lisensi makanan dan daftarkan ke Majelis Ulama Indonesia.

Mendapatkan lisensi halal memang tidaklah mudah, pasalnya harus melalui serangkaian tes untuk memastikan frozen food tersebut aman dari bahan berbahaya. 

Untuk itu saat memproduksinya pastikan menghindari bahan-bahan pengawet yang tidak dikhususkan untuk makanan.

Itulah tips menjalankan bisnis frozen food di rumah aja demi menghapuskan angka pengangguran saat pandemi. 

Silahkan dicoba dan terapkan dengan seksama. Jangan lupa seimbangkan dengan berdoa dan bersedekah agar rejeki semakin dilancarkan oleh Tuhan, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Hapus Pengangguran Saat Pandemi: Inilah Tips Menjalankan Bisnis Frozen Food di Rumah Aja"