Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Menjaga Fokus Dalam Merintis Usaha Bisnis

Cara Menjaga Fokus Dalam Merintis Bisnis. Banyak sekali orang yang sukses dalam berbisnis mereka karena mereka fokus. Fokus adalah faktor utama yang bisa membuat anda berhasil. Dengan fokus anda bisa lebih maksimal dalam mengelola bisnis atau usaha yang anda jalankan. 

Dan dengan fokus pula sebuah bisnis akan berkembang lebih cepat. Jika anda baru memulai bisnis anda, usahakan untuk fokus pada satu bisnis saja dan kembangkan secara maksimal dan berkelanjutan. 

Banyak orang yang gagal dalam bisnis mereka karena mereka baru jalan sebentar sudah tergoda dan berganti-ganti bisnis. 

Bergonta-ganti bisnis tidak akan membuat anda menjadi besar, melainkan hanya buang-buang waktu saja.


Banyak Orang Yang Gagal Dalam Bisnis Karena Mereka Tidak Fokus


Cara Menjaga Fokus Dalam Merintis Bisnis

1. Tidak Membandingkan Hasil Dengan Bisnis Orang Lain, Tapi Bandingkan Prosesnya

Banyak orang yang gak fokus karena melihat orang lain mendapatkan hasil yang lebih melimpah dari pada anda. 

Lalu tergiur dan berpindah bisnis, kemudian meninggalkan bisnis yang sudah dirintis tadi. Orang yang memiliki tipe seperti ini akan sangat sulit sukses karena tidak bisa menjaga fokus terhadap bisnis yang sedang dia rintis. 

Namanya merintis juga hasilnya pasti lebih kecil daripada orang lain yang lebih dulu memulai bisnis. 

Belum tentu jika anda berganti bisnis tersebut, anda bisa sesukses mereka. Maka lihatlah prosesnya jangan membandingkan hasilnya. Anda boleh melihat bisnis orang lain

tapi lihatlah dari prosesnya, bagaimana caranya dia memulai hingga saat ini mereka meraih hasil. Jika anda membandingkan hasil, yang ada sudah pasti anda tidak akan seimbang.

Baca Juga: Inilah Kumpulan Quotes Bisnis Untuk Motivasi

2. Gabung Dengan Komunitas Yang Sama Dengan Bisnis Anda

Pada saat anda sedang merintis sebuah bisnis usahakan untuk memiliki pergaulan yang luas, namun utamakan pergaulan yang satu komunitas dengan jenis bisnis anda, bukan untuk membeda-bedakan tapi demi menjaga fokus dan juga kesuksesan dalam anda merintis sebuah bisnis. 

Selain anda bisa menjaga sebuah fokus dalam merintis sebuah bisnis, anda juga bisa belajar dari orang lain di komunitas tersebut. 

Dengan bergaul di komunitas yang sesuai dengan bisnis anda, anda juga bisa membangun sebuah relasi demi kesuksesan bisnis anda. Ini sangat efektif untuk menjaga fokus karena anda berada di area yang sesuai dengan bisnis anda.

3. Jangan Mudah Goyah Hanya Karena Omongan Orang

Banyak yang berhenti menjalankan bisnis mereka hanya karena omongan orang lain. Misalkan saja anda baru merintis, biarkan saja orang bilang apa. 

Ketika merintis dari bawah memang selalu saja ada orang yang tidak percaya dengan kita, tidak yakin dengan bisnis kita dan mereka mengeluarkan kata-kata yang bikin kita down dan berhenti. 

Yang namanya hinaan orang lain ataupun diremehkan orang lain itu merupakan sebuah hal yang wajar ketika kita masih berada dibawah atau sedang merintis, bahkan cenderung dipandang sebelah mata. 

Namun jika kita goyah, kita baper dan sejenisnya, nanti malah kita gak bersemangat dan bisa gagal dalam menjalankan bisnis. 

Banyak orang yang bisa jadi komentator, tapi sedikit sekali yang bisa jadi eksekutor. Jadi tetaplah fokus dalam merintis bisnis anda, dan terus konsisten

Baca Juga: Pendiri Acer Stan Shih Bangkitkan Naluri jadi wirausaha

4. Tidak mudah tergoda dengan penawaran baru yang menggiurkan

Yang namanya sales, yang namanya marketing, mereka pasti akan pasti akan menawarkan sesuatu yang menggurkan. 

Misalkan saja anda sedang fokus dalam menjalankan bisnis anda, lalu datang tawaran menjalankan bisnis lain yang mereka bilang hasilnya lebih besar, jika anda goyah, anda bisa gagal dalam merintis bisnis anda sebelumnya. 

Banyak contohnya di masyarakat, misalkan ada orang yang sedang merinstis dagang di pasar, tahu-tahu ditawari bisnis MLM yang diming-imingi banyak sekali keuntungan

kalau tergiur dan meninggalkan bisnis yang tadi sudah dirintis, berarti anda sudah gagal dalam menjaga fokus anda dalam merintis bisnis.

Baca Juga: Pengusaha Sukses Indonesia

5. Tanggungjawab Terhadap Impian Anda

Banyak orang yang mudah sekali menentukan impian mereka, namun sedikit sekali yang bertanggung jawab pada ucapannya tentang mimpinya tersebut. 

Seiring berjalannya waktu impian tersebut ditunda-ditunda dan dilupakan, diganti dan terus diganti, makanya orang yang tidak fokus seperti itu tidak akan sukses. 

Impian anda sebelumnya apa? Misalkan ingin menjadi pedagang pakaian besar, ya anda harus tanggung jawab, jalani semua prosesnya dengan urut dan fokus. 

Kalau anda gak tanggung jawab sama satu impian anda, sampai kapanpun gak akan berhasil. Tanggung jawab atas apa yang kamu cita-citakan dalam bisnis anda, kemudian jalankan dengan fokus dan konsisten, maka anda akan sampai pada kesuksesan bisnis yang anda jalankan. 

Selain menjaga fokus pada hal-hal diatas, pastinya juga akan ada cobaan-cobaan lain yang muncul pada saat anda sedang merintis bisnis. 

Jika anda bisa melewati semuanya dengan baik, pastinya akan lebih cepat anda meraih sebuah kesuksesan. 

Semua bisnis berasal dari kecil dengan fokus dan sabar menjadi besar. Demikian cara menjaga fokus dalam merintis sebuah bisnis . Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda, terima kasih.
Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Menjaga Fokus Dalam Merintis Usaha Bisnis"