Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Hasil Melimpah

Budidaya ikan gurame dikolam terpal merupakan sebuah ide bisnis yang cemerlang, mengingat jika membudidayakan ikan ini memiliki prospek yang cukup bagus dipasaran. 

Siapa yang tidak kenal dengan ikan gurame, ikan yang banyak diminati dengan harga yang bagus di restoran atau rumah makan karena cita rasanya yang lezat Sebagian pembudidaya memang menggunakan media kolam besar seperti kolam tanah

tapi itu jika dilakukan oleh orang yang memiliki lahan luas sekaligus modal yang kuat. Namun bagi anda yang memiliki modal relatif rendah dan ingin budidaya ikan ini bisa menggunakan media kolam terpal.

Cara Buya Ikan Gurami Hasil Melimpah Dengan Kolam Terpal

Selain dari segi modal dan juga lahan yang lebih hemat, budidaya ikan gurame dengan kolam terpal juga bisa lebih praktis alias bisa dengan mudah dibongkar pasang. Dengan menggunakan bahan terpal dan juga plastik serta menyesuaikan kapasitas ikan yang ingin di ternak.


Hasilkan Ikan Gurame Yang Melimpah Dengan Cara Buat Kolam Yang Baik

Langkah-langkah budidaya ikan gurame menggunakan kolam terpal

1. Persiapan modal

Hal yang pertama jika anda ingin memulai usaha apapun pastikan untuk memiliki modal, dalam hal ini jika anda menggunakan media kolam terpal 

pastinya modalnya tidak akan terlalu besar dibandingkan dengan menggunakan kolam beton. Nah bisnis budidaya ikan gurame ini bisa anda mulai dari modal 1 jutaan saja.

SelengkapnyaTips Ternak Ikan Cupang 

2. Persiapan Tempat/Kolam

Anda bisa membeli bahannya berupa terpal dan plastik yang banyak dijual di  toko plastik atau toko pertanian. Belilah secukupnya saja sesuai dengan kapasitas ikan yang ingin anda kelola. 

Gunakanlah batu-batuan sebagai tembok penompang bagian samping kolam terpal atau plastik tersebut, saya akan berikan contoh budidaya ikan gurami untuk rumahan misalkan lebar 2 meter, panjang 4 meter beserta tingginya 1 meter. 

Untuk langkah pembuatannya anda bisa menyusun batu-batu tersebut terlebih dahulu, kemudian setelah tersusun rapi anda bisa memasang terpal atau plastik tersebut. 

Pastikan anda sudah mencuci bahan terpal atau plastik tadi agar lebih bersih, kemudian bisa masukkan air dengan ketinggian 50 hingga 75 centimeter. 

Dengan ketinggian kolam yang tadinya adalah 1 meter kemudian diisi air setinggi 50% - 75% agar ketika ada hujan air tidak meluap dan juga untuk menjaga agar ikan tidak melompat.

3. Sterilisasi Kolam

Setelah kolam sudah terisi air jangan langsung dimasukkan ikan gurame nya, tapi diamkan terlebih dahulu sekitar 1 mingguan agar suhu didalam air dengan tersebut lebih sesuai untuk ikan. 

Banyak kesalahan dalam budidaya ikan adalah ketika kolam baru jadi namun ikannya langsung dimasukkan dalam kolam, akhirnya ikan-ikan tersebut tidak kuat dengan panasnya dan akhirnya pun pada mati. 

Anda juga bisa menambahkan tanaman yang bisa mempercepat sterilisasi kolam seperti halnya tanaman eceng gondok.

4. Pemilihan Bibit Ikan

Selama proses sterilisasi kolam anda bisa mulai memikirkan dan memilih bibit ikan. Tipsnya jika anda ingin menggunakan media kolam terpal sebagai budidaya ikan gurame, jangan memilih bibit yang terlalu muda

pilihlah bibit yang minimal sudah berusia sekitar dua bulan. Jika sesuai dengan ukuran kolam yang saya contohkan diatas yakni 4 meter x 2 meter x 1 meter bisa menggunakan bibit sekitar 150 ekor maksimal 200 ekor dengan umur sekitar 2 bulan. 

Jangan memasukkan bibit ikan terlalu banyak agar ikan bisa bertumbuh lebih maksimal. Lagi pula pertumbuhan ikan gurame ini cukup cepat, jika anda memilih ikan terlalu banyak, nanti jika selang 1 atau 2 bulan ikan menjadi sesak.

5. Penaburan Benih Ikan

Jika ikannya sudah siap dan kolam sudah steril maka berarti ikan siap ditaburkan atau ditaruh kedalam kolam. Proses penaburan ikan bisa dilakukan seperti biasa pemidahan dari media sebelumnya menuju kolam terpal tersebut. 

Penaburan ikan pada kolam usahakan lebih bagus pada saat pagi hari dengan cuaca belum begitu terik, dengan begitu ikan bisa menyesuaikan diri mulai dari suhu sedang menuju suhu yang panas.

6. Perawatan Ikan

Selanjutnya jika budidaya ikan gurame sudah berjalan, jangan lupa untuk memperhatikan perawatannya. Perawatan ini meliputi 2 hal yakni perawatan ikan itu sendiri, kemudian perawatan kolam. 

Untuk perawatan ikan anda jelas harus memberinya makan dengan teratur setiap harinya. Kemudian dari segi kolam, anda bisa menggunakan air sanitizer untuk membersihkan bibit penyakit untuk ikan yang tumbuh dalam kolam terpal.

7. Panel & Penjualan

Yang terakhir tentunya adalah panen dan penjualan. Jika tadi memilih bibit berumur 2 bulan maka panen ikan bisa dilakukan setelah 4 bulan jalan budidaya gurame. Dengan ikan yang terawat usia 6 bulan maka sudah cocok sebagai ikan konsumsi. 

Kemudian soal masalah penjualan terserah anda, yang jelas di setiap warung makan atau restoran banyak yang siap menampung ikan ini, tentu saja anda harus cek survey harga pasar terlebih dahulu. 

Dari segi keuntungan jika menggunakan media kolam terpal ini ternyata jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan media kolam beton, apalagi jika anda memiliki modal dan lahan yang memadai, anda bisa membuat beberapa petak kolam sehingga hasilnya pun lebih besar. 

Demikian adalah cara bagaimana budidaya ikan gurame menggunakan media kolam terpal. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat sekaligus bisa menjadi refrensi bisnis yang bagus untuk anda, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Hasil Melimpah"