Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Ide Bisnis Ternak Modal 1 juta

ragambisnis.com - 10 Ide Bisnis Ternak Dengan Modal Kecil 1 Jutaan. Yang namanya mempunyai bisnis sendiri dan bisa sukses didalam bisnis tersebut adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Namun tidak banyak orang yang bisa sukses dalam hal ini. Boro boro mau sukses kebanyakan bahkan belum memulai saja sudah menyerah alasan banyak faktor. 

Salah satu alasan seseorang mundur dari keinginannya menjalankan usaha adalah modal mereka yang terbatas. Padahal yang kita tahu modal tidak selalu harus besar dan tidak selalu haru berwujud uang, kan banyak juga yang bisa sukses dengan menjual jasa dan keahlian bahkan minim sekali mereka bermodal uang.



Macam Macam Ide Bisnis Ternak Dengan Modal Hanya Kisaran 1 Juta

10 Ide Bisnis Ternak Dengan Modal Kecil 1 Jutaan

Dan kali ini saya akan membahas tentang usaha dengan modal kecil yaitu khususnya dalam hal ternak atau budidaya. Sebenarnya ada saja ternak yang memerlukan modal kecil bahkan tidak sampai 1 juta. Berikut adalah contoh usaha dengan modal kecil, antara lain sebagai berikut :

1. Ternak Ayam

Ayam adalah binatang ternak yang paling sering dibutuhkan banyak orang baik untuk komsumsi pribadi maupun untuk usaha makanan. Ternak ayam bisa dimulai dari modal kecil dari ratusan ribu saja sudah bisa. Anda bisa membeli ayam yang masih sedang atau muda dalam bahasa orang adalah kembangkan, kemudian anda menjualnya ketika besar. 

Sebenarnya untuk ternak ayam sendiri jika mau untung banyak bisa beli ayam yang masih itik, namun dalam hal perawatannya akan lebih susah karena rawan mati. Modal untuk ternak ayam gak terlalu banyak mulai dari beli bibit, kandang dan pakan

2. Ternak Puyuh

Masih hampir sama dengan ayam. Ternak puyuh bisa dimulai dari modal kecil yaitu satu jutaan saja. Namun untuk ternak puyuh anda harus paham betul caranya mulai dr pengadaan pakan hingga pengaturan suhu dalam kandang puyuh. Ternak puyuh selain bisa di manfaatkan puyuhnya baik untuk konsumsi atau dijual lagi, telur puyuh juga sangat mudah untuk dijual.

3. Ternak Bebek

Ternak dengan modal kecil 1 jutaan selanjutnya adalah ternak bebek. Anda bisa melakukan ternak bebek dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu sebagai indukan lalu mengembangkannya. Untuk ternak bebek sendiri akan lebih bagus jika kita mau mengumbarnya ke alam bebas, karena bebek adalah jenis yang boros dalam hal pakan.

4. Ternak Belut

Belut adalah hewan yang bisa menjadi favorit menu kalangan tertentu, makanya harga jualnya pun termasuk lumayan. Selain itu belut juga bisa digunakan untuk obat dan kesehatan. Nah buat anda yang ingin melakukan ternak belut, anda bisa memulainya dengan modal kecil dan media yang murah, yang penting ada media untuk lumpur belut.

Baca Juga: Jual Sapi Murah

5. Ternak Kroto

Kroto banyak dicari dalam komunitas burung sebagai pakan yang bagus untuk burung ocehan. Oleh karena itu jika anda bisa melakukan ternak kroto, pangsa pasarnya tidak akan pernah habis. Ini juga bisa menjadi solusi untuk anda yang bermodal kecil, untuk melakukan ternak kroto anda bisa menggunakan media dengan biaya yang murah.

6. Ternak Jangkrik

Sama halnya dengan kroto, jangkrik adalah jenis pakan burung yang banyak dicari. Dari segi keuntungan pun juga lumayan. Ternak jangkrik adalah salah satu alternatif jika anda ingin menjalankan bisnis peternakan namun dana anda sangat minim. Ternak jangkrik bisa anda mulai dengan modal ratusan ribu saja, cukup membeli bibit pakan dan media tempat untuk ternak.

7. Burung Hias

Buat kalian yang hobi burung, ternak burung hias merupakan solusi untuk ternak dengan modal kecil. Memang dalam pembuatan kandang agak mahal tapi tetap bisa diatur dibawah 1 jutaan saja. Burung hias meskipun nilai jualnya tidak semahal burung kicau tapi lebih mudah dalam mengembang biakkannya seperti halnya burung parkit dan sejenisnya.

8. Ternak Kelinci

Ide bisnis yang selanjutnya untuk ternak modal 1 jutaan, anda bisa melakukan ternak kelinci. Kelinci sendiri bisa jadi binatang hias atau binatang konsumsi. Dalam hal modal, ternak kelinci tidak terlalu menguras kantong. Karena bisa dimulai dengan membeli indukan dan media buat ternak saja. Lebih mudah lagi jika anda tinggal di daerah yang masih asri banyak daun-daunan dan rumput, untuk pakan nya bisa anda dapatkan dengan mudah.

9. Ternak Ikan Lele

Banyak yang bilang kalau ternak ikan lele butuh modal mahal, sebenarnya enggak juga. Karena anda bisa melakukan ternak lele mulai dari ratusan ribu saja, kemudian anda bisa ternak bibit lele yang kecil dengan media yang jauh lebih murah. Jika anda ingin melakukan yang namanya ternak ikan lele, anda harus paham ilmunya dengan benar. Karena lele mempunyai sensitivitas terhadap tanah dan media yang ditempatinya.

10. Ternak Cacing

Hewan yang terbilang menjijikkan ini pun sebenarnya bisa menjadi lahan bisnis jika anda mau. Cacing banyak digunakan oleh orang mancing dan juga biasa digunakan untuk bahan obat. Dalam pelaksanaan ternak cacing sendiri tidak membutuhkan modal yang mahal, karena yang penting ada media tanah dan humus untuk cacing berkembang. 

Demikian adalah 10 contoh ternak dengan modal kecil, jadi sebenarnya ternak mahalpun asalkan 1 ekornya murah bisa dijadikan sebagai salah satu usaha anda dengan modal yang minim. Dan yang tidak kalah penting adalah tahu ilmunya dari masing-masing jenis hewan ternak yang ingin anda pelihara. Demikian mengenai 10 ide bisnis terbaik modal kecil hanya 1 jutaan. Mudah-mudahan bisa menjadikan refresi untuk anda dan bisa bermanfaat. Salam hangat dari kami Blog Ragam Bisnis. Terimah Kasih.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

6 comments for "Ide Bisnis Ternak Modal 1 juta"

Uwie Puspita January 22, 2021 at 9:02 PM Delete Comment
Ide bisnis yang bagus nih untuk masa pandemi
Aleng Nrp January 22, 2021 at 10:39 PM Delete Comment
@Uwie Puspita
iya ide bisnis ini sangat cocok di masa pandemi seperti sekarang ini
Www.iffiarahman.com January 26, 2021 at 2:18 AM Delete Comment
Kalo di jakarta, kira2 apa bisnis yg cocok untuk macam ternak ini ya mas?
Aleng Nrp January 26, 2021 at 1:14 PM Delete Comment
@iffiarahman
nomor 9 ternak ikan lele mbak
Affan Farizi February 4, 2021 at 1:50 PM Delete Comment
dengan modal segitu potensi keuntungannya berapa gan?
Husni El Mubarok February 4, 2021 at 2:08 PM Delete Comment
Informatif sekali artikelnya mas.... kebetulan sy lagi menggeluti usaha budidaya lele.