Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Beberapa Etika Dalam Berbisnis yang Harus Diterapkan

Beberapa Etika Dalam Berbisnis yang Harus Diterapkan. Ada berbagai alasan yang membuat orang ingin menjadi pebisnis. 

Selain karena memang mencita-citakan diri hendak terjun ke dunia bisnis, tidak sedikit orang yang yang memang harus menjerumuskan diri ke dunia bisnis ini. Salah satunya adalah karena berkali-kalinya gagal ketika melamar pekerjaan. 

Hal ini karena bisa jadi, kegagalan demi kegagalan tersebut adalah bahasa alam supaya kita membangun bisnis sendiri. Merintis berdirinya sebuah usaha pun bermacam-macam. 

Secara umum, ada dua pasar yang bisa menjadi sasaran dari bisnis yang dijalankan. Pertama ialah pasar offline, dan yang kedua adalah pasar online. 

Meski pasar online kini dianggap lebih banyak memberikan keuntungan, namun banyak juga berbagai bisnis yang offline yang berkembang hingga saat ini. Tidak terkecuali bisnis kecil-kecilan yang dijalankan ibu rumah tangga.

Pelangan Bisnis Akan Akan Merasa Dihargai Apabila Teman Bisnisnya Punya Etika

4 point Etika dalam Berbisnis

Ada etika atau aturan-aturan dalam menjalankan bisnis. Baik tertulis maupun tidak, melanggar etika yang umumnya berlaku tentunya akan berdampak pada sanksi sosial yang akan didapatkannya. 

Nah, berikut adalah beberpa etika dalam berbisnis yang harus diterapkan.

1.Jujur

Jujur adalah etika bisnis pertama yang harus diterapkan. Hal ini karena kejujuran adalah modal paling dasar yang harus dimiliki oleh calon pebisnis. 

Etika yang satu ini memang rentan sekali dibenturkan dengan tanggungjawab. Jika kita ketahuan melakukan tindak tidak jujur maupun penipuan misalnya

bisa jadi tidak hanya merusak citra, tapi dapat menghancurkan bisnis yang sedang dijalankan.

Baca Juga: Pendiri Intel Corp | Gordon Moore dan Robert Noyce

2. Bertingkah laku baik

Selain kejujuran yang menjadi poin penting etika dalam berbisnis, yang harus diperhatikan ialah supaya kita tetap menjaga sikap baik. 

Hal ini karena sikap yang kita tujukkan tentunya akan memunculkan prasangka-prasangkan terhadap kita. Begitu pula jika bisnis yang dijalankan adalah bisnis online, sikap akan tercermin dari penggunaan bahasa. 

Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan tingkah laku dan menggunakan bahasa yang sopan.

4. Sopan

Stika dalam bisnis berikutnya adalah sopan santun. Selain berbahasa yang baik, mengucapkan salam akan membentuk kesan dan citra baik kita di mata customer. 

Kesan pertama iniah yang akan membuat customer maupun rekan bisnis kita ingat pada kita. Sebaliknya, jika kesan pertama menunjukkan penilaian yang buruk

maka kelanjutannya pun akan mendapat predikat atau penilaian yang sama.

Baca Juga: 

4. Tidak lupa kata “maaf” dan “terima kasih”

Etika dalam berbisnis yang terakhir adalah tidak melewatkan kata maaf dan terima kasih. Maaf, selain digunakan untuk meminta maaf atas kesalahan juga dapat digunakan sebagai cara untuk menyela dengan sopan. 

Sedangkan terima kasih adalah ungkapan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi. Kedua ungkapan ini yakni “maaf” dan “terima kasih” akan membuat rekan kerja maupun customer kita lebih merasa dihargai. 

Nah, 4 poin di atas adalah rangkuman mengenai etika dalam berbisnis yang harus dijalankan. Baik bisnis online maupun offline, tentunya etika bisnis ini harus tetap dipatuhi. 

Hal ini selain sama-sama menguntungkan, hubungan pebisnis dan mitra kerjanya harus saling menghormati, sekian. Muda-mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Beberapa Etika Dalam Berbisnis yang Harus Diterapkan "