Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Tips Menjalankan Bisnis Online Agar Tidak Gulung Tikar

Bisnis online merupakan salah satu pekerjaan yang dapat digeluti oleh semua orang tanpa dibatasi umur tertentu. Bahkan untuk menjalankannya pun tidak dibutuhkan minimal jenjang pendidikan. Asalkan prosesnya dijalani dengan cara yang tepat. Oleh karena itu dibutuhkan tips menjalankan bisnis online agar tidak gulung tikar. Semua bisnis jelas saja tidak akan terlepas dari untung dan rugi, namun kemungkinan terburuk tetap bisa diminimalisir. 

Bagaimana caranya? 

yakni seorang pelaku bisnis harus melakukan riset terlebih dahulu perihal produk, lokasi maupun strategi yang kelak akan diterapkan. Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam melakukan bisnis online ini mulai dari target pasar, mencari modal bisnis, membuat produk, memasarkan produk, serta mencari customer tetap.

Masalah Yang Ada Di Lapangan

Hal tersebut akan di ulas di bawah ini:

1. Masalah Yang Ada di Lapangan

Sebuah produk merupakan hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis online. Sehingga dengan mencari permasalahan yang ada di lapangan, diharapkan pemecahan masalah dapat muncul guna mengetahui suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu dari hasil produk yang ditemukan dapat dikembangkan menjadi potensi dalam menguasai pasar bisnis. 

Apabila produk yang di jual tidak terlalu dibutuhkan maka besar kemungkinan barang yang dijual akan gagal menguasai pasar serta terancam gulung tikar. Jadi ketika memulai merintis bisnis online mula-mula pikirkan dahulu produk apa yang dibutuhkan oleh pasar dan apakah dengan adanya produk yang anda keluarkan dapat memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.

2. Menentukan Pasar Penjualan

Selanjutnya selepas menentukan produk yang akan dijual sekarang calon pebisnis online harus menentukan pasar penjualan dari produk yang dibuat. Sehingga dengan begitu produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan kualitas yang sebelumnya sudah ada lebih dulu. 

Pada fase ini akan sangat menentukan dari kualitas yang akan dipasarkan apakah lebih mementingkan kualitas atau harga yang bersaing. Jadi dengan cara ini akan lebih meminimalisir kemungkinan bangkrut serta gagal dalam menjalani bisnis online yang dimulai.

3. Analisa Pesaing Bisnis Online Yang Lain

Tips menjalankan bisnis online agar tidak gulung tikar berikutnya adalah dengan melakukan analisa kemampuan pesaing di luar sana. Upaya yang bisa dilakukan misalnya mengetahui kelebihan produk, strategi pemasaran serta pemilihan target konsumen. 

Selain itu juga jangan segan-segan mencuri informasi perihal kekurangannya. Ada beberapa jenis pesaing bisnis yang perlu diamati mulai dari pesaing yang memiliki bisnis atau produk yang sama serta target pemasaran yang sama. Selanjutnya pesaing bisnis yang menawarkan produk yang sama namun dalam hal pemasaran berbeda.

4. Menentukan Cara Dalam Berbisnis

Setelah itu yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan cara dalam berbisnis agar hasilnya menguntungkan. Mengapa? karena pada bisnis yang kelak akan digeluti sebisa mungkin harus memunculkan cara penjualan yang berbeda agar dapat menarik konsumen. 

Perlu diketahui dengan baik bahwa kunci dalam menjalankan bisnis online agar tidak gulung tikar adalah jujur. Sebagaimana diketahui bahwa bisnis online memiliki peluang besar untuk menipu, namun sebisa mungkin hindari perbuatan tercela seperti itu.

5. Target Pasar

Setelah menentukan beberapa fase di atas selanjutnya yaitu menentukan target pasar yang akan menjadi sasaran penjualan dari produk yang dipasarkan. Target pasar adalah merupakan orang-orang yang mempunyai kemungkinan besar untuk membeli produk yang anda jual. 

Pada bisnis-bisnis yang lain mempunyai target pasar yang berbeda, ada yang berfokus pada kalangan anak kecil, anak muda, orang tua sampai semua kalangan usia. Selain itu produk yang anda jual harus menentukan sasaran pasar mulai dari kalangan bawah, menengah atau pun high class.

6. Memilih Produk Yang Akan Dijual

Ada beberapa macam produk yang dapat menjadi pilihan penjualan, hal tersebut didapatkan dari analisa yang sudah dilakukan di atas. Ada beberapa jenis produk yang dapat dijual secara online mulai dari :handphone, snack, make up, serta jasa. 

Selain pilihan di atas banyak produk yang dapat ditawarkan dalam bisnis online, asal barang atau jasa tersebut mempunyai kelebihan pada penjualan atau sesuatu yang unik dalam produk yang ditawarkan kepada konsumen.

7. Pemasaran Lewat Website

Pada dasarnya bisnis yang dirintis adalah bisnis online akan tetapi anda harus bisa memperluas jangkauan pemasaran dengan menggunakan website. Website bisa di ibaratkan seperti toko yang dapat menaungi produk yang ditawarkan. 

Selain itu website juga sebagai sarana menambah kepercayaan terhadap konsumen terhadap apa yang ditawarkan. Tidak menutup hal ini akan menghindari dari kemungkinan diluar sana banyak pesaing bisnis yang berpura-menawarkan harga lebih murah tapi menipu.

8. Strategi Pemasaran Yang Tepat

Bisnis yang dikelola harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat dan bukan dengan asal-asalan memasarkan produk yang ditawarkan. Pada bisnis online juga diperlukan strategi yang matang dalam hal memasarkan produk ada cara-cara yang harus dipelajari. 

Sebaiknya memanfaatkan beberapa platform yang dapat menaungi usaha dalam memasarkan seperti contoh: google bisnis, optimasih SEO, maksimal pada penggunaan sosial media serta hal-hal kecil seperti pemasaran dari mulut ke mulut perlu dicoba. 

Mungkin cukup sekian ulasan tentang tips menjalankan bisnis online agar tidak gulung tikar. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi semua serta membantu dalam menjalankan bisnis online. Terimakasih dan semoga sukses.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Tips Menjalankan Bisnis Online Agar Tidak Gulung Tikar"