Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Inilah Beberapa Istilah Bisnis Yang Harus Diketahui Bussinessman Pemula

Sebelum terjun ke dunia bisnis, ada baiknya apabila para bussinessman pemula mengetahui beberapa istilah bisnis. Hal ini nantinya akan sangat berperan penting dalam menjalin komunikasi antar sesama rekan kerjasama atau customer dari berbagai wilayah. Istilah dalam dunia bisnis tentu berbeda dengan lingkup dagang pada umumnya, mengapa? karena kebanyakan para bussinessman akan berinteraksi dengan pihak luar negeri demi memperluas jaringan pemasaran. Lalu, apa saja istilah bisnis yang harus diketahui oleh pemula? 


Ragam Bisnis Ada Macam Macam Istilah Bisnis Untuk Pemula Warga Indonesia



Berikut ini diantaranya:


1. Waralaba

Sering mendengar istilah waralaba bukan? tetapi apakah sudah mengetahui artinya? Waralaba sendiri memiliki makna berupa jenis lisensi oleh pemegangnya. Upaya ini dilakukan untuk memegang akses kontrol terhadap kerja bisnis yang diantaranya meliputi hak milik, merek dagang dan lain sebagainya.

2. Revenue

Sebuah bentuk pemasukan yang diperoleh oleh suatu pelaku bisnis maupun pendapatan pada periode waktu tertentu disebut dengan Revenue. Pendapatan tersebut diantaranya seperti kuarter, pendapatan bulanan hingga tahunan. Semua Revenue tersebut nantinya akan dijadikan laporan keuangan.

3. Brand

Jika dalam bahasa Indonesia orang-orang lebih sering menyebut ‘merk’ maka dalam dunia bisnis disebut dengan Brand. Istilah bisnis tersebut sering kali digunakan untuk nama, tanda, simbol, desain hingga kata berkombinasi dalam sebuah perusahaan atau pemilik produk agar terkenal dan tidak di duplikasi.

4. Cash Flow

Suatu laporan keuangan yang berisi tentang informasi penerimaan dan pengeluaran kas dalam sebuah bisnis pada periode waktu tertentu disebut dengan Cash Flow. Istilah bisnis ini harus diketahui oleh bussinessman pemula sebelum benar-benar terjun menjadi wirausaha.

5. Income

Sebagian besar orang selama ini salah dalam mengartikan istilah bisnis ‘income’ dengan ‘revenue’. Sekalipun inti arti dari keduanya sama, akan tetapi keduanya jelas berbeda. Secara umum income diartikan sebagai uang yang diperoleh dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu.

6. Expense

Expense dalam dunia bisnis bukan bermakna ‘beban’ sebagaimana yang diutarakan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa makna dari Expense? yakni aktiva yang berkurang atau penurunan ekonomi.. Beban dalam dunia bisnis lebih mudah diartikan sebagai hal yang harus dipenuhi sebagai kewajiban, seperti misalnya gaji karyawan, pajak dan masih banyak lagi.

7. Profit

Istilah bisnis selanjutnya yang terdengar sederhana akan tetapi sangat perlu dipahami adalah ‘profit’. Apa itu profit? suatu pendapatan yang dikurangi biaya lain, atau lebih mudah dicontohkan dengan modal. Profit sendiri ternyata masih dibagi menjadi 2 yakni net profit dan gross profit.

8. Kapitalis Ventura

Sebagai bussinessman pemula pasti suatu saat akan mendapat tawaran kerjasama dari investor. Oleh karenanya istilah bisnis yang nanti akan muncul adalah kapitalis ventura. Artinya adalah seorang investor yang menyediakan modal dengan maksud membantu para pemilik usaha kecil yang kekurangan biaya.

9. Outsourcing

Kegiatan bisnis memiliki sebuah praktik bisnis umum dan biasa disebut dengan Outsourcing. Istilah bisnis tersebut berarti sebuah perusahaan yang mempekerjakan orang dari luar perusahaan untuk melakukan berbagai tugas di dalamnya. Seperti misalnya manufaktur, produksi penyediaan dan lain-lain.

10. Investasi

Pada beberapa poin di atas saya telah menyebutkan kata ‘investasi’, sebelum lebih jauh mengetahui istilah bisnis lainnya, perlu diketahui juga arti kata investasi. Perorangan yang memberikan modal untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Istilah tersebut juga bisa diutarakan bagi orang yang membeli properti.

11. Komoditas

Pernah mendengar ‘Komoditas’ dalam dunia bisnis? Istilah tersebut sudah marak digaungkan. Arti dari komoditas adalah sebuah benda nyata yang mudah untuk diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik dan disimpan dalam jangka waktu tertentu.

12. Saham

Bagi bussinessman pemula namun memiliki jumlah uang yang cukup banyak untuk dijadikan modal, sebaiknya gunakan saja sebagai saham. Lantas apa saham itu? Saham diartikan sebagai satuan nilai dari berbagai instrumen finasial yang menjadi kepemilikan perusahaan.

13. Omset

Sebagai seorang pebisnis sudah seharusnya mengetahui arti kata omset. Keseluruhan uang hasil penjualan yang didapatkan dari hasil penjualan, itulah yang disebut sebagai omset. Kendati demikian jumlah tersebut masih belum termasuk dalam harga pokok produksi dan Expanse.

14. Retail

Salah satu pemasaran produk yang mencakup semua aktivitas penjualan disebut dengan retail. Jelasnya, penjualan tersebut langsung diarahkan kepada konsumen. Istilah bisnis ini juga akrab disebut dengan ‘eceran’ dan seringkali di ambil oleh pedagang berskala kecil.

15. Prospek

Istilah bisnis yang wajib diketahui oleh bussinessman pemula berikutnya adalah prospek. Istilah tersebut diartikan sebagai berbagai hal yang mungkin terjadi dalam suatu keadaan, hingga menimbulkan dampak atau efek tertentu. Biasanya prospek dalam bisnis diucapkan untuk segala hal yang mendatangkan keuntungan.

Itulah beberapa istilah bisnis yang wajib diketahui oleh bussinessman pemula sebelum terjun ke dunia bisnis. Pahami satu persatu agar tidak tertipu atau salah paham saat berinteraksi dengan pelanggan atau berbagai orang yang hendak mengajak kerjasama.

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "Inilah Beberapa Istilah Bisnis Yang Harus Diketahui Bussinessman Pemula"