Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

7+ Rekomendasi Kerja Sampingan Untuk PNS

Menjadi pegawai negeri memang selalu dieluh-eluhkan oleh sebagian besar kalangan. Alasan yang mendasarinya juga sangat beragam, seperti ingin mendapat pensiunan saat tua, terjamin kesejahteraan dan lain sebagainya. Akan tetapi tanpa disadari tidak semua pegawai negeri cukup dalam menggunakan uang gajinya, sehingga diperlukan kerja sampingan untuk PNS.

Orang yang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ternyata tidaklah memiliki gaji yang sama di seluruh Indonesia. Sekalipun waktu kerjanya terbilang efisien yakni mulai jam 07.00 sampai 16.00 akan tetapi faktanya tidak sesimpel itu. Bahkan sebagian dari penyandang jabatan tersebut mengeluh karena harus bersedia mematuhi aturan dari negara.

Selain harus memenuhi aturan kerja dari negara, faktanya soal nominal gaji bisa terbilang lebih dari cukup, sehingga sering kali menjadi kendala tersendiri. Lantas, demi menangani kekurangan ekonomi tentu tersedia

7 Tambah Rekomendasi Kerja Sampingan Untuk PNS

7+ rekomendasi kerja sampingan untuk PNS, sebagaimana disebutkan berikut ini:

1. Menjadi Pengajar Privat

Bagi PNS yang berperan sebagai guru maupun dosen di sekolah maupun kampus maka peluang kerja sampingan yang memungkinkan adalah menjadi pengajar privat. Waktu kerjanya juga bisa diatur sendiri sesuai kesenggangan diri sendiri.

Tidak hanya itu, jika berbicara soal bayarannya, tentu saja menjadi seorang pengajar privat terbilang lumayan besar, tergantung mata pelajaran apa yang diampu. Kendati demikian, memang harus dibutuhkan mental khusus apabila menghadapi peserta didik yang susah-susah gampang.

2. Membuka Toko Kelontong

Apabila tunjangan saat pensiun nanti dirasa masih kurang cukup untuk keperluan di masa tua maka mulai sekarang tidak ada salahnya segera membuka toko kelontong. Untuk modal awal sebaiknya ambil dari gaji bulanan dan kelola sebaik mungkin.

Membuka kerja sampingan sebagai pemilik toko kelontong juga bukan termasuk kategori pekerjaan yang sulit. Pasalnya hanya tinggal menunggu pembeli datang, mencatat pengeluaran dan pemasukan, serta pergi berbelanja apabila terdapat bahan atau produk yang habis.

Toko kelontong tersebut nantinya bisa digunakan untuk menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti misalnya sembako atau lain-lain. Kerja sampaingan seperti ini sudah banyak dilakukan oleh para PNS lainnya untuk sekedar memanfaatkan waktu luang, lahan kosong hingga memutar dana.

3. Bisnis Online Shop

Sebelum jauh membaca poin nomor tiga ini pasti sebagian besar orang sudah mengetahui istilah bisnis online shop bukan? Cara kerjanya yang terbilang simple serta efektif menjadikan banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa menekuninya.

Menjalankan kerja sampingan dalam bisnis online shop juga tidak membutuhkan modal awal yang besar. Bahkan bisa saja tanpa modal jika dimulai dengan menjadi pelaku dropshipper. 

Lalu apakah online shop menjanjikan bagi seorang PNS?

Jawabannya tentu “Iya” apalagi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, rajin promosi dan komunikatif dalam menyampaikan review produk. Apabila kepercayaan pelanggan sudah didapatkan maka mudah bagi pelaku bisnis online shop untuk memboomingkan dagangannya.

4. Menjual Pulsa dan Paket Data

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ketersediaan pulsa maupun paket data masih menjadi kebutuhan pokok semua orang. Sehingga kiranya menjual pulsa dan paket data sangat recommended diajukan sebagai kerja sampingan bagi pegawai negeri sipil.

5. Driver Online

Jika sebagai Pegawai Negeri Sipil cenderung membuat jenuh karena seharian harus berada di ruangan yang sama, maka menjadi driver online adalah pilihan kerja sampingan yang tepat. Pasalnya selain mendapatkan uang seorang driver online juga bisa melepas kejenuhan dengan berkeliling jalanan mengantar orang.

Berikut 3 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan bagi seorang Pegawai Negeri Sipil, menghasilkan uang tambahan

6. Penulis Buku

Kerja sampingan yang bisa dilakukan untuk PNS berikutnya adalah dengan menjadi penulis buku. Pekerjaan ini bahkan bisa dilakukan di mana dan kapan saja serta tidak terlalu terikat waktu, sehingga jam kerja sebagai pegawai tidak akan terkurangi.

Perihal royalti yang didapatkan nanti sistemnya adalah bagi hasil dengan pihak penerbitan. Sehingga apabila buku tersebut layak terbit maka pihak penerbit akan memberikan surat kontrak kerjasama kepada penulis. Namun apabila salah satu pihak melepaskan hubungan kerjasama maka pihak tersebut jelas merugi.

7. Usaha Desain Grafis

Banyak pegawai negeri yang mempunyai skill khusus lainnya, seperti misalnya membuat desain gratis. Ternyata apabila bisa memutar otak maka keahlian tersebut bisa dijadikan pekerjaan sampingan seusai pulang kantor. Pendapatan seorang desain grafis juga berpeluang mendapatkan fee yang terbilang besar.

8. Fotografer

Rekomendasi kerja sampingan untuk PNS pada poin nomor tujuh masih cenderung jarang terpikirkan oleh kebanyakan pegawai lainnya. Pasalnya, pekerjaan ini bisa dilakukan saat hari libur saja sehingga tidak perlu takut mengganggu jam kerja sebagai pegawai abdi negara.

Itulah 7+ rekomendasi kerja sampingan untuk PNS yang bisa dicoba dan diterapkan. Pastikan agar jangan sampai mengganggu waktu di jam kerja, serta tetap berupaya lah untuk memaksimalkan kerja sampingan tersebut agar kelak menjadi aset masa depan.
Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

1 comment for "7+ Rekomendasi Kerja Sampingan Untuk PNS"

Unknown June 27, 2020 at 11:59 AM Delete Comment
Bermamfaat banget