Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

9 Alat ini Wajib kamu Miliki Bisnis Desain Baju Sendiri

Salah satu alasan kenapa prospek Usaha buat baju sendiri sangat menjanjikan karena baju merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain pangan. 

Jika anda ahli dalam dunia desain, khususnya desain baju. jenis usaha ini sangat cocok untuk anda 

Berikut adalah Seperangkat alat jahit yang perlu anda siapkan dalam proses pembuatan baju

Buat Baju Desain Sendiri Update Terbaru

1. Mesin Jahit

Saat ini dengan kehadiran mesin jahit sangat memudahkan para pengusaha pakaian dalam pembuatan baju dengan jumlah yang cukup banyak. 

Mesin jahit merupakan sebuah alat yang sangat penting untuk anda miliki sebab tanpa mesin jahit usaha desain baju sendiri tak akan pernah berhasil. Mesin jahit berfungsi sebagai alat yang di gunakan untuk menyatukan beberapa potongan kain hingga dapat menjadi satu. 

Saat ini sudah banyak mesin jahit yang di jual di toko perlengkapan bangunan dan ada banyak pilihan mesin jahit.

Baca Juga: Cara Mulai Bisnis Baju Desain Sendiri

2. Kain 

kain adalah bahan dasar yang di gunakan jika ingin membuat sebuah baju karena bukan baju namanya kalau bahannya bukan mengunakan kain yah kan.. ada banyak jenis kain yang dapat di beli di toko penjual kain 

mulai dari jenis kain wol, kain katun, kain blancu dan masih banyak jenis kain lainnya. saran kami beli lah sesuai dengan kebutuhan, untuk lebih mudah baiknya tentukan dulu konsep baju yang ingin anda buat dengan begitu 

anda bisa tau seberapa banyak kain yang anda butuhkan. satu lagi jangan lupa beli jenis kain untuk belajar jahit ini khusus bagi pemula. jika sudah terbiasa menjahit pakaian itu tak jadi masalah tidak beli juga tidak apa-apa.

3. Gunting kain dan gunting benang

gunting kain dan gunting benang ini memiliki perbedaan dan fungsi yang berbeda, gunting kain digunakan untuk menggunting kain maksudnya ada beberapa bahan kain keras jika mengunakan gunting benang akan cepat rusak. 

sebaliknya gunting benang tidak cocok di pakai untuk menggunting kain itulah sebabnya anda harus sediakan dua jenis gunting yang berbeda. 

saran kami pilih lah gunting yang berbahan stainless kenapa? karena jenis gunting ini lebih kuat dan tahan lama alis sangat awet di gunakan dalam jangka waktu 2 sampai 4 tahun ke depan.

Baca Juga: Modal Rp7,5 juta bisa apa

4. Jarum Jahit Tangan 


Pentingnya punya jarum jahit tangan karena biasanya baju yang sudah di jahit mengunakan mesin jahit memiliki sedikit lubang sehingga membutuhkan jarum jahit tangan tak hanya itu saja 

pada saat konsep baju sudah selesai di buat terkadang membutuhkan jarum jahit tangan untuk menjadi tanda agar ketikan melakukan jahitan menggunakan mesin jahit tidak keluar dari konsep pembuatan baju awal anda. ini merupakan alat menjahit tangan.

5. Alat pengukur seperti penggaris dan meteran gulung

Dalam dunia jahit pakaian baik itu baju maupun celana alat seperti mistar sangat di butuhkan anda tidak akan tahu berapa besar dan berapa lebar baju yang akan anda buat jika tak punya mistar atau penggaris untuk meteran gulung berfungsi sebagai pengukur 

pada saat ada salah satu pelanggan yang ingin merubah celananya menjadi lebih pendek. Meteran gulungan lebih mudah di pakai karena simpel biasanya meteran ini di jual dengan ukuran panjang sekitar 1 meter.

6. Benang 

Benang hampir sama dengan kain sebab benang dan kain memiliki banyak pilihan warna mulai dari warna merah, biru, coklat, pink dan jenis warna lainnya. Soal memilih warna anda harus teliti jangan membeli warna yang tidak mecing dengan warna kain yang anda miliki 

sebab jika itu terjadi bisa-bisa tak ada mau memberi baju buatan anda. Buat apa bikin baju kalau tak ada yang mau beli.

7. Pensil 

Kalau yang satu ini hampir sama dengan jarum tangan karena bisa di jadikan sebagai penanda, akan tetapi fungsi dari pensil bisa di bilang lebih spesifik dari pada jarum tangan. Pensil dapat di gunakan sebagai alat untuk menggambar baju 

menggambar bentuk baju, etzz.. jangan salah pensil juga bisa di jadikan sebagai penyangga rambut loh... ini hanya khusus bagi anda yang punya rambut panjang.

8. Jarum Pentul 

Jangan di samakan yah... jarum pentul dengan jarum tangan ini jelas berbeda loh satu digunakan untuk menjahit kain yang susah di kerjakan dengan mengunakan mesin jahit 

satunya lagi di gunakan untuk menahan pakaian agar tidak menyatu satu sama lain karena pada saat proses menjahit kain yang saling menyatu biasanya akan terjahit semua. ibaratnya fungsi jarum pentul ini sebagai pemisah.

Baca Juga: Manfaatkan pekarangan rumah dengan buka usaha sampingan

9. Rader dan Karbon Jahit

Rader dan karbon jahit merupakan alat yang digunakan sebagai penanda dalam membuat rancangan baju, karbon di gunakan sebagai konsep awal untuk membuat baju. 

Dalam membuat baju karbon yang di jadikan patokan atau sebagai contoh dasar dalam membuat model baju dengan mengunakan Rader. 

Aleng Nrp
Aleng Nrp "Percaya diri adalah rahasia pertama meraih sukses" by: Situs Belajar Bisnis

Post a Comment for "9 Alat ini Wajib kamu Miliki Bisnis Desain Baju Sendiri"