Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Tau Intel? Cerita dibalik sosok pendiri Intel Corp | Gordon Moore dan Robert Noyce

Intel Corporation salah satu perusahaan raksasa di dunia memproduksi mikroprosesor

Tau Intel Cerita Dibalik Sosok Pendiri Inte

ragambisnis.com - Bagi anda yang telah memiliki laptop tentunya sudah tidak asing lagi degan tulisan intel. sebab kebanyakan laptop yang dipergunakan di Indonesia bertuliskan intel. 

Perusahaan raksasa yang bernama Intel Corporation diketahui adalah perusahaan multinasional yang lokasinya berada di amerika serikat, perusahaan ini terkenal karena telah membuat produksi sebuah prosesor

Perusahaan dari multinasional artinya telah memiliki bayak perusahaan yang tersebar di dunia, dan memiliki perusahaan terpusat. 

Intel corporation berpusat di Negara Amerika Serikat"Paman Sam". 

Lalu siapakah nama dari pendiri Inter Corp?

Intel corp merupakan salah satu perusahaan pembuat Microchip atau Prosesor terbesar di dunia. Inter Corp didirikan oleh dua orang yang bernama Gordon Moore dan juga Robert Neyce

pemilik nama lengkap Gordo Earle Moore dilahirkan pada tanggal 3 Januari 1929 di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Neyce dan Moore dikenal sebagai pendiri Intel Corp

Intel didirikan sebagai perusahaan pada tanggal 18 Juli 1968 dengan menggunakan nama singkatan yakni NM. NM sendiri adalah nama dari Noyce dan Moore

Neyce menjabat sebagai presiden direktur dan CEO di perusahaannya sendiri sedangkan Moore menjabat sebagai wakil presiden direktur eksekutif. 

sebelum terbentuk Perusahaan Intel Corp awalnya mereka mendirikan sebuah bengkel Mountai View di California. Letak bengkel mereka berada di pinggir jalan di kota Fairchlid Semiconductor. 

lalu mereka merekrut karyawan untuk di pekerja kan di bengkel tersebut, Karyawan yang direkrut kira-kira 6 orang. Seiring dengan berjalannya waktu mereka akhirnya memutuskan untuk mendirikan sebuah industri baru, yakni Intel.

Sejak awal Neyce merasa pabrikan chip sangat rumit, pada awal tahun 1970 usahanya mulai rugi, sebab produksi chip di claim sangat mahal. 

kala itu mereka berdua tetap berusaha merancang cara, meneliti tahap demi tahap agar mampu memproduksi chip dengan laju cepat, Chip di ciptakan untuk membuat kinerja komputer menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Pendiri Acer Stan Shih

Perusahaan Intel Corp mulai di dekenal di mata dunia

pada tahun 1969 sebuah perusahaan Jepang kala itu meminta kepada pihak Intel agar memproduksi rangkaian chip yang akan memungkinkan kalkulator genggam bisa melakukan hitungan rumit yang hanya bisa dilakukan oleh mesin hitung atau komputer yang lebih besar. 

Salah seorang meminta agar di buat kan dua  chip yang berdampingan tetapi yang merakit chip ini malah membuat tiga chip yang saling terhubung dengan satu chip yang terpasang di tengah

Tahu ka Kamu berapa harga chip yang di tawarkan ke pasaran pada saat ini 

Satu chip di-hargai $ 200 

Chip yang berharga $ 200 ini, yang diperkenalkan pada tahun 1971 bisa menyelesaikan 60.000 oprasi yang menakjubkan hanya dalam waktu satu detik.

Pemilik nama Andrew Grove merupakan salah satu orang yang paling penting. Walaupun bukan sebagai pendiri Intel Corp

Andrew Grove merupakan daya pendorong di belakang perluasan perusahaan yang kuat, setelah diangkat menjadi presiden direktur dan pejabat oprasi kepala pada tahun 1979. 

Grove yang mempunyai sikap yang tegas serta memiliki dorongan yang kuat bagi perusahaan. sosok Grove di beri julukan sang "Jendral Prusis". 

dia dikenal sebagai orang yang menyimpang daftar pekerja setelah jam delapan pagi. Pada tahun 1981, ketika perusahaan mengalami kesulitan, semua karyawan professional dipaksa bekerja lima puluh jam dalam seminggu, tanpa menambah upah kerja. 

Intel mempunyai kesulitan dalam mempertahankan dominasi nya pada tahun 1980. karena rintangan untuk memasuki industri mikroprosesor sangat tinggi. 

Intel Corp mulai menciptakan chip berukuran kecil yang diakui oleh dunia

Penyelamatan Intel datang seperti yang selalu terjadi melalui terciptanya salah satu produk baru yang membuat standarnya sendiri sebelumnya, dan standar semua pesaing, terasa sudah tidak cukup cepat lagi. 

Pada bulan Oktober 1985 Intel memperkenalkan mikroprosesor 386, mikroprosesor ini berukuran 1/4 inci persegi

namun dapat melakukan kerja degan kekuatan dan kecepatan yang sama dengan banyak komputer ukuran penuh. Pada tahun 2001, Moore mendonasikan sebagian hartanya kepada Caltech sebuah institusi perguruan tinggi yang ada di Amerika Serikat. 

Pada tahun 2003, ia dipilih sebagai fellow dari American Association for the Advancement of Science

Perusahaan di Cantre for Mathematical Sciences pada University of cambridge diberikan nama Betty. Nama ini diambil dari Moore dan istri nya. sekian, Salam hangat dari kami Blog Ragam Bisnis. Terima Kasih.

14 comments for "Tau Intel? Cerita dibalik sosok pendiri Intel Corp | Gordon Moore dan Robert Noyce"

Loker nusantara January 16, 2021 at 4:35 PM Delete Comment
Menarik, jadi tau pendirinya. Nambah wawasan.
Ririn Erviana January 21, 2021 at 7:08 PM Delete Comment
Keren
Aleng Nrp January 21, 2021 at 9:28 PM Delete Comment
@Taladha
Senang bisa berbagi
Aleng Nrp January 21, 2021 at 9:29 PM Delete Comment
@Ririn Erviana
Wah Makasih loh..
Uwie Puspita January 22, 2021 at 9:00 PM Delete Comment
Good info
Aleng Nrp January 22, 2021 at 10:27 PM Delete Comment
@Uwie Puspita
Makasih...
Senang bisa bagi info di blog ini
Retno Mandriyarini January 25, 2021 at 4:20 PM Delete Comment
Nice information 👌
Aleng Nrp January 25, 2021 at 5:23 PM Delete Comment
@Retno Mandriyarini
Wah
Thanks..
Www.iffiarahman.com January 26, 2021 at 2:14 AM Delete Comment
ternyata sejarah intel seperti ini ya, thank you bro
riky setiomulyo January 26, 2021 at 8:33 AM Delete Comment
wih keren banget, sangat inspiratif dan informatif sekali
Aleng Nrp January 26, 2021 at 12:02 PM Delete Comment
@Iffiarahman
iya..
Sama-sama
Aleng Nrp January 26, 2021 at 12:05 PM Delete Comment
@riky setiomulyo
betul..
karyanya masih di gunakan sampai sekarang
Pena Biru✍️ January 28, 2021 at 12:05 PM Delete Comment
Tambah pengetahuan 👌👌
Aleng Nrp January 28, 2021 at 7:23 PM Delete Comment
@Pena Biru
sip
Jangan lupa lihat artikel lainnya