Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Top

Ketahui 4 Hal Yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis kuliner/makanan

Mau Makan Enak Buat Usaha Kuliner

Bisnis kuliner

ragambisnis.com-Halo....Salam sukses, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara berbisnis kuliner. bisnis yang satu ini sudah tidak asing dikalangan masyarakat, baik itu masyarakat pedesaan maupun masyarakat perkotaan

Untuk tipe bisnis yang satu ini memiliki pangsa pasar yang sangat baik dari waktu ke waktu, siapa sih yang tidak butuh makan? semua pasti butuh makan kan? Bukan hanya pebisnis berpengalaman saja yang mampu sukses menjalani usaha kuliner

Bagi anak mudah, juga bisa menjalankan bisnis ini. Bisnis kuliner sangat cocok dijalankan bagi semua kalangan. 

Salah satu usaha yang terus berkembang dan terus di lirik adalah usaha dibidang kuliner atau makanan. Seperti kita ketahui, bidang kuliner merupakan pasar ekonomi yang tidak akan ada matinya. 

Pasalnya, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang, Maka dari itu , anda bisa saja membuka bisnis  dibidang ini, ngo-mongin bisnis kuliner pokoknya tidak ada habisnya deh, keuntungan yang bisa anda dapatkan juga sangat besar.

 Anda bisa membuka bisnis restoran, Warung makan seperti Nasi Kuning, Nasi padang, Nasi goreng, Mie Ayam, Bakso, Coto. dan masih banyak lagi. 

Modal awal untuk memulai Usaha kuliner relatif kecil, tergantung jenis konsep usaha yang akan kita jalankan. 

Usaha kuliner bisa dimulai degan modal besar atau pun kecil. Jika anda pengusaha pemula mulailah degan usaha kuliner modal kecil dahulu. agar anda tidak merasa terlalu terbebani.

Lihat Juga: Usaha sampingan yang bisa dilakukan dirumah Cukup punya Modal Rp7,5 saja


Makanan Cepat Saji Goregan

4 hal yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis kuliner

1. Menentukan lokasi usaha

Pertama yang perlu anda lakukan dalam memilih lokasi usaha adalah lingkungan itu sendiri. Usaha modal kecil bisa dikatakan identik degan masyarakat menengah ke bawa, letaknya di pinggir jalan, dimana calon pembeli sebagian besar adalah masyarakat sekitar. 

Untuk itu carilah tempat yang ramai, seperti persimpangan. jalan yang dekat degan pemukiman dan perhatikan pula kondisi jalan tersebut. 

jika kondisi jalan ramai namun arus lalu lintas cenderung pelan maka lokasi tersebut bisa dijadikan tempat kita untuk berjualan. Selanjutnya perhatikan juga usaha lain yang serupa dengan usaha kita. 

jika ada usaha lain yang serupa degan usaha yang akan kita mulai degan jarak yang relatif dekat dan sudah beroperasi lumayan lama, maka kemungkinan usaha anda akan kalah dalam persaingan dikarenakan mereka sudah mempunyai pelanggan. 

itu bukan masalah, hal ini bukanlah menjadi halangan untuk anda tetap mendirikan usaha kuliner. tetap offtimis, rezeki sudah diatur oleh sang maha pencipta. tugas anda hanyalah mengusahakan yang terbaik.


2. Tentukan target pasar 

Pembeli adalah raja, inilah istilah yang selalu berlaku didunia bisnis. untuk usaha kuliner, terget pasar nya terbilang cukup mudah, jika anda mendirikan usaha di pinggir jalan targe anda juga bisa dari kalangan pegawai

baik itu pegawai negeri maupun pegawai swasta, buat toko anda semenarik mungkin. agar target pasar anda bisa dari kalangan anak muda. 

Anda bisa menargetkan untuk anak mudah/mahasiswa. sediakan menu-menu yang umumnya disukai oleh anak muda jaman sekarang, Anak mudah juga merupakan konsumen yang paling suka berkumpul degan teman-temannya, 

hal ini dapat anda jadikan strategi bagaimana membuat agar tempat usaha anda bisa menjadi tempat bagi mereka berkumpul dan kesempatan ini pun akan mendatangkan keuntungan bagi anda.
 
3. Melakukan promosi baik offline maupun online

Promosi adalah salah satu cara paling ampuh untuk menarik minat pembeli, Promosi merupakan usaha dalam hal memperkenalkan jenis usaha yang di geluti. baiknya perbanyak promosi melalui media online, buat pamflet se-menarik mungkin lalu pos di salah satu media online yang anda miliki.

lalu bagaimana cara promosi usaha makanan yang tepat sasaran agar lebih bayak pelanggan? 

Pertama lakukan promosi melalui offline degan menyebar brosur, cara promosi makan dengan trik yang satu ini terbukti cukup efektif untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang baru yang belum mengenal usaha makan anda.

usahakan brosur tersebut dibuat degan desain dan informasi yang mudah diingat oleh orang lain. jangan lupa juga mencantumkan alamat tepat usaha anda

selain itu, brosur tersebut juga bisa ditambahkan resep makanan yang menjadi andalan ditempat anda. atau informasi dan pengetahuan tentang bahan-bahan yang digunakan dalam makanan tersebut. yang kedua lakukan promosi lewat media sosial, siapa sih yang tidak kenal dengan media sosial seperti, facebook, instagram, twitter. paht. dan lain sebagainya. 

Promosi di media sosial tidak hanya tentang penjualan langsung, namun lebih ke brending dan membangun komunikasi dua arah deng'an masyarakat di media sosial. Manfaat media sosial untuk promosi akan menghemat banyak uang untuk promosi.

Lihat Juga: Daftar Harga Sewa Mobil Saat ini dan Faktor yang Mempengaruhinya

4. Sediakan menu andalan 

Belajar membuat menu makanan yang berbeda, kebanyakan orang lebih tertarik berkunjung ke rumah makan yang memiliki menu makan yang baru.

buat menu yang belum banyak dijual. misal toko anda tidak terlalu berjauhan degan toko orang lain, berikanlah mereka menu yang tidak dimiliki oleh pesaing anda. 

perlunya dilakukan survei sebelum mendirikan usaha kuliner agar anda cukup mudah mengetahui tentang apa yang dibutuhkan masyarakat khususnya pada makanan. 

jika anda sudah menentukan menu yang akan dijadikan menu andalan dalam usaha kuliner, maka tetaplah konsisten degan menu yang akan dibuat, tonjolkan cita rasa yang jauh berbeda dibandingkan dengan usaha kuliner lainnya. 

Cita rasa yang begitu nikmat ketika masuk dalam mulut. jika anda memberikan hal tersebut maka bisa saja orang yang telah berkunjung ke tempat anda akan kembali lagi, sekian. Salam hangat dari kami admin Blog Ragam Bisnis. Terima kasih.

Post a Comment for "Ketahui 4 Hal Yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis kuliner/makanan "